Penerapan Nilai Cinta Tanah Air Di SDN Sertajaya 05 Cikarang Timur Bekasi Tahun Ajaran 2022-2023
DOI:
https://doi.org/10.37366/jpgsd.v4i01.2259Keywords:
Nilai-nilai karakter, Nilai cinta tanah air, Upacara benderaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru dalam menerapkan nilai cinta tanah air dan hambatan-hambatan yang dialami guru dalam menerapkan nilai cinta tanah air terutama pada kegiatan upacara bendera. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun data yang diperoleh dari data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data sumber primer melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder berasal dari wawancara, buku, literatur lainnya
sebagai pelengkap data primer. Dalam penelitian ini, menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai cinta tanah air melalui kegiatan upacara bendera di SDN Sertajaya 05 dengan menambahkan sikap kedisiplinan, sehingga peserta didik dapat memahami upacara bendera dengan baik. Dalam proses pelaksanaan upacara bendera berjalan dengan baik. Akan tetapi terdapat hambatan dalam persiapan dan pelaksanaanya upacara bendera yaitu dari peserta didik maupun kesibukan guru tidak bisa melatih peserta didik yang akan bertugas sebagai petugas upacara
References
Abdullah Munir. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Karakter Anak Sejak dari Rumah.
Yogyakarta: Pedagogia.
Agus Wibowo. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa
Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anas Salahudin dan Irwanto Alkrienciehie. (2013). Pendidikan Karakter: Pendidikan Berbasis
Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: Pustaka Setia.
Budi Susanto. (2008). Gemerlap Nasionalitas Postkolonial. Yogyakarta: Kanisius.
Darmiyati Zuchdi, ed. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik.
Yogyakarta: UNY Press.
Dirjen Pothankam. (2010). Pendidikan Kesadaran Bela Negara (Pedoman Bagi Dosen
Pendidikan Kewarganegaraan). Jakarta: Direktorat Jendral Potensi Pertahanan.
Djam’an Satori dan Aan Komariah. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:
Alfabeta.
Djoko Dwiyanto dan Gatut Saksono. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila: Negara
Pancasila, Agama atau Sekuler, Sosialis atau Kapitalis. Yogyakarta: Ampera Utama.
Dwi Siswoyo, dkk. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Gowar Suwarno. (2000). Panduan Penyelenggaraan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara
Dilingkungan Pekerjaan. Jakarta: Dirjen Sumber Daya Manusia.
Hasbullah. (1997). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Jamal Ma’mur Asmani. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah.
Yogyakarta: DIVA Press.
Karnadi. (2010). Pengembangan Pendidikan dan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: BP
Cipta Jaya Jakarta.
Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta:
Balitbang.
Koentjaraningrat. (2004). Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: PT Gramedia
Pustaka Utama
Lexy J. Moleang. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Oetama, J. (2001). Suara Nurani: Tajuk Rencana Pilihan, 1991-2001. Jakarta: PT Kompas
Media Nusantara.
Mahmud Mahdi Al-Istanbuli. (───). Parenting Guide. Jakarta: Hikmah. Matthew B. Miles
dan A. Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI
Press.
Masnur Muslich. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional.
Jakarta: Bumi Aksara.
Moh. Nazir. (2005). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Muchlas Samani dan Haryanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Ratna Megawangi. (2007). Semua Berakar pada Karakter: “Isu isu
Permasalahan Bangsa”. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Sisdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional.
Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka
Cipta.
Sukardi. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi
Aksara.
Winarno dan Suhartatik. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan 3. Jakarta: Pusat Perbukuan
Kementerian Nasional.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter, Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga
Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 DIKODA: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.