Pengembangan Buku Cerita Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SDIT Nuurul A’raaf Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Octaviani Octa Universitas Pelita Bangsa
  • Titin Sunaryati Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

buku cerita bergambar, membaca nyaring, penelitian pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan terkait proses pengembangan buku cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas 1, mengetahui respon pendidik dan peserta didik, dan mengetahui tingkat efektivitas  buku cerita bergambar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development atau penelitian pengembangan dengan menerapkan model pengembangan Borg dan Gall. Hasil dari penilaian validator ahli materi memperoleh presentase 97% dengan kriteria “Sangat Valid”, validator ahli media memperoleh presentase 96% dengan kriteria “Sangat Valid”, dan validator ahli bahasa memperoleh presentase 61% dengan kriteria “Valid”. Hasil penilaian respon pendidik memperoleh presentase 94% dengan kriteria “Sangat Baik” dan respon peserta didik memperoleh rata-rata presentase 92% dengan kriteria “Sangat Baik”. Tingkat efektivitas buku cerita bergambar memperoleh nilai rata-rata pretest 49 dan rata-rata posttest 69 dengan analisis nilai N-Gain menghasilkan skor 0,39 yang menunjukkan “terjadi peningkatan sedang”. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan buku cerita bergambar yang dikembangkan telah valid dan efektif untuk digunakan sebagai bahan bacaan yang mampu meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa.

References

Asnawi, & Sugiyono. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Teks dengan Metode Demonstrasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. 15(2), 1–23.

Damayanti, L., & Sumarwoto, V. D. (2016). Pengaruh Media Cerita Bergambar terhadap Kehidupan Sosial Aanak Didik Kelompok B TK Desa Ngepeh Saradan Madiun Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 3(2), 12–23. RGianistika, C. (2021). Strategi Pembelajaran Contextual Teaching Dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Membaca Nyaring Bahasa Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 656–671.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150.

Hasan, A. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Melalui Metode Latihan Pada Siswa Kelas IV SDN Salunggadue. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(6), 11–22.

Hilda Hadian, L., Mochamad Hadad, S., & Marlina, I. (2018). Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 212–242.

Kurniawati, R. T., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 29.

Kusno, Rasiman, & Asri Untari, M. F. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Student, 3(3), 432–439.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152.

Riduwan. (2018). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Schleicher, A. (2019). PISA 2018 Insights and Interpretation. In OECD.

Sapriyah. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR.

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 470–477.

Suciati, T. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Buku Cerita Bergambar Pada Pembelajaran Keterampilan Membaca Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Madrasah Ibtidaiyah. 1–110.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Wardhani, K. E. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 1 Pada Tema Diriku.

Zuhria, A. F., Kurnia, M. D., Jaja, J., & Hasanudin, C. (2022). Dampak Era Digital terhadap Minat Baca Remaja. Jubah Raja (Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran), 1(2), 20.

Downloads

Published

2023-11-18

How to Cite

Octa, O., & Sunaryati, T. . (2023). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SDIT Nuurul A’raaf Tahun Ajaran 2022/2023. DIKODA: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR, 4(01), 9-19. Retrieved from https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPGSD/article/view/2262