Penggunaan Media Doll Stick Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Tentang Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat
DOI:
https://doi.org/10.37366/jpgsd.v1i01.2456Keywords:
Doll Stick , kemampuan kognitif, bilangan bulatAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk memperoleh data pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan kemampuan kognitif siswa dengan menggunakan media Doll Stick dalam pembelajaran operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada 24 siswa kelas IV. Model penelitian ini mengadopsi dari model PTK Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh dari lembar observasi dan tes tertulis pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil data tersebut, kemampuan kognitif siswa mengalami peningkatan, pada siklus I persentase siswa yang tuntas pada siklus I adalah 79% dan pada siklus II adalah 100%, dengan rata-rata pada indeks gain sebesar 0,7 dan tergolong pada peningkatan yang tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Doll Stick dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa serta memudahkan siswa dalam memahami operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
References
Daryanto. (2010). Media pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosdakarya
Herman, T. (2007). Pendidikan Matematika 1. Bandung: Upi press
Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Rosdakarya
Kuswana, Wowo Sunaryo. (2011). Taksonomi Berfikir. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muhsetyo, G. (2012). Pembelajaran Matematika SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Mulsaya, E. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya
Mustaqim, B dan Astuty, A. dkk. (2008). Buku Sekolah Elektronik Ayo Belajar Matematika untuk Kelas IV SD/MI. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Prabawanto, S dan Rahayu, P. (2006). Bilangan. Bandung: UPI PERSS
Randall, Charles. (1994). The National Council Of Theacher Of Mathematichs Inc. United States Of Amerika: 1906 Association Drive, Reston.
R, Krathwohl, David dan W, Anderson, Lorin. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sanjajaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Suherman, E, dkk. (1992). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka
Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
Susilana, R dan Riyana, C. (2008). Media pembelajaran. Bandung : Jurusan Kurtekpend FIP UPI
Taniredja, T, Irma, dan Nyata. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta
Upi. (2013). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: UPI PRESS
Wiriaatmadja, Rochiati. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 DIKODA: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.