Optimalisasi Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas VI Melalui Implementasi Model Problem Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.37366/jpgsd.v3i02.1458Keywords:
sikap peduli lingkungan, problem based learning, PTKAbstract
Sikap peduli lingkungan merupakan salah satu karakter yang berpengaruh terhadap lingkungan khususnya lingkungan sekolah selaku agen perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan sikap peduli lingkungan siswa kelas VI melalui implementasi model problem based learning. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart dengan partisipan penelitian sebanyak 40 siswa. Penelitian dilaksanakan di salah satu sekolah dasar kecamatan Cimanggu. Penelitian dilaksanakan sebanyak tiga siklus yang masing-masing siklusnya dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Sementara itu, validitas data menggunakan teknik triangulasi data sedangkan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari langkah reduksi data, verifikasi data, dan penyajian data. . Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan pada siklus I peroleh rata-rata nilai sikap peduli lingkungan siswa yang ditinjau dari aspek kognisi yaitu 60,75; aspek afektif 68,75; dan aspek konasi 70,58. Sikap peduli lingkungan siswa pada siklus I berada pada kategori cukup. Kemudian pada siklus 2 aspek kognisi siswa memperoleh 77,87; aspek afektif 79,95; aspek konasi memperoleh 78,85. Siklus tiga pada aspek kognisi memperoleh 81,78; aspek afektif memperoleh 80,53; dan aspek konasi memperoleh 80,68. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka peneliti menyimpulkan bahwa implementasi model problem based learning dapat mengoptimalkan sikap peduli lingkungan siswa kelas VI.
References
Amin, S. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar geografi. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 4 (3), 25-36.
Istiqomah. (2019). Sikap peduli lingkungan peserta didik di MAN-1 Pekanbaru sebagai sekolah adiwiyata. Jurnal Dinamika Lingkungan, 6 (2).
Firdaus, A., Widiyanto, & Arfiani, Y. (2021). Pengaruh model PBL (Problem Based Learning) berbantuanan video motion graphic materi pencemaran lingkungan terhadap sikap peduli lingkungan. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 5 (1), 17-24. Doi: 10.24905/jpmp.v5i1.1691.
Fitriyah, S.J., & Wulandari, T.S.H. (2019). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap berpikir kritis siswa SMP pada pembelajaran biologi materi pemanasan global. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 12 (1), 1-7. Doi: 10.20961/bioedukasi-uns.v12i1.27354
Kose, S., dkk. (2011). Investigation of undergraduate students' environmental attitudes. International Electronic Journal of Environmental Education, 1 (2), 86-96.
Kuswendi, U., & Arga, H.S.P. (2020a). Internalizing Environmental Literacy of Elementary Students During Covid-19 Pandemic. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 509, 745-750.
Doi: https://doi.org/10.2991/assehr.k.201215.118.
Laelasari, I., & Rahmawati, A. (2020). Analisis penerapan model Problem Based Learning dalam mengembangkan sikap peduli lingkungan siswa pada materi pencemaran lingkungan. SYMBIOTIC, 1 (2), 76-81. Doi: https://doi.org/10.32939/symbiotic.v1i2.9
Namusonga, S., & Carter, M. (2020). Reducing and recycling waste in Zambian schools: An exploratory study. Journal of Solid Waste Technology & Management, 46 (3), 342-349. Doi: 10.5276/jswtm/2020.342.
Newhouse, N. (1990). Implication of attitude and behavior reasearch for environmental conservation. Journal Of Environmental Education, 22 (3).
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9 (1), 49-60.
Doi: https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Rahmawati, I., & Suwanda, I.M. (2015). Upaya pembentukan sikap peduli lingkungan siswa melalui sekolah adiwiyata di SMP Negeri 28 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 1 (3), 71-88.
Santika, I.G.N., Suastra, I.W., & Arnyana, I.B.P. (2022). Membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran IPA. Jurnal Education and Development, 10 (1), 207-212.
Yunansah, H., & Herlambang, Y.T. (2017). Pendidikan berbasis ekopedagogik dalam menumbuhkan kesadaran ekologis dan mengembangkan karakter siswa sekolah dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 9 (1), 27-34. Doi: 10.17509/eh.v9i1.6153 .
Zuchdi, D. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 DIKODA: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.