Implementasi Strategi Pembelajaran Tematik Kelas Atas Di SD Negeri Nampudadi

Authors

  • Muna Fauziah IAINU KEBUMEN
  • Feni Anggraeni IAINU KEBUMEN
  • Mei Nanda Setiyaningrum IAINU KEBUMEN
  • Prasukadana Welas Asih IAINU KEBUMEN

Keywords:

implementasi, pembelajaran tematik, strategi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran tematik di SD Negeri Nampudadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Nampudadi. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas 4, 5 dan 6. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif berupa proses menganalisis, menggambarkan, dan meringkas kejadian dari data yang diperoleh melalui wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tematik di SD Negeri Nampudadi menggunakan tema yang dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari (kontekstual) melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman langsung bagi siswa. Kendala dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik di SD Negeri Nampudadi seperti waktunya terbatas, siswa kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan, dan juga keterbatasan perangkat pembelajaran yang kurang memadai. Upaya guru untuk mengatasi kesulitan tersebut yaitu dengan cara menggambarkan terlebih dahulu jaringan tema, sehingga akan mudah dalam mencari kaitannya, membuat skenario pembelajaran yang disesuaikan dengan jaringan tema dan kaitan antar mata pelajarannya yang telah ditemukan untuk menciptakan pembelajaran yang terpadu.

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Fauziah, M., Anggraeni, F., Setiyaningrum, M. N., & Asih, P. W. (2023). Implementasi Strategi Pembelajaran Tematik Kelas Atas Di SD Negeri Nampudadi. DIKODA: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR, 3(02), 36-41. Retrieved from https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPGSD/article/view/1463