Implementasi Strategi Pembelajaran Tematik Kelas Atas Di SD Negeri Nampudadi
DOI:
https://doi.org/10.37366/jpgsd.v3i02.1463Keywords:
implementasi, pembelajaran tematik, strategiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran tematik di SD Negeri Nampudadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Nampudadi. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas 4, 5 dan 6. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif berupa proses menganalisis, menggambarkan, dan meringkas kejadian dari data yang diperoleh melalui wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tematik di SD Negeri Nampudadi menggunakan tema yang dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari (kontekstual) melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman langsung bagi siswa. Kendala dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik di SD Negeri Nampudadi seperti waktunya terbatas, siswa kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan, dan juga keterbatasan perangkat pembelajaran yang kurang memadai. Upaya guru untuk mengatasi kesulitan tersebut yaitu dengan cara menggambarkan terlebih dahulu jaringan tema, sehingga akan mudah dalam mencari kaitannya, membuat skenario pembelajaran yang disesuaikan dengan jaringan tema dan kaitan antar mata pelajarannya yang telah ditemukan untuk menciptakan pembelajaran yang terpadu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 DIKODA: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.