Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Type SDTA Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.37366/jpgsd.v1i02.2472Keywords:
Hasil Belajar, Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STADAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan kelas VA sebagai kelas kontrol dan VB sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya perbedaan signifikan antara kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional yang biasa digunakan oleh guru dengan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi volume bangun ruang di kelas V sekolah dasar.
References
Andriyanto. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Pada Kelas V SDN 02 Ciwiru.Skripsi Sarjana pada Universitas Muhammadiyah Cirebon. Tidak diterbitkan..
Cahyo, A. N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler.Jogjakarta : Diva Press.
Karso.et al. (2008). Pendidikan Matematika 1. Jakarta : Universitas Terbuka.
Muhsetyo, G. (2007). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.
Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung : Nusa Media.
Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Wahyuni, S. (2007). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Biologi Pokok Bahasan Sistem Ekskresi di SMP N 3 Beber Kabupaten Cirebon.Skripsi Sarjana pada STAIN Cirebon.Tidak diterbitkan.
Wiranataputra, U. S. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 DIKODA: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.