PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Mahlianurrahman Mahlianurrahman Universitas Samudra, Indonesia
  • Rapita Aprilia Universitas Samudra, Indonesia

Keywords:

video media; scientific literacy; elementary school student

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan literasi sains siswa sekolah dasar dan efektivitas media video. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Prosedur penelitian ini meliputi 9 langkah, yaitu 1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi; 2) perencanaan; 3) pengembangan draft produk; 4) uji coba awal; 5) merevisi hasil uji coba terbatas; 6) uji coba lapangan; 7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan; 8) uji coba lapangan operasional; dan 9) penyempurnaan produk akhir. Subjek uji coba produk yaitu siswa kelas V SDN 1 Paya Dapur. Teknik pengambilan data menggunakan tes. Soal pretest-posttest digunakan untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa. Kelayakan media dianalisis dengan konversi skor menggunakan skala 5 dan efektivitas dianalisis dengan gain score dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan literasi sains siswa dari penerapan media video hasil pengembangan dengan skor rata-rata pada pertemuan I 71,2, pada petermuan II 76,7. Peretemuan III 83, 1 dan pada pertemua IV 89,6. Media video hasil pengembangan efektif diterapkan dalam pembelajaran dengan nilai signifikansi kemampuan literasi sains sebesar 0,000.

 

The purpose of this study was to determine the increase in scientific literacy of elementary school students and the effectiveness of video media. This research uses the Borg & Gall development model. This research procedure includes 9 steps, namely 1) preliminary research and information gathering; 2) planning; 3) product draft development; 4) initial trial; 5) revise the results of the limited trial; 6) field trials; 7) refinement of products from field trials; 8) operational field trials; and 9) final product refinement. The subject of the product trial was the fifth grade students of SDN 1 Paya Dapur. Data collection techniques using tests. The pretest-posttest questions were used to measure students' scientific literacy skills. The feasibility of the media was analyzed by score conversion using a scale of 5 and the effectiveness was analyzed by gain score and t test. The results of this study indicate that there is an increase in students' scientific literacy from the application of developed video media with an average score of 71.2 at the first meeting, 76.7 in the second meeting. Meeting III 83, 1 and meeting IV 89,6. The developed video media is effectively applied in learning with a scientific literacy ability significance value of 0.000.

References

Alfath, A. M., & Sugito, S. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Melalui Media Video. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(2), 219-227.
Arif, M. F., Praherdhiono, H., & Adi, E. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Materi Gaya Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 329-335.
Astuti, R. K., & Hayati, M. N. (2019). Development of Integrated Science Digital Module Based on Scientific Literacy. Jurnal Pena Sains, 6 (1), 32-44.
Avikasari, A., Rukayah, R., & Indriayu, M. (2018). The Influence of Science Literacy-Based Teaching Material Towards Science Achievement International Journal of Evaluation and Research in Education, 7 (3), 182-187.
Borg, W.R. & Gall, M.D. (1983). Educational research. New York: Longman.
Gong, C., Zhang, Z., & Peng, R. (2018). Ways to Improve and Cultivate Scientific Literacy of Minority College Students. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 6th International Education, Economics, Social Science, Arts, Sports and Management Engineering Conference, 294, 498-501.
Hakim, L. (2017). Analisis Perbedaan Antara Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Didaktika, 17 (2), 280-292.
Kharizmi, M. (2019). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jurnal Pendidikan Almuslim, 7 (2), 94-102.
Klucevsek, K. (2017). The Intersection of Information and Science Literacy. Communications In Information Literacy, 11 (2), 354-364.
Krissandi, A. D. S. (2018). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Keberhasilan Implementasi Kurikulum 2013. Profesi Pendidikan Dasar, 5 (1), 79-89.
Mahlianurrahman, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran SETS Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Premiere Educandum. 7,1, p.58.
Mahlianurrahman, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi sains Siswa Sekolah Dasar. Ar-Riayah : Jurnal Pendidikan Dasar . 1, 01, p. 88.
Mahlianurrahman, M. (2017). Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Implementasi Metode Inquiry Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 1 , 4, p. 253.
Nurfaidah, S. S. (2017). Analisis Aspek Literasi Sains Pada Buku Teks Pelajaran IPA Kelas V SD. Mimbar Sekolah Dasar, 4 (1), 56-66.
Permatasari, K., Degeng, I. N. S., & Adi, E. P. (2019). Pengembangan Suplemen Video Pembelajaran Adaptasi Makhluk Hidup untuk Siswa Tunarungu SLB-B YPLB Blitar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 268-277.
Rahmadani, Y., et al. (2018). Profil Keterampilan Literasi Sains Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Karanganyar. Jurnal Pendidikan Biologi, 7 (3), 183-190.
Rahman, Y., & Atjalau, C. (2019). Pembudayaan Literasi Kritis (Cultivation of Critical Literacy). Pedagogia: Jurnal Pendidikan. 8 (2), 321-332.
Rusdawati, R., & Eliza, D. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Literasi Sains Anak Usia Dini 5-6 Tahun untuk Belajar dari Rumah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3648-3658.
Soepudin, U. (2018). Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Masalah dalam Pembelajaran IPA Secara Inkuiri untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4 (1), 50-58.
Suwandi, I. K., & Sari, I. P. (2017). Analisis Karakter Nasionalisme Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 Kelas I SD. Elementary School, 4 (2), 151-161.
Teguh, M. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional 2017 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidiakn Universitas Muara Kudus, 18-26.
Vieira, R. M., & Vieira, C. T. (2016). Fostering Scientific Literacy and Critical Thinking in Elementary Science Education. Int J of Sci and Math Educ, 14, 659–680.
Wina, D. R., Hindarto, N., & Prasetyo, A. P. B. (2017). Studi Kasus Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPA Pada Kurikulum 2013 di SMP Negeri 5 Semarang. Journal of Innovative Science Education. 6 (1), 17-27.
Winarni, S., Kumalasari, A., Marlina, M., & Rohati, R. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Matematika Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi Dan Digital Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 574-583.
Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3 (2), 21-28.
Zuhera, Y., Habibah, S., & Mislinawati, M. (2017). Kendala Guru Dalam Memberikan Penilaian Terhadap Sikap Siswa Dalam Proses Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Negeri 14 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2 (1), 73-87.

Published

2022-04-30

How to Cite

Mahlianurrahman, M., & Aprilia, R. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SEKOLAH DASAR. DIKODA: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR, 3(01), 8-17. Retrieved from https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPGSD/article/view/1060