Kemampuan Literasi Digital : Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Septian Mukhlis Universitas Pelita Bangsa
  • Yayu Siti Rahayu Prodi PGSD Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpgsd.v1i01.2454

Keywords:

Literasi digital, pendidikan karakter, Era Revolusi Industri 4.0

Abstract

Tulisan ini membahas tentang penting nya kemampuan literasi digital sebagai upaya penguatan karakter dalam upaya mengahadapi era Revolusi 4.0. Pada era revolusi digital ini semua informasi dapat diakses secara mudah secara real-time dengan sangat cepat dan tanpa batas (unlimited). Perkembangan teknologi informasi dan digital saat ini telah menciptakan sebuah “ruang baru” yang bersifat artifisial (cyberspace) yang tak terbatas oleh apapun. Untuk itu fenomena kemajuan teknologi ini harus di sikapi secara posistif bagi perkembangan dan kemajuan peradaban manusia termasuk dunia pendidikan. Kemampuan literasi digital juga mampu memberikan penguatan terhadap pendidikan karakter peserta didik yang  merupakan langkah strategis dan  inovatif dalam menyiapkan dan mendesain sistem serta pola pendidikan di masa yang akan datang untuk menghadapi arus disrupsi yang terus berkembang di era industri 4.0.

References

Benty, Djum Djum Noor, Desi Eri Kusumaningrum, Firman Budi Santoso, Andhika Gilang Prayoga, Endra Ubaidillah, and others. 2020. “Use of Information and Communication Technology in Leaming in the Covid-19 Pandemic Period to Improve Student Learning Outcomes,” in 2020 6th International Conference on Education and Technology (ICET) (IEEE), pp. 165–69 https://doi.org/10.1109/ICET51153.2020.9276617

Everett M Rogers, Diffusion of Innovations (Simon and Schuster, 2010).

Elphilia Elphilia and Noepri Dikawati, ‘INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KREATIF ERA DISRUPTIF MENUJU MASYARAKAT 5.0’, in PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG, 2020. INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KREATIF ERA DISRUPTIF MENUJU MASYARAKAT 5.0 | Elphilia | PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG (univpgri-palembang.ac.id)

Hartati, Risa. 2016. “Peningkatan Aspek Sikap Literasi Sains Siswa SMP Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPA Terpadu,” Edusains, 8.1: 90–97 http://dx.doi.org/10.15408/es.v8i1.1796

Daryanto, Karim, S. (2017). Pembelajaran abad 21. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

INDEX Des A Accreditation Agile Algorithm API APIKey Application Approval Request. [n.d.].

Karabacak, Kerim, Mustafa Öztunç, Subhan Eksioğlu, Duygu Gür Erdoğan, Songül Yar, and others. 2015. “Determination of the Level of Being Cyber Bully/Victim of Eighth Grade Students of Elementary Schools,” Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176 (Elsevier): 846–53 https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2015.01.549

Noboru Matsuda and others, ‘Investigating the Effect of Meta-Cognitive Scaffolding for Learning by Teaching’,

Yang, Junfeng, H. Yu, and Nian shing Chen. 2019. “Using Blended Synchronous Classroom Approach to Promote Learning Performance in Rural Area,” Computers & Education, 141 (Pergamon): 103619 <https://doi.org/10.1016/J.COMPEDU.2019.103619>

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Mukhlis, S., & Rahayu, Y. S. (2023). Kemampuan Literasi Digital : Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(01), 1-9. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v1i01.2454