Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pasca Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Pada Siswa Sekolah Dasar Di Indramayu

Authors

  • Fuji Haryati Universitas Pelita Bangsa
  • Liyana Sunanto Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpgsd.v4i01.2268

Keywords:

COVID-19 Pandemic, Numerical Literacy, Online Learning, Elementary School

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kemampuan Literasi Numerasi siswa kelas atas sekolah dasar pasca pembelajaran daring selama pandemi COVID-19; (2) menganalisis kemampuan Literasi Numerasi siswa kelas bawah sekolah dasar pasca pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 (2) menguraikan kendala dan hambatan yang terjadi pada saat pengimplementasian pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Subjek penelitian adalah Siswa Kelas III dan V Sekolah Dasar di SDN 02 dan 05 Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu Tahun Ajaran 2022-2023. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data yakni tes soal tertulis, wawancara. Adapun Teknik analisis data menggunakan uji statistika deskriptif untuk mengukur kemampuan Literasi Numerasi siswa Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukan kemampuan Literasi Numerasi siswa kelas Atas (kelas V) SDN 2 Eretan Kulon adalah dari 43 siswa yang mengikuti tes soal literasi numerasi yang mendapat nilai A ada 5 siswa (11,63%), yang mendapat nilai B ada 14 siswa (32,56%), Nilai C dicapai oleh 14 siswa (32,56 %), Nilai D ada 10 orang siswa (23,25%). dari 45 siswa yang mengikuti tes soal literasi numerasi kelas bawah (kelas III) tidak ada yang mendapat nilai A ,yang mendapat nilai B ada 6 siswa (13,33%), Nilai C dicapai oleh 5 siswa (11,11%),dan Nilai D ada 34 siswa (75,56%). Dan kemampuan Literasi Numerasi SDN 5 Eretan Kulon siswa kelas Atas (kelas V) adalah dari 45 siswa yang mengikuti tes soal literasi numerasi kelas V tersebut tidak yang mendapat nilai A dan B. Nilai C dicapai oleh 2 siswa (7,7%), Nilai D ada 24 siswa (92,3%). Populasi 22 siswa yang mengikuti tes soal literasi numerasi kelas III tersebut keseluruhannya mendapatkan Nilai D ada 22 siswa (100%) dan hambatan pengimplementasian terjadi disemua faktor dari orang tua, sekolah, pemerintah sampai lingkungan

References

Dinas Pendidikan. (2020). PENCEGAHAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19) Pada Satuan Pendidikan.

Gulo, W. (2002). metodologi penelitian. Grasindo.

Heng, K. (2021). Exploring the Impacts of COVID-19 on Education in Southeast Asia : COVID-19 on Education in Southeast Asia : Challenges and Opportunities. Reachgate, February, 13. https://www.researchgate.net/publication/349158853%0AExploring

Muyassaroh, I., Sunanto, L., & Kurnia, I. R. (2022). UPAYA PENINGKATAN LITERASI SAINS MAHASISWA MELALUI BLENDED - COLLABORATIVE PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATIVES Abstrak Pendahuluan Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ibarat dua sisi mata uang . membutuhkan latar bela. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 915–931.

Pendidikan, K. (2020). Siaran Pers Siaran Pers. 1–2.

Pratiwi, I. . (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecah Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 69–88.

Romdoni, L. N. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN FIGUR PUBLIK DALAM KAMPANYE TERHADAP TINGKAT PEROLEHAN SUARA PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH JAWA BARAT TAHUN 2018 DI KOTA BANDUNG.

Sayekti, L. (2019). Formulasi model perkuliahan daring sebagai upaya menekan disparitaskualitas perguruan tinggi. 151–159.

Siskawati, F. S., Chandra, F. E., Irawati, T. N., Studi, P., Matematika, P., Jember, U. I., Kaliwates, K., Kaliwates, K., & Timur, J. J. (2020). DI MASA PANDEMI COV-19. 101, 253–261.

sugiyono. (2011). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suswandari, M., Novrianti, I., Putri, M., & Hastowo, D. (2022). Dampak Pembelajaran Daring dalam Motivasi Belajar dan Tingkat Stres Akademik Selama Pandemi Covid-19 The Impact of Online Learning on Learning Motivation and Academic. 31(1), 83–94.

Yarrow, N., Masood, E., & Afkar, R. (2020). Estimates of COVID-19 Impacts on Learning and Earning in Indonesia : How to Turn the Tide. August.

Downloads

Published

2023-11-18

How to Cite

Haryati, F., & Sunanto, L. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pasca Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Pada Siswa Sekolah Dasar Di Indramayu. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(01), 1-8. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v4i01.2268