Pelatihan Prinsip Kaizen Dalam Upaya Eksistensi Perusahaan

Authors

  • Hibarkah Kurnia Universitas Pelita Bangsa Cikarang http://orcid.org/0000-0002-1263-230X
  • Asep Arwan Sulaeman Universitas Pelita Bangsa
  • Arif Nuryono Universitas Bhayangkara Jakarta
  • Ade Nurul Hidayat Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jabmas.v5i01.3950

Keywords:

Eksistensi, Kaizen, Pelatihan, Perusahaan, Perbaikan Berkelanjutan

Abstract

Era globalisasi memberikan dampak pada industri di seluruh dunia baik industri manufaktur maupun industri jasa. Persaingan global yang ketat merupakan salah satu dari berbagai tantangan yang dihadapi oleh produsen yang disebabkan oleh globalisasi. Akibatnya, perusahaan perlu melakukan inovasi untuk menjaga pasar tetap kompetitif. Salah satu strategi yang diterapkan oleh banyak perusahaan untuk meningkatkan daya saingnya adalah dengan menerapkan konsep Kaizen atau perbaikan berkelanjutan dalam organisasinya. Saat ini tidak semua perusahaan menerapkan prinsip Kaizen dikarenakan adanya kendala terkait sumber daya manusia dan investasi. Perusahaan tersebut belum menyadari adanya kekuatan prinsip Kaizen dalam eksistensi perusahaan sehingga perusahaan tersebut tinggal menunggu waktu untuk tidak beroperasi lagi. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan terkait penerapan prinsip Kaizen pada perusahaan manufaktur ataupun jasa dalam eksistensi perusahaan di era globalisasi. Metode yang digunakan pada pengabdian ini dengan melakukan pelatihan secara daring dan luring selama 1 hari. Pengabdian ini menemukan bahwa resistensi terhadap perubahan, kegagalan memotivasi karyawan, kurangnya pemahaman tentang jalur strategis perusahaan, dan kesulitan dalam mengelola perbaikan berkelanjutan merupakan tantangan dalam menerapkan Kaizen. Melalui penerapan pendekatan 5S, PDCA, DMAIC dan 3M yang mempunyai prinsip Kaizen atau perbaikan berkelanjutan dapat membuat perusahaan lebih menyadari dan peduli terhadap penerapan prinsip Kaizen. Sehingga dengan kekuatan prinsip Kaizen perusahaan dapat eksis dalam menjalankan operasionalnya dan dapat menghasilkan profit sesuai target perusahaan.

References

Amna, F., Rizki, S., Kholilah, U., Sholihah, R. A., & Adinugraha, H. H. (2022). Sosialisasi Pembuatan Laporan Keuangan Kegiatan Pkk Di Desa Pesaren. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 3(2), 41–48.

Andre, S., Mokh, S., & Rita, M. S. (2018). Development of QCDSM-Based Products for Increasing Competitive Advantage Case Study of Tenun Ikat SME Kota Kediri. International Journal of Business and Economic Affairs, 3(5), 217–226. https://doi.org/10.24088/ijbea-2018-35004

Bungai, J., & Arthur, R. (2021). Evaluasi Pembelajaran untuk Sekolah Kejuruan (Issue June).

Hardono, V., Dewa, P. K., & Kurnia, H. (2023). Analisa Pemilihan Pemasok Tanah Liat Dalam Perbaikan Kualitas Pada UMKM Kerajinan Gerabah. J@Ti Undip, 18(43), 190–201. https://doi.org/10.14710/jati.18.3.190-201

Imai, M. (1986). Prinsif of Kaizen.

Jaqin, C., Kurnia, H., Purba, H. H., Molle, T. D., & Aisyah, S. (2023). Lean Concept to Reduce Waste of Process Time in the Plastic Injection Industry in Indonesia. Nigerian Journal of Technological Development, 20(2), 73–82. https://doi.org/10.4314/njtd.v18i4.1396

Kurnia, H., Budi, K., & Zy, A. T. (2023). Combination of Lean Thinking and A3 Problem-Solving Methods to Reduce the Cost of Purchasing Cleaning Agents in the Paint Industry in Indonesia Abstrak. Sinergi, 5(July), 1–12. https://doi.org/10.22441/sinergi.2024.1.011

Kurnia, H., & Hardi Purba, H. (2021). A Systematic Literature Review of Lean Six Sigma in Various Industries. Journal of Engineering and Management in Industrial System, 9(2), 19–30. https://doi.org/10.21776/ub.jemis.2021.009.002.3

Kurnia, H., Irwati, D., Makmudah, S., & Sofani, I. (2023). Production Control Using the Kanban System in the Manufacturing Industry in Indonesia : Systematic Literature Review International Conference International Conference. 1st Pelita International Conference, 01(01), 46–59. volhttps://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/pic

Kurnia, H., Jaqin, C., & Manurung, H. (2022). Implementation of the DMAIC Approach for Quality Improvement in the Elastic Tape Industry. J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 17(1), 40–51. https://doi.org/10.14710/jati.17.1.40-51

Kurnia, H., Jaqin, C., & Purba, H. H. (2022). Quality Improvement with the DMAIC Approach Using the Implementation of Benchmarking and KPI Methods. Industrial Engineering and Operations Management (IEOM), 2(9), 2122–2133. http://ieomsociety.org/proceedings/2021indonesia/400.pdf

Kurnia, H., Jaqin, C., Purba, H. H., & Setiawan, I. (2021). Implementation of Six Sigma in the DMAIC Approach for Quality Improvement in the Knitting Socks Industry. Tekstilvemuhendis, 28(124), 269–278. https://doi.org/10.7216/1300759920212812403

