Pengaruh Knowledge Manajemen Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan

Authors

  • Ine Savitri Universitas Pelita Bangsa
  • Fendy Manunggal Widiatma Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

knowledge manajemen, kepuasan kerja, kinerja karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penanganan pengetahuan karyawan pada berbagai tingkatan dalam organisasi perusahaan. Hal itu juga dipengaruhi oleh produktivitas yang dihasilkan seorang karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan sesuai standar kerja dan waktu yang lebih. Selain kemampuan memahami tugas pekerjaan, diperlukan kepercayaan serta kesempatan dari pimpinan organisasi. Dengan memberikan waktu yang lebih serta kepercayaan yang penuh dari pimpinan, mampu menjadikan seorang karyawan menjadi lebih percaya diri, sarat pengalaman, mampu menghadapi segala pekerjaan yang berat, dan apabila hal itu tercapai kepuasan kerja yang dirasakan berdampak besar meningkatnya kinerja karyawan. Penelitian mengenai knowledge management dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan telah dilakukan dengan baik. Namun demikian, ada catatan penting yang perlu diperhatikan oleh perusahaan untuk bisa meningkatkan kinerja karyawan yaitu transparansi dalam sistem penilaian kinerja akan sangat berpengaruh besar terhadap kepuasan kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aruan, Q. S., & Fakhri, M. (2015). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Lapangan Departemen Grasberg. Modus, 27(2), 141–162.

Astitiani, N., & Sintaasih, D. K. (2019). Peran Mediasi Knowledge Sharing Pada Pengaruh Quality of Work Life dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 13(1), 1–14.

Dimbau, A., Sambul, S. A., & Rumawas, W. (2021). Pengembangan SDM Terhadap Kinerja Karyawan PT Mpaigelah Kabupaten Mimika. Productivity, 2(2), 130–134.

Febrianto, A. (2023). PENINGKATAN SOFTSKILL DAN HARDSKILL DENGAN CARA TRAINING YANG EFISIEN DAN PROSES ORGANISASIONAL UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DI PG TRANGKIL (PT KEBON AGUNG). Universitas Islam Sultan Agung.

Khair, H. (2019). Pengaruh Kepemimpinan dan kompensasi terhadap kepuasan kerja melalui motivasi kerja. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 69–88.

Kurniawan, F. (2018). Pengaruh knowledge management dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening (Studi pada tenaga kependidikan Universitas x Yogyakarta). Universitas Islam Indonesia.

Prabowo, H. (2010). Knowledge management di perguruan tinggi. Binus Business Review, 1(2), 407–415.

Pratiwi, K., & Himam, F. (2014). Kualitas kehidupan kerja ditinjau dari kepuasan kerja dan persepsi terhadap kinerja. Jurnal Psikologi Undip, 13(1), 42–49.

Sudiantini, D., & Saputra, F. (2022). Pengaruh gaya kepemimpinan: Kepuasan kerja, loyalitas pegawai dan komitmen di PT Lensa Potret Mandiri. Formosa Journal of Sustainable Research, 1(3), 467–478.

Suharyanto, C. E. (2019). PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SEBAGAI ENABLER KNOWLEDGE MANAGEMENT DALAM MEMBAWA INOVASI PADA INDUSTRI KREATIF DI BATAM.

Supardi, S. (2018). Kepuasan Kerja Pengawas Produksi Berpengaruh Terhadap Kinerja Operator Alat Berat Pada Usaha Jasa Kontraktor Pertambangan Mineral Dan Batubara. Jurnal Administrasi Kantor, 6(1), 33–42.

Walewangko, V. R. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Wahana Wirawan. Productivity, 1(1), 28–36.

Yonata, Y., Hartanto, A. P., & Soefian, B. (2017). Perancangan Knowlege Sharing System untuk Penggemar Ikan Hias. Jurnal Telematika, 12(2), 119–122.

Yuliana, B., & Widayati, I. A. (2018). Analisis Karakteristik Pemimpin Yang Dikagumi Oleh Bawahan. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 2(1), 209–218.

Yuliantari, K., & Ulfa, S. N. (2016). Disiplin Kerja Mempengaruhi Kinerja Karyawan Pada PT. Megah Bangun Baja Semesta Jakarta. Jurnal Administrasi Kantor, 4(2), 354–373.

Downloads

Published

2024-02-12