Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika SDN Rejowinangun 01
DOI:
https://doi.org/10.37366/jpgsd.v1i02.2476Keywords:
Numbered Head Together (NHT), student learning activities, elementary math learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas IV B SDN 1 Rejowinangun. Hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together dapat