Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Sikap Cinta Tanah Air Pada Pembelajaran PKn
DOI:
https://doi.org/10.37366/jpgsd.v1i01.2457Keywords:
karakter, cinta tanah air, nasionalisme, modul digitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengambangkan dan memvalidasi produk berupa modul berbasis digital untuk meningkatkan sikap cinta tanah air pada pembelajaran PKN. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan dan kesesuaian modul PPKN berbasis digital untuk meningkatkan karakter cinta tanah air. Ini adalah penelitian dan pengembangan yang menerapkan desain Borg dan Gall. Uji coba dilakukan pada 10 siswa kelas 2 SDN Mekarmukti 02 Cikarang Utara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, penilaian kelayakan modul oleh ahli, penilaian guru, dan angket tanggapan peserta didik. Kelayakan modul PPKN berbasis digital ditunjukkan dari hasil penilaian oleh ahli validasi pada saat FGD.
References
Ramadhani, S.P., & Zulela. (2020). Profesional Pedagogy Guru Terhadap Perubahan Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 384-397.
Borg, R.W. & Gall, M.D. (2007). Educational Researchand Introduction The Eight Edition. Sydney: Pearson Education,Inc.
Depdiknas. 2008. Peraturan Pemerintah RI No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mardapi, D., 2008, Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta : Mitra Cendikia Offset.
Parmin dkk. 2012. Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar IPA Berbasis Hasil Penelitian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Volume 1. Nomor 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 DIKODA: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.