Problematika Guru Anak Usia Dini saat Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19

  • Dwiyani Anggraeni Universitas Pelita Bangsa

Abstract

Negara-negara di dunia pada saat ini sedang mengalami masalah kesehatan yang berkaitan dengan munculnya suatu pandemi baru yaitu COVID-19, salah satu diantaranya adalah negara Indonesia. Guru anak usia dini diharapkan agar dapat memanfaatkan intenet dan teknologi multimedia untuk tetap memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak usia dini sebagai pengganti pembelajaran tatap muka di sekolah.Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis problematika guru anak usia dini sat pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Guru anak usia dini adalah seorang yang profesional yang memiliki pendidikan dan pemahaman yang luas mengenai anak usia dini, berdedikasikan diri kepada pendidikan anak usia dini, mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai pelatihan anak usia dini sehingga dapat menjadi guru yang profesional, memiliki sikap dan kepribadian seorang guru yang baik dan sudah memiliki pengalaman dalam mendidik anak usia dini. Pembelajaran daring adalah suatu pola pembelajaran yang tidak menerapkan pertemuan tatap muka dalam proses kegiatan belajar mengajar melainkan menggunakan suatu platform pendukung seperti internet dan teknologi komunikasi lain sehingga pembelajaran dapat dilakukan meskipun dari jarak jauh. Penelitian ini menerapkan penelitian deskriptif kuantitaif dengan menggunakan pendekatan survei. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah para guru KB Darussalam. Hasil penelitian ini adalah para guru mengalami beberapa masalah yaitu: memerlukan waktu yang lebih lama dalam persiapan penyusunan Rencana Pembelajaran Semester, Rencana Pembelajaran Harian, karena membutuhkan strategi, media dan metode pembelajaran yang bervariasi, para guru juga mengalami kesulitan dalam pembuatanLKS dan evaluasi penilaian siswa, siswa juga sering mengalami kebosanan dalam mengikuti pembelajaran daring dan proses pembelajaran daring membutuhkan kuota internet yang besar.Beberapa hal yang dapat dilakukan guru adalah dengan memperbanyak menggunakan media multimedia yang menggabungkan media audio visual dengan pembuatan LKS siswa berbasis media multi media, yang bersifat menarik minat anak. Pembuatan LKS dibuat sederhana dengan tidak terlalu banyak soal tetapi diberikan berulang ahar dapat diketahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan. Evaluasi siswa selain menggunakan LKS multimedia dapat pula dilakukan dengan assesment penilaian melalui wawancara dengan masing-masing siswa setiap minggu agar guru dapat memperoleh penilaian yang valid mengenai kemampuan siswa

Published
2022-02-08
How to Cite
ANGGRAENI, Dwiyani. Problematika Guru Anak Usia Dini saat Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. JURNAL PAUD, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 1-8, feb. 2022. Available at: <https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/987>. Date accessed: 06 july 2022.