Penggunaan Media Doll Stick Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Tentang Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat

Authors

  • Izzah Muyassaroh Universitas Pelita Bangsa
  • Nurul Azizah SDN 6 Arjawaninangun

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpgsd.v1i01.2456

Keywords:

Doll Stick , kemampuan kognitif, bilangan bulat

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk memperoleh data pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan kemampuan kognitif siswa dengan menggunakan media Doll Stick dalam pembelajaran operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada 24 siswa kelas IV. Model penelitian ini mengadopsi dari model PTK Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu  perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh dari lembar observasi dan tes tertulis pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil data tersebut, kemampuan kognitif siswa mengalami peningkatan, pada siklus I persentase siswa yang tuntas pada siklus I adalah 79% dan pada siklus II adalah 100%, dengan rata-rata pada indeks gain sebesar 0,7 dan tergolong pada peningkatan yang tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Doll Stick dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa serta memudahkan siswa dalam memahami operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.

References

Daryanto. (2010). Media pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosdakarya

Herman, T. (2007). Pendidikan Matematika 1. Bandung: Upi press

Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Rosdakarya

Kuswana, Wowo Sunaryo. (2011). Taksonomi Berfikir. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muhsetyo, G. (2012). Pembelajaran Matematika SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Mulsaya, E. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya

Mustaqim, B dan Astuty, A. dkk. (2008). Buku Sekolah Elektronik Ayo Belajar Matematika untuk Kelas IV SD/MI. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Prabawanto, S dan Rahayu, P. (2006). Bilangan. Bandung: UPI PERSS

Randall, Charles. (1994). The National Council Of Theacher Of Mathematichs Inc. United States Of Amerika: 1906 Association Drive, Reston.

R, Krathwohl, David dan W, Anderson, Lorin. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sanjajaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Suherman, E, dkk. (1992). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka

Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta

Susilana, R dan Riyana, C. (2008). Media pembelajaran. Bandung : Jurusan Kurtekpend FIP UPI

Taniredja, T, Irma, dan Nyata. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta

Upi. (2013). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: UPI PRESS

Wiriaatmadja, Rochiati. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Muyassaroh, I., & Azizah, N. (2023). Penggunaan Media Doll Stick Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Tentang Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(01), 16-25. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v1i01.2456