Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Kaum Ibu sebagai Strategi Pembiasaan Berbahasa Sejak Dini

Authors

  • Listian Achmad Universitas Pelita Bangsa
  • Wulan Windiarti Universitas Pelita Bangsa
  • Yudianto Achmad Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jabmas.v5i01.4616

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris bagi anak-anak anggota jamaah Majelis Taklim al Barokah yang berusia dibawah 6 tahun. Pelatihan dilakukan dengan metode ceramah dan praktek langsung dengan para Ibu sebagai trainer dengan menggunakan alat pembelajaran berupa flash card dan lembar poster dinding yang menarik. Pelatihan Training of Trainer Bahasa Inggris bagi para ibu ini memiliki dua langkah pelaksanaan yaitu pelatihan dasar pelafalan Bahasa Inggris untuk kaum ibu, kemudian pelatihan pembiasaan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini, meliputi pelatihan membaca arti doa-doa sehari-hari dalam Bahasa Inggris dan pelatihan percakapan sehari-hari. Pengabdian berlangsung selama satu hari dan peserta berjumlah 40 orang yang merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini.

References

Dini, J. P. A. U. (2022). Urgensi bahasa inggris dikembangkan sejak anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2564-2572.

Eka, V., Fitriyah, F., & Amaliah, A. (2019). Pendampingan Program Pembiasaan English Vocabulary Di Pesantren Tradisional Darul Hikmah Prasung. Jurnal Padi (pengabdian masyarakat dosen indonesia), 2(1), 41-45.

Ira, E. F. S. H. M. (2015). Penggunaan Media Lagu Anak-Anak Dalam Mengembangkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Siswa di PAUD. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2).

Purwasih, W., & Sahnan, A. (2021). Stimulasi kecerdasan linguistik verbal bahasa inggris pada anak usia dini. Muallimun: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan, 1(2), 85-100.

Sinaga, J. B., Manurung, S., & Marpaung, J. E. (2017). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Di Kelurahan Buliang Rw 18. Minda Baharu, 1(1).

Sriyeni, Y., & Gumiandari, S. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini ditinjau dari Perspektif Psikolinguistik: English Learning In Early Childhood From Psycholinguitic Perspective. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(1), 40-44.

Westhisi, S. M. (2019). Metode fonik dalam pembelajaran membaca permulaan bahasa inggris anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 5(1), 23-37.

Downloads

Published

2024-04-01

How to Cite

Achmad, L., Windiarti, W., & Achmad, Y. (2024). Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Kaum Ibu sebagai Strategi Pembiasaan Berbahasa Sejak Dini. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 5(01), 6-11. https://doi.org/10.37366/jabmas.v5i01.4616