Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Media Gambar Fabel Kelas II Di SDN 110 Gresik

Authors

  • Fransiska Rahmawati Universitas Trunojoyo Madura
  • Rika Mellyaning Khoiriya Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpgsd.v3i02.1075

Keywords:

media gambar fabel, siswa sd, minat baca

Abstract

Penelitian ini bertujuan dilakukan untuk mendapatkan informasi sejauhmana peningkatan minat baca melalui penggunaan media gambar fabel kelas II di SDN 110 Gresik. Subjek penelitian siswa kelas II berjumlah 13 orang, terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti, yaitu observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Pelaksanaan tindakan peneliti melakukan II siklus, yaitu siklus I dan siklus II menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart mempunyai 4 komponen terdiri dari: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan ada siklus I ketuntasan siswa dalam memahami teks bacaan fabel mencapai 69% dengan nilai tertinggi 90 dan terendah 60. Siklus II mencapai 92% dengan menggunakan media gambar fabel. Nilai tertinggi 100 dan terendah 70. Berdasarkan hasil perbandingan siklus I dan II terdapat peningkatan minat baca siswa mencapai ketuntasan hasil belajar 23% menggunakan media gambar fabel.

References

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 4(4), 994-1003.

Elendiana, M. (2020). Upaya meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 54-60.

Dewantara, I. P. M., & Tantri, A. A. S. (2017). Keefektifan budaya literasi di SD N 3 Banjar Jawa untuk meningkatkan minat baca. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 204-209.

Karina, F. H., Sutisnawati, A., & Nurasiah, I. (2020). Meningkatkan Keterampilan Bercerita Melalui Penerapan Media Gambar Seri Di Kelas Rendah. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 14-22.

Kasiyun, S. (2015). Upaya meningkatkan minat baca sebagai sarana untuk mencerdaskan bangsa. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79-95.

Mirnawati, M. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 98-112.

Risanty, R. D., & Sopiyan, A. (2017). Pembuatan Aplikasi Kuesioner Evaluasi Belajar Mengajar Menggunakan Bot Telegram Pada Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (Ft-Umj) Dengan Metode Polling. Prosiding Semnastek.

Syarif, I., & Elihami, E. (2020). Pengadaan Taman Baca dan Perpustakaan Keliling sebagai Solusi Cerdas dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SDN 30 Parombean Kecamatan Curio. Maspul Journal of Community Empowerment, 2(1), 109-117.

Tantri, A. A. S. (2017). Hubungan antara Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman. ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi, 2(1).

Ulfatun, L. (2020). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FABEL DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI. Jurnal Pendidikan Edutama.

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Rahmawati, F., & Khoiriya, R. M. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Media Gambar Fabel Kelas II Di SDN 110 Gresik. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(02), 1-6. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v3i02.1075