Penggunaan Media Cerita Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Awalina Barokah Universitas Pelita Bangsa
  • Octaviani Prodi PGSD Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpgsd.v1i01.2455

Keywords:

cerita bergambar; membaca nyaring; penggunaan media

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan agar meningkatkan kemampuan membaca nyaring. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan dua siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber data pada penelitian ini adalah guru, siswa dan observer. Teknik pengumpulan data non tes yaitu dokumentasi, wawancara dan observasi, serta teknik tes berupa uji kemampuan membaca nyaring siswa. Indikator kemampuan membaca nyaring yang diharapkan dalam penelitian ini yaitu: (1) ketepatan lafal; (2)ketepatan intonasi; (3) penggunaan jeda. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan membaca nyaring setelah proses pembelajaran dengan menggunakan media cerita bergambar pada siklus I yang awalnya hanya 75,6 mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada siklus II menjadi 83,4. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas II SD.

Author Biography

Awalina Barokah, Universitas Pelita Bangsa

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Arianti, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Melalui Metode Latihan Pada Siswa Kelas IV SDN Salunggadue. Jurnal Kreatif Online, 5(4), 246-257.

Arikunto, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Asnawi, dkk. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Teks Dengan Metode Demonstrasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 5(1), 1-14

Ismail, J. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring melalui Media Cerita Bergambar pada Siswa Kelas II MIS Hi. Ahmad Syukur Daruba Kab. Pulau Morotai. Jurnal Mitra Pendidikan, 1, 1536-1552

Damayanti, L & Djarot, S.V. (2016). Pengaruh Media Cerita Bergambar Terhadap Kehidupan Sosial Anak Didik Kelompok B TK Desa Ngepeh Saradan Madiun Tahun Ajaran 2014-2015. Jurnal CARE, 3(2). 11-23

Mar’ah N.A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Cooperative Learning di kelas II SDN Inpres Sidoharjo Kecamatan Moilong Kabupaten Banggai. Jurnal Kreatif Tadulaku Online 4(12), 199-213

OECD. (2019). PISA 2018 Result Combined Executive Summaries. PISA-OECD Publishing.

Purwati, G., Lyesmaya, D., & Nurasiah, I. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Cerita Bergambar di Kelas Rendah. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 02(3), 179-188.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Barokah, A., & Octaviani, O. (2023). Penggunaan Media Cerita Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(01), 10-15. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v1i01.2455