Penerapan Nilai Cinta Tanah Air Di SDN Sertajaya 05 Cikarang Timur Bekasi Tahun Ajaran 2022-2023

Authors

  • Desinta Hardina Gita Pertiwi Universitas Pelita Bangsa
  • Ira Restu Kurnia Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpgsd.v4i01.2259

Keywords:

Nilai-nilai karakter, Nilai cinta tanah air, Upacara bendera

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru dalam menerapkan nilai cinta tanah air dan hambatan-hambatan yang dialami guru dalam menerapkan nilai cinta tanah air terutama pada kegiatan upacara bendera. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun data yang diperoleh dari data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data sumber primer melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder berasal dari wawancara, buku, literatur lainnya
sebagai pelengkap data primer. Dalam penelitian ini, menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai cinta tanah air melalui kegiatan upacara bendera di SDN Sertajaya 05 dengan menambahkan sikap kedisiplinan, sehingga peserta didik dapat memahami upacara bendera dengan baik. Dalam proses pelaksanaan upacara bendera berjalan dengan baik. Akan tetapi terdapat hambatan dalam persiapan dan pelaksanaanya upacara bendera yaitu dari peserta didik maupun kesibukan guru tidak bisa melatih peserta didik yang akan bertugas sebagai petugas upacara

References

Abdullah Munir. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Karakter Anak Sejak dari Rumah.

Yogyakarta: Pedagogia.

Agus Wibowo. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa

Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anas Salahudin dan Irwanto Alkrienciehie. (2013). Pendidikan Karakter: Pendidikan Berbasis

Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: Pustaka Setia.

Budi Susanto. (2008). Gemerlap Nasionalitas Postkolonial. Yogyakarta: Kanisius.

Darmiyati Zuchdi, ed. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik.

Yogyakarta: UNY Press.

Dirjen Pothankam. (2010). Pendidikan Kesadaran Bela Negara (Pedoman Bagi Dosen

Pendidikan Kewarganegaraan). Jakarta: Direktorat Jendral Potensi Pertahanan.

Djam’an Satori dan Aan Komariah. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:

Alfabeta.

Djoko Dwiyanto dan Gatut Saksono. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila: Negara

Pancasila, Agama atau Sekuler, Sosialis atau Kapitalis. Yogyakarta: Ampera Utama.

Dwi Siswoyo, dkk. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Gowar Suwarno. (2000). Panduan Penyelenggaraan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara

Dilingkungan Pekerjaan. Jakarta: Dirjen Sumber Daya Manusia.

Hasbullah. (1997). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Jamal Ma’mur Asmani. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah.

Yogyakarta: DIVA Press.

Karnadi. (2010). Pengembangan Pendidikan dan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: BP

Cipta Jaya Jakarta.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta:

Balitbang.

Koentjaraningrat. (2004). Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: PT Gramedia

Pustaka Utama

Lexy J. Moleang. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Oetama, J. (2001). Suara Nurani: Tajuk Rencana Pilihan, 1991-2001. Jakarta: PT Kompas

Media Nusantara.

Mahmud Mahdi Al-Istanbuli. (───). Parenting Guide. Jakarta: Hikmah. Matthew B. Miles

dan A. Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI

Press.

Masnur Muslich. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional.

Jakarta: Bumi Aksara.

Moh. Nazir. (2005). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Muchlas Samani dan Haryanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Ratna Megawangi. (2007). Semua Berakar pada Karakter: “Isu isu

Permasalahan Bangsa”. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sisdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional.

Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta.

Sukardi. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi

Aksara.

Winarno dan Suhartatik. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan 3. Jakarta: Pusat Perbukuan

Kementerian Nasional.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter, Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga

Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Downloads

Published

2023-11-18

How to Cite

Pertiwi, D. H. G., & Kurnia, I. R. (2023). Penerapan Nilai Cinta Tanah Air Di SDN Sertajaya 05 Cikarang Timur Bekasi Tahun Ajaran 2022-2023. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(01), 20-30. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v4i01.2259