Kurnia, H., Manurung, H., Suhendra, S., & Juliantoro, K. B. (2023). Implementation of Lean Service Approaches to Improve Customer Satisfaction and Sustainability of Health Equipment Procurement Process at Hospitals. Quality Innovation Prosperity, 15(3), 1–17. https://doi.org/10.12776/QIP.V27I3.1875

Kurnia, H., Putra, A. S., & Sjarifudin, D. (2022). Pendampingan Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja Operator Forklift Terhadap fasilitas Perusahaan Pada bagian Warehouse. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 3(02), 81–89. https://doi.org/10.37366/jabmas.v3i02.1541

Kurnia, H., Setiawan, I., & Hernadewita. (2022). Integrasi Lean dan Green Manufacturing Untuk mengurangi Pemborosan Proses dan Limbah Kertas Rekrutmen Karyawan Pada Industri Manufaktur di Indonesia. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 11(2), 145–156. https://doi.org/https://doi.org/10.26593/jrsi.v11i2.5608

Kurnia, H., Sulaeman, A. A., Setiawan, I., Nuryono, A., & Herindiyati, H. (2023). Peningkatan Keterampilan Author dan Reviewer Dalam Publikasi Karya Ilmiah Melalui Pelatihan Implementasi Open Journal System (OJS) 3. JLP: Jurnal Lentera Pengabdian, 1(4), 452–461. https://doi.org/10.59422/lp.v1i04.230

Makhmudah, S., Pratama, R. A., Kurnia, H., Zakaria, N. F., & Nurdin, A. (2021). Perancangan Sistem Kerja di Berbagai Industri Manufaktur: Kajian Literature Review. Jurnal Teknik Industri, 2(1), 51–57. https://doi.org/10.37366/JUTIN0302.8392

Medinilla, Á. (2014). Agile Kaizen: Managing continuous improvement far beyond retrospectives. In Agile Kaizen: Managing Continuous Improvement Far Beyond Retrospectives. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/9783642-549915

Mukhtar, M. N. A., & Muhajir, M. A. (2020). Application of the Kaizen 5S Method for the layout of the Warehouse Section. Journal of Applied Industrial Engineering-University of PGRI Adi Buana, 03(2), 78–85. https://doi.org/0.36456/tibuana.3.01.2193.1-7

Rüttimann, B. G., & Stöckli, M. T. (2016). Going beyond Triviality: The Toyota Production System—Lean Manufacturing beyond Muda and Kaizen. Journal of Service Science and Management, 09(02), 140–149. https://doi.org/10.4236/jssm.2016.92018

Setyaningsih, S., & Putri, R. C. (2015). Implementation of Lean Tools (Kaizen and 5S) in Stainless Steel Japanese Company Through Innovation. Operations Excellence: Journal of Applied Industrial Engineering, VII(3), 342–350.

Setyowati, R., Nenda, N., Juariah, S., Muktiali, S., & Achmad, Y. (2023). Pelatihan Menulis Naskah Drama Menggunakan Cerita Islami bagi Siswa SMPIT Armaniyyah. Lentera Pengabdian, 1(03), 314–319. https://doi.org/10.59422/lp.v1i03.80

Sjarifudin, D., & Kurnia, H. (2022). The PDCA Approach with Seven Quality Tools for Quality Improvement Men’s Formal Jackets in Indonesia Garment Industry. Jurnal Sistem Teknik Industri (JSTI), 24(2), 159–176. https://doi.org/10.32734/jsti.v24i2.7711

Sjarifudin, D., Kurnia, H., & Barita tambunan Maniur, E. (2023). Analisis Pengaruh Self-Efficacy dan Motivasi Kerja terhadap Disiplin Kerja dan Kinerja Karyawan : Tinjauan Sistematik Kajian. Journal of Industrial and Engineering System (JIES), 4(1), 47–57.

Sjarifudin, D., Kurnia, H., Wiyatno, T. N., & Adriansyah, P. N. A. (2023). Pendampingan Dalam Upaya Pengurangan Cacat Jahitan Produk Jaket Pada Bagian Sewing Di Pabrik Garmen. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 4(April), 15–25.

Sousa Silva, R., Barbosa de Alencar, D., Tregue Costa, A. P., & Estanislau Sanches, A. (2019). Kaizen Philosophy Application as Production Standardization and Process Optimization. International Journal for Innovation Education and Research, 7(11), 808–816. https://doi.org/10.31686/ijier.vol7.iss11.1936

Sudarmono, S., Kurnia, H., Wahyuni, A. D., Adistyani, N., & Selaeman, A. A. (2023). Penggunaan Material Logam di Berbagai Industri Manufaktur Indonesia: Sisitematik Kajian Literatur. Industry Xplore, 8(1), 220–228. https://doi.org/10.36805/teknikindustri.v8i1.5098

Turnip, S. M. A., & Cendana, W. (2021). Implementasi Model Flipped Classroom Menggunakan Metode Diskusi Pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Pedagogik, IX(1), 27–33.

Wiyatno, T. N., & Kurnia, H. (2022). Increasing Overall Equipment Effectiveness in the Computer Numerical Control Lathe Machines Using the Total Productive Maintenance Approach. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 15(2), 284–292. https://doi.org/10.31315/opsi.v15i1.7284

Downloads

Published

2024-04-01

How to Cite

Kurnia, H., Sulaeman, A. A., Nuryono, A., & Hidayat, A. N. . (2024). Pelatihan Prinsip Kaizen Dalam Upaya Eksistensi Perusahaan. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 5(01), 12-23. https://doi.org/10.37366/jabmas.v5i01.3950