Pendidikan Dasar Sebagai Perintis Terdepan Dalam Penguatan Karakter Muslim

Authors

  • Aura Rahmatun Rafidah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Cahya Wulandari Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dea Yuliawati Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dwi Rahayu Kusuma Ningrum Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Kurotul Aen Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpgsd.v3i02.1082

Keywords:

Pembentukan Karakter Muslim

Abstract

Pendidikan Dasar sebagai Perintis terdepan dalam Penguatan Karakter Muslim memiliki keterkaitan dengan Pendidikan karakter. Penyelenggaraan Penguatan Pendidikan Karakter dilaksanakan dengan prinsip manajemen berbasis sekolah yang merupakan tanggung jawab kepala sekolah dan guru, sebagai pemenuhan beban kerja guru dan kepala sekolah (Pasal 6 ayat 3,4,5 PP 87/2017). Sesuai arahan presiden Joko Widodo bahwa pendidikan karakter pada jenjang pendidikan dasar mendapatkan porsi yang lebih besar dibandingkan pendidikan yang mengajarkan pengetahuan, untuk Sekolah Dasar sebesar 70 persen sedangkan untuk Sekolah Menengah Pertama sebesar 60 persen. Ketertarikan peneliti untuk mengkaji pendidikan karakter muslim didasari oleh adanya penurunan karakter siswa kelas tinggi dibanding karakter siswa kelas rendah. Fokus kajian utama penelitian ini adalah manajemen penguatan pendidikan karakter muslim di Sekolah Dasar yang meliputi  perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Metode penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui kegiatan observasi, dokumentasi dan wawancara studi kasus di SDI Daarul Huda. Hasil penelitian ini diperoleh gambaran bahwa pertama, perencanaan penguatan pendidikan karakter siswa telah dilaksanakan dengan baik melalui penyusunan tujuan, strategi dan pemetaan kebijakan serta pemetaan  prosedur dan penyempurnaan program menggunakan rancangan RPP dan silabus; kedua, pelaksanaan  pendidikan karakter berjalan dengan baik melalui kegiatan kegiatan bersifat religius, penanaman nasionalisme,  peduli sosial dan kepedulian terhadap lingkungan; ketiga, evaluasi manajemen penguatan pendidikan karakter siswa melalui kegiatan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan dengan melaksanakan refleksi, analisis dan rencana tindak lanjut.

References

Kemendikbud. 2017. “Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional.” Biro Komunikasi Dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Dan Tim Komunikasi Pemerintah Kementerian Komunikasi Dan Informatika. Disitasi pada tanggal 8 juni pukul 10.30, melalui web https://www.scribd.com/document/400688057/1-Manajemen-Penguatan-Pendidikan-Karakter-Siswa
Rohman, Nur. 2018. “MANAJEMEN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR (STUDI DI SD UT BUMI KARTINI JEPARA).” Prosinding Seminar Nasional. Disitasi pada tanggal 8 juni pukul 10.30, melalui web https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Rafidah, A. R., Wulandari, C., Yuliawati, D. ., Ningrum, D. R. K., & Aen, K. . (2023). Pendidikan Dasar Sebagai Perintis Terdepan Dalam Penguatan Karakter Muslim. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(02), 42-47. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v3i02.1082