http://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPGSD/issue/feed DIKODA: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR 2024-05-02T10:10:49+00:00 Titin Sunaryati pgsdupb@pelitabangsa.ac.id Open Journal Systems <p>DIKODA: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR adalah&nbsp;sebuah wadah untuk menyalurkan bakat menulis bagi para peneliti bidang pendidikan di tingkat Sekolah Dasar. Hasil karya ilmiah yang diterbitkan di&nbsp;DIKODA&nbsp;bertujuan untuk mengembangkan teori, konsep, perspektif, paradigma dan metodologi dalam kajian ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar.</p> <p>DIKODA dikelola oleh LPPM Universitas Pelita Bangsa bekerjasama dengan Program Studi PGSD Universitas Pelita Bangsa yang terbit 2 kali dalam setahun (Maret dan September). DIKODA menerima artikel naskah yang memenuhi ketentuan yang kemudian akan diproses lebih lanjut.</p> http://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPGSD/article/view/3979 Supervisi Pendidikan Islam: Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern 2024-05-02T09:56:48+00:00 Sarwo Edy sarwoedy@pelitabangsa.ac.id Titin Sunaryati titinsunaryati@pelitabangsa.ac.id Sumarta sumarta@iaipangerandharma.ac.id <p><strong><em>Abstract:</em></strong><em> This study explores the role of supervision in improving the quality of Islamic education in the context of modern challenges and opportunities. Islamic education plays an important role in shaping moral values, ethics, and academic knowledge in Muslim societies. In the ever-changing modern era, the relevance and effectiveness of Islamic education become increasingly important. The study emphasizes the significance of supervisory practices that encourage sustainable improvement in Islamic education. In conclusion, Islamic education supervision is a crucial factor in improving the quality of Islamic education in the modern era and should be carried out with effective strategies. Therefore, Islamic education supervisors are recommended to pay attention to appropriate strategies and approaches to carry out supervision effectively, in order to achieve its goals and provide optimal results for Islamic education in the future.</em></p> 2023-11-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Sarwo Edy, Titin Sunaryati, Sumarta http://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPGSD/article/view/2962 Analisis Gaya Belajar Siswa pada Pembelajaran Kurikulum Merdeka di Kelas V SD 2023-11-25T04:10:23+00:00 Atang Sutisna atangsutisna@upmk.ac.id Rinda Listriyani rindalistriyani@gmail.com <p>Pada proses pembelajaran guru harus menerapkan gaya belajar dan media yang bervariasi karena setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menganalisis bagaimana gaya belajar yang digunakan siswa pada pembelajaran kurikulum merdeka di kelas V SD Negeri 3 Sukarapih. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, siswa serta orang tua siswa kelas V di SD Negeri&nbsp; 3 Sukarapih. Terdapat 14 responden yakni 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru kelas V, 6 orang siswa kelas V, dan 6 orang orang tua siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa kelas V memiliki kecenderungan pada salah satu gaya belajar yaitu gaya belajar kinestetik dengan sebaran hasil rata-rata presentase yaitu gaya belajar kinestetik (50%), gaya belajar visual (33%), dan gaya belajar auditorial (17%). Hal tersebut menunjukan bahwa siswa di kelas V SD Negeri 3 Sukarapih dalam pembelajaran kurikulum merdeka dominan pada gaya belajar kinestetik. Siswa lebih menggemari aktivitas yang berhubungan dengan gerak serta interaksi kelompok. Media yang digunakan yaitu media gerak berupa praktik atau eksperimen membuat kerajinan, menggambar, dan lain sebagainya.</p> 2023-11-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Atang Sutisna, Rinda Listriyani http://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPGSD/article/view/3922 Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Hasil Belajar PKn Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Bekasi 2024-03-05T03:18:00+00:00 Muhamad Sudharsono myjenar@gmail.com Zita Andini Sabillah zita.sabillah@gmail.com <p><em>The lack of use of methods and the lack of media involvement in learning activities carried out by teachers in the classroom, causing students to lose enthusiasm for learning and difficulty in understanding the material, resulting in decreased learning outcomes. The purpose of this study was to see if there was an effect of using the role-playing method on the learning outcomes of Civics Education in Class IV elementary school students. This type of research is quantitative using the Quassi Exsperimen model. The research subjects in this study were fourth grade students of Muktijaya VII Public Elementary School, Bekasi City, West Java Province. The sampling technique used saturated sampling technique. The analysis technique used pre-test and post-test techniques, hypothesis testing was carried out through the (t) test with the help of the SPSS version 25 programme. The results showed that learning in the Experiment group using the role-playing learning method was 86.00, while the control group got a learning outcome score of 63.33. The results of the T-test test resulted in a significant value of 0.000 which is smaller than 0.05, it can be stated that (Ho) is rejected, or the use of the role-playing method has an effect on the learning outcomes of Civics Education in Class IV elementary school students</em></p> 2024-05-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Muhamad Sudharsono, Zita Andini Sabillah http://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPGSD/article/view/3152 Analisis Materi Pokok Mata Pelajaran Matematika Kelas II Sekolah Dasar 2024-01-07T09:54:16+00:00 Ari Fujiarti arifujiarti2@gmail.com Amelia Putri amelia.putri6777@gmail.com Devi Irvani Wulandari deviirvai14@gmail.com <p><em>Learning mathematics in elementary school is a general subject that must be studied at all levels of school, whether elementary, middle or high school. This research aims to find out the main material in second grade mathematics using the 2013 curriculum (2017 revised edition). Which contains basic competencies, core competencies, operational verbs, HOTS (Higher Order Thinking Skills) and LOTS (Lower Order Thinking Skills) question content. This writing uses a literature study method with data analysis techniques. The results of this research showed that the distribution of dominant mathematical material for KKO KD was in C1, namely identifying, 19%, C2, namely explaining, 50%, C3, namely sorting, 25%, and C4, namely completing 6%. In second grade mathematics material, lower order thinking skills (LOTS) are more dominant, namely 79%. Meanwhile, higher order thinking skills (HOTS) are 21%.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Keywords:</em></strong><em> Subject Matter, Operational Verbs, HOTS and LOTS.</em></p> 2024-05-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Ari Fujiarti, Amelia Putri, Devi Irvani Wulandari http://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPGSD/article/view/3937 Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Guru 2024-03-08T09:46:26+00:00 Misbah misbah@pelitabangsa.ac.id <p><em>Untuk mencapai tingkat kinerja yang tinggi, sangat bergantung pada berbagai faktor yang mempengaruhi. Setidaknya ada enam faktor eksternal yang menentukan tingkat kinerja seseorang pegawai yaitu: (a) lingkungan, (b) perilaku manajemen, (c) design jabatan, (d) jenjang pendidikan, (e) pelatihan, (f) motivasi dan (g) administrasi pengupahan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap motivasi guru dan karyawan. Dengan jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 150 orang Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Fokus penelitian ini untuk mengukur antar variabel. Prosedur penelitian ini menekankan pada teori-teori yang melalui pengukuran variabel. Dengan menggunakan path analysis yang termasuk dalam model multivariate dengan program Amos versi 5.0. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode random, dimana sampel yang diambil adalah 60 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan survey yang meneliti dengan mengambil sampel dari suatu populasi dengan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh terhadap Motivasi Kerja Guru dan karyawan, dan budaya organisasi berpengaruh positif yang signifikan &nbsp;terhadap kinerja organisasi dan motivasi guru.</em></p> 2024-05-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Misbah