Pengaruh Penggunaan Articulate Storyline 3 Dalam Membangun Kemandirian Belajar Siswa SD

Authors

  • Rahmmat Romadon Universitas Pelita Bangsa
  • Septian Mukhlis Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

ractive Learning Media, Articulate Storyline 3 Media, Learning Independence.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah desain Articulate Storyline 3 yang cocok diterapkan di kelas IV SDN Sukaresmi 06.. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Articulate Storyline 3 dalam membangun kemandirian siswa kelas IV SDN Sukaresmi 06. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Dengan pemilihan sampel penelitian cluster random sampling. Populasi penelitian ini kelas IVC SDN Sukaresmi 06 sebagai sampel atau kelas eksperimen. Perhitungan data menggunakan analisis statistik inferensial dengan bantuan IBM SPSS 26. Berdasarkan hasil peneltiian diperoleh bahwa kelas eksperimen sebelum menggunakan media Articulate Storyline 3 berubah setelah menggunakan media Articulate Storyline 3. Dengan nilai rata-rata pretest 56,23 dan posttest 75,34. Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan media Articulate Storyline 3 dapat berpengaruh pada kemandirian belajar siswa.

Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Media Articulate Storyline 3, Kemandirian Belajar.

References

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group.

Munadi. (2008). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Perss.

P. Ryan Angga. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan.

Tiro, M. A. & Ahmar, A. S. (2014). Penelitian Eksperimen: Merancang, Melaksanakan, dan Melaporkan. (Makassar: Andira Publisher).

Warsita, Bambang. (2011). Pendidikan Jarak Jauh. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2020). Membangun Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 142–149.

Downloads

Published

2023-11-18

How to Cite

Rahmmat Romadon, & Septian Mukhlis. (2023). Pengaruh Penggunaan Articulate Storyline 3 Dalam Membangun Kemandirian Belajar Siswa SD. DIKODA: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR, 4(01), 39-47. Retrieved from https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPGSD/article/view/2280