Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak TK B Aisyiyah Pandean Kab. Ngawi

  • Miftah Wangsadanureja Universitas Pelita Bangsa
  • Unang Wahidin Universitas Pelita Bangsa`
  • Risna Dewi Saputri Universitas Pelita Bangsa

Abstract

Batita atau bayi dibawah tiga tahun merupakan sebuah masa perkembangan anak yang luar biasa, proses pemerolehan bahasa pertama mereka diawali di periode emas ini. Sebelum mereka dapat menyusun sebuah kalimat yang tepat terlebih dahulu mereka akan memproduski sebuah ujaran yang akan mereka ucapkan. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah proses dalam membantu sang batita tadi dalam memproduksi kata-kata, salah satu proses itu adalah dengan cara menampakkan sebuah benda yang dapat dilihatnya. Melalui metode observasi psikolinguistik terhadap salah satu batita bernama Hisyam Abdillah yang berusia 15 bulan membuat sebuah hasil bahwa cara menampakan sebuah benda nyata yang dilakukan secara teratur akan menghasilkan sebuah produk ujaran baru bagi batita tersebut. Produksi ujaran yang dimaksud disini adalah tingkatan enkode fonologi yaitu realisasi struktur fonologi ujaran anak-anak, bagaimana anak akan mengeluarkan bunyi-bunyi tertentu sebagai bentuk dari fonologi ujaran.

Published
2022-02-08
How to Cite
WANGSADANUREJA, Miftah; WAHIDIN, Unang; SAPUTRI, Risna Dewi. Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak TK B Aisyiyah Pandean Kab. Ngawi. JURNAL PAUD, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 15-23`, feb. 2022. Available at: <https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/990>. Date accessed: 06 july 2022.