Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode CTL Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar II SD

Authors

  • Ira Restu Kurnia Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpgsd.v1i01.2458

Keywords:

IPS, hasil belajar, metode CTL

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Siswa merasa memahami pembelajaran IPS, hal tersebut dapat terlihat dari hasil belajar siswa yang rendah. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan tes dengan Subjek penelitian siswa kelas IV SDN Mekar Mukti 05. Berdasarkan paparan data yang telah dilakukan terbukti bahwa Metode CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Penerapan metode CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di Kelas IV SDN Mekar Mukti 05 Kecamatan Cikarang Utara  dilaksanakan dengan langkah-langkah berikut: Tahap Prapenulisan, Tahap Penulisan, Tahap Pendrafan, Tahap pasca penulisan, Tahap Publikasi. Metode CTL dapat hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa IPS di Kelas IV SDN Mekar Mukti 05 Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi terbukti dari hasil penelitian telah mencapai kriteria keberhasilan ≥80% yaitu pada siklus II kategori ide dan gagasan 83,33%, keruntutan kata dan kalimat 85,71 %, penulisan ejaan 89,29 %

Author Biography

Ira Restu Kurnia, Universitas Pelita Bangsa

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Arianti, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Melalui Metode Latihan Pada Siswa Kelas IV SDN Salunggadue. Jurnal Kreatif Online, 5(4), 246-257.

Arikunto, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Asnawi, dkk. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Teks Dengan Metode Demonstrasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 5(1), 1-14

Ismail, J. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring melalui Media Cerita Bergambar pada Siswa Kelas II MIS Hi. Ahmad Syukur Daruba Kab. Pulau Morotai. Jurnal Mitra Pendidikan, 1, 1536-1552

Damayanti, L & Djarot, S.V. (2016). Pengaruh Media Cerita Bergambar Terhadap Kehidupan Sosial Anak Didik Kelompok B TK Desa Ngepeh Saradan Madiun Tahun Ajaran 2014-2015. Jurnal CARE, 3(2). 11-23

Mar’ah N.A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Cooperative Learning di kelas II SDN Inpres Sidoharjo Kecamatan Moilong Kabupaten Banggai. Jurnal Kreatif Tadulaku Online 4(12), 199-213

OECD. (2019). PISA 2018 Result Combined Executive Summaries. PISA-OECD Publishing.

Purwati, G., Lyesmaya, D., & Nurasiah, I. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Cerita Bergambar di Kelas Rendah. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 02(3), 179-188.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Kurnia, I. R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode CTL Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar II SD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(01), 31-36. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v1i01.2458