Permainan Tradisional:Upaya Pewarisan Budaya Dan Pendidikan Karakter Melalui Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37366/jpgsd.v3i01.1063Keywords:
traditional game, cultural inheritance, local wisdom, character buildingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan ulasan mengenai kearifan lokal sebagai materi pewarisan budaya; permaianan tradisional sebagai salah satu kearifan lokal; permainan tradisional sebagai wahana pendidikan karakter; dan materi permaianan tradisional di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (literature research) dengan mengkaji berbagai sumber atau literatur terkait dengan permainan tradisional dalam konteks pewarisan budaya dan pendidikan karakter melalui kearifan lokal di sekolah dasar. Berdasarkan hasil kajian literatur yang dilakukan menunjukkan bahwa salah satu kearifan lokal dalam bentuk permainan tradisional berimplikasi pada pendidikan karakter siswa sekolah dasar. Konten permainan tradisional ini dapat diaplikasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar khususnya pada kelas 3 tema 2 “Bermain di Lingkungankuâ€. Guru dapat memaksimalkan pendidikan karakter melalui kegiatan yang menyenangkan namun tetap sarat nilai melalui permainan tradisional dalam pengaturan kelas.
References
Aditya, I. K. D., Sumantri, M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle (5e) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Disiplin Belajar Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus V Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20792.
Astuti, & Nugrahanta, G., A. (2021). Pengembangan Buku Pedoman Permainan Tradisional Untuk Menumbuhkan Karakter Kebaikan Hati Anak Usia 9-12 Tahun. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 04 (2),141-155. https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i2.6016.
Bali, M. M. E. I., & Ruzifah, D. (2021). Mitigation of Student Deviant Behaviour through Al-Ghazali’s Perspective Spiritual Values in the Disruptive Era. Jurnal Pendidikan Progresif, 11(1), 63–76. https://doi.org/10.23960/jpp.v11.i1.20210.
Barni, D., Danioni, F., & Benevene, P. (2019). Teachers’ self-efficacy: The role of personal values and motivations for teaching. Frontiers in Psychology, 10 (July), 1–7. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01645.
Brookhart, S. M., Guskey, T. R., Bowers, A. J., McMillan, J. H., Smith, J. K., Smith, L. F., Stevens, M. T., & Welsh, M. E. (2016). A Century of Grading Research: Meaning and Value in the Most Common Educational Measure. Review of Educational Research, 84(4). https://doi.org/10.3102/0034654316672069.
Fatmawati, E. (2021). Strategies to grow a proud attitude towards Indonesian cultural diversity. Linguistics and Culture Review, 5(S1), 810–820. Doi: https://doi.org/10.37028/lingcure.v5nS1.1465.
Fitri. A, Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Hasan, S. H. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta, Kementerian Pendidikan Nasional-Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. Jakarta: Puskur Balitbang Kemendiknas.
Khaerunnnisa, E., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Instrumen Kecakapan Matematis Dalam Konteks Kearifan Lokal Budaya Banten Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1). https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.11210.
Kemenkominfo, (2018), Statistik Aduan, Tersedia: https://www.kominfo.go.id/statistik, Diunduh tanggal 02 April 2021.
Kemenkominfo, (2014), Siaran Pers Tentang Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja dalam Menggunakan Internet. Siaran Pers No. 17/PIH/KOMINFO/2/2014.
Kurniati, E. (2016) Permainan Tradisional dan Perannya Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: Prenamedia Group.
Kurniawan. (2013). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, dan Kompetensi Professional Guru: Universitas Pendidikan Indonesia. Pustaka Belajar.
KPAI. (2020). Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak di Awal 2020, Begini Komisioner KPAI. Diakses pada 2 Juni 2022: https://www.kpai.go.id/publikasi/sejumlahkasus-bullying-sudah-warnai-catatan-masalahanak-di- awal-2020-begini-kata-komisioner-kpai.
Laksmitaningrum, A. A. (2017). Keterlaksanaan Permainan Tradisional dalam Pembelajaran Penjaskeorkes di Sekolah Dasar. Yogyakarta: FIK UNY.
Lidi, M. W., Ningsih, & Dhiki, Y. Y. (2020). Identifikasi Potensi Kearifan Lokal Masyarakat Golewa Kabupaten Ngada sebagai Upaya Pengembangan di Bidang Pendidikan. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4 (1), 21–29. https://doi.org/10.37478/optika.v4i1.332.
Lusiana, E. (2012). Membangun Pemahaman Karakter Kejujuran Melalui Permainan Tradisional Pada Anak Usia Dini di Kota Pati. Journal of Early Childhood Education Papers 1, 1(1), 1–6.
Maryati, K. & Suryawati, J. (2014). Sosiologi SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Erlangga.
Mulyasa, E. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter(cetakan keenam). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mulyani, N. (2016). Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: DIVA Press.
Nugroho, A. (2005). “Permainan Tradisional Anak – Anak Sebagai Sumber Ide dalam Penciptaan Karya Seni Grafis†(Skripsi). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 201–214. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2140.
Ramadhani, A. (2018). Identifikasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam permainan anak tradisional. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG), 1(1).
Sari, A., W., Setyowati, D.L., & Arsal, T. (2020). The Inheritance of Local Wisdom Value as an Effort of Environmental Preservation of Telaga Mangunan. International Journal of Research and Review, 7 (9), 17-24. https://www.ijrrjournal.com/IJRR_Vol.7_Issue.9_Sep2020/IJRR004.pdf.
Sartini. (2004). Menggali Kearifan Lokal Nusantara Sebuah Kajian Filsafat. Jurnal Filsafat, 14(2), 111-120. https://doi.org/10.22146/jf.33910.
Samani, M & Hariyanto. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Model. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Semiawan, C. R. (2008). Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT Index.
Sriwilujeng, D. (2017). Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Esensi.
Suherman, M. M. (2016). Efektivitas Strategi Permainan dalam Mengembangkan Self-Control Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 194–201. https://doi.org/10.17509/jpp.v16i2.4246.
Tedjasaputra, M.S. (2007). Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: PT Grasindo.
Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta. Diva Press.
Ukasyah Q.A.P & Irfansyah. (2015). Identifikasi Faktor-Faktor Permainan Tradisional Bebentengan sebagai Basis Perancangan Game Pemicu Peningkatan Sistem Motorik Anak. Jurnal Sosioteknologi, 14 (2), 124-140.
Winarno. (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Isi, Strategi dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.