Pelatihan Pemanfaatan Dan Pembuatan Lembar Kerja Digital Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi

Authors

  • Nur Latifah Universitas Muhammadiyah Tanggerang, Indonesia
  • Imtihan Hanim Universitas Muhammadiyah Tanggerang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpgsd.v3i01.1064

Keywords:

Digital Worksheet, Training

Abstract

Kegiatan ini diperuntukkan kepada guru-guru di SDN Poris Pelawad  Cipondoh Tangerang dalam rangka memanfaatkan waktu pandemik guna meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di kelas. Hal ini dirasa sangat penting demi menjaga keprofesionalan guru dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran di kelas yang efektif dan mengikuti perkembangan zaman. Dari output kegiatan telah dapat mengupgrade kemampuan para guru dalam pemanfaatan dan pengembangkan bahan ajar berbasis digital yang interaktif yang berkontribusi terhadap pembelajaran yang menjadi lebih inovatif.

References

Akcayir, M., Hakan Dündar, Gökçe Akçayır. (2016). What makes you a digital native? Is it enough to be born after 1980? Computers in Human
Behavior, 60 (July), pp. 435-440
Erenli, K. (2012). The impact of gamification: a recommendation of scenarios for education. In 15th International Conference on Interactive Collaborative Learning (ICL), 26–28 Sept. 2012 (pp. 1–8).
Grivokostopoulou F., Perikos, I., & Hatzilygeroudis, I. (2016). "An Innovative Educational Environment Based on Virtual Reality and Gamification for Learning Search

Algorithms," 2016 IEEE Eighth International Conference on Technology for Education (T4E), Mumbai, India, 2016, pp. 110-115.
Mardina, R. (2011). Potensi Digital Natives dalam Representasi Literasi Informasi Multimedia Berbasis Web di Perguruan Tinggi. Jurnal Pustakawan Indonesian, 11(1), 5-14
Moreno, J. (2012). Digital competition game to improve programming skills. Educ Technol Soc
15(3), 288–297 (2012)
Muntean, C. I. (2011). Raising engagement in elearning through gamification. In 6th International Conference on Virtual Learning ICVL (pp. 323–329)
Ng, W. (2012). Can we teach digital natives digital literacy? Computers and Education, 59(3), 1065-
1078. doi:10.1016/j.compedu.2012.04.016
Prastiti, S. D., & Sri Pujiningsih. (2009). Pengaruh Faktor Preferensi Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Ekonomi Bisnis, 14(3), 224-231
Prensky,M. (2001). Digital natives, digital immigrants part 1, On the horizon, 9 (5), pp. 1-6
Rachmad, A. N. (2015). Perilaku Konsumsi Surat Kabar pada Digital Native (Studi Deskriptif Perilaku Konsumsi Surat Kabar pada Remaja Usia 14-21 Tahun di Yogyakarta). Skripsi, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada
Rahadi, D.R., & Zainal. (2015). Perilaku Pengguna Smartphone di Kalangan Mahasiswa Kota Palembang. Annual Research Seminar (ARS) Fakultas Ilmu Komputer UNSRI, hlm. 161-166.
Teo, T. (2013). An initial development and validation of a Digital Natives Assessment Scale (DNAS) Computers & Education 67, pp. 51–57
Yong, S., & Gates, P. (2014). Born digital: Are they really digital natives? International Journal of eEducation, eBusiness, e-Management and e-
Learning, 4(2), 102-n/a.
doi:http://dx.doi.org/10.7763/IJEEEE.2014.V4.3.

Published

2022-04-30

How to Cite

Latifah, N., & Hanim, I. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Dan Pembuatan Lembar Kerja Digital Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(01), 1-7. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v3i01.1064