Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Kepribadian Anak Usia Sekolah

Authors

  • Sarwo Edy Universitas Pelita Bangsa
  • Sumarta STAIS DHARMA INDRAMAYU

Keywords:

perkembangan, kepribadian, islam

Abstract

Setiap manusia mempunyai kepribadian yang berbeda antara satu dengan lainnya. Adanya perbedaan ini menjadikan manusia tergolong pada makhluk yang unik. Faktor-faktor yang mempengaruhi pada usia anak berasal dari bawaan (dalam), lingkungan (luar) serta pematangan jiwanya. Islam memandang bahwa setiap orang memiliki potensi jiwa ndan fisik yang dapat mengangkat martabatnya sebagai khalifah di muka bumi ini. Manusia memiliki potensi jiwa yang meliputi qolbu, nafsu, akal dan ruh. Untuk mengolah potensi menjadi kepribadian yang baik peranan dan tugas orang tua memiliki tanggungjawab besar untuk membina mental anak untuk diarahkan kepada pembinaan mental kepribadian muslim. Pembinaan ini perlu dilakukan oleh orang tua sejak kecil hingga ia remaja lalu dewasa. Pendidikan agama Islam dengan segala keberadaannya memiliki peranan besar terhadap pembinaan kepribadian anak pada usia sekolah. Peranan guru, masyarakat dan pemberian porsi yang sama pendidikan agama Islam di sekolah menjadikan pertumbuhan kepribadian anak menjadi positif.

Kata Kunci: Pembinaan, Kepribadian, Islam.

References

A.Harras, K., & Tarigan, H. G. (1993). Sastra dan perkembangan insani anak-anak sebuah bunga rampai. Mimbar Pendidikan Bahasa dan Seni, FPBS,IKIP.
Achmad, M. (1985). Etika Dalam Islam. Surabaya: Al Ikhlas.
Al-Abrasyi, M. A., Gani, B. A., & L.T.S, D. B. (1975). Dasar-dasar pokok pendidikan islam: diterjemahkan oleh H.Bustami A. Gani, Djohar Bahry L.T.S.. (2nd ed.). Jakarta: Bulan Bintang.
Al-Ghazali, I. (2014). Ihya ’ Ulumuddin. Bandung : Penerbit Marja.
Ali, H. B. H. (1993). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Kota Kembang.
An-Nahlawi, Abdurrahman, & Ali, H. N. (1989). Prinsip-prinsip dan metode pendidikan Islam : dalam keluarga, di sekolah dan di masyarakat. In Bandung : Diponegoro. Bandung: Diponegoro. https://www.unhcr.org/publications/manuals/4d9352319/unhcr-protection-training-manual-european-border-entry-officials-2-legal.html?query=excom 1989
Arifin, M. (1977). Hubungan Timbal balik Pendidikan Agama di Lingkungan Sekolah dan Keluarga (Sebagai Pola Pengembangan Metodologi). Jakarta : Bulan Bintang.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta Rineka cipta.
Bimo Walgito. (2009). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset. https://docplayer.info/196035303-Pengantar-psikologi-umum-prof-dr-bimo-walgito.html
Cuzzort, R. P. (1985). Bumi Manusia Dalam Pandangan Sigmund Freud diterjemahkan oleh Waseso dan Mulyadi Guntur. Malang: YP2LPM.
Daradjat, Z. (1982). Pendidikan Agama dalam Pembinaan Mental. Jakarta: Bulan Bintang.
Daradjat, Z. (1996). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.
Davidoff, L. L. (1991). Psikologi Suatu Pengantar , Jilid 2 Diterjemahkan Oleh Mari Juniati. Jakarta: Erlangga.
Faisal, S., & Mappiare, A. (1986). Dimensi-Dimensi Psikologi. Surabaya : Usaha Nasional.
Gilarso, E. K. T., & Poespoprodjo. (2006). Logika Ilmu Menalar. Dasar-Dasar Berpikir Tertib, Logika, Krisis, Dialektis. CV Pustaka Grafika.
Imam Bawani. (1987). Segi-Segi Pendidikan Islam. Surabaya Al Ikhlas.
Immun El Blitary. (1991). Rahasia Keajaiban Hati : Pandangan Al Ghazali. Surabaya : Al-Ikhlas.
Irwanto, D. (2002). Psikologi Umum: Buku Panduan Mahasiswa, PT. Jakarta PT Prenhallindo.
Langeveld, M. J. (1981). Pedagogik Teoritis-Sstematis. Jakarta: Mega Media Abadi.
Mahmud, D. M. D. (2009). Psikologis Pendidikan Suatu Pendekatan Terapan. BPFE-Yogyakarta.
Mangkudun, N. A. R. D. (1983). Manusia Dalam Konsepsi Islam. Jakarta : Karya Indah.
Mulkhan, A. M. (1994). Paradigma Intelektual Muslim : Pengantar Filsafat Pendidikan Islam dan Dakwah. Yogyakarta: SIPRESS.
Mustofa, M. Z. (1989). Imam Al-Ghazali: Ihya ’Ulumuddin Menuju Filsafat Ilmu dan Kesucian Hati dibidang Insan Ihsan. Semarang: Bintang Pelajar.
Salaby, M. R. (1994). Masalah Anak Dan Penanggulangannya. Medan : Pustaka Widyasarana.
Sardjonoprijo, P. (1982). Psikologi Kepribadian. Jakarta : Rajawali.
Shalahuddin, M. (1991). Pengantar Psikologi Umum. Surabaya : Bina Ilmu.
Sidi Gazalba. (1994). Masjid Pusat Ibadat dan Kebudayaan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna.
Soelaeman, M. M. (2001). Ilmu Budaya Dasar Suatu Pengantar. Bandung : Refika Aditama.
Sujanto, A., Lubis, H., & Hadi, T. (2006). Psikologi kepribadian (11th ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
Suryabrata, S. (2011). Psikologi Kepribadian. Raja Grafindo Persada.
Sutrisno Hadi. (2011). Metodologi Research Jilid 3. Yogyakarta : Andi Offset.
Suyud, R. (1983). Pokok llmu Jiwa perkembangan. yogyakarta: Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga.
Tauhid, A. (1990). Beberapa Aspek Pendidikan Islam. IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Tohari Musnamar. (1992). Dasar-Dasar Konseptual Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: UII Press.

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Edy, S. ., & Sumarta. (2023). Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Kepribadian Anak Usia Sekolah. DIKODA: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR, 3(02), 7-24. Retrieved from https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPGSD/article/view/1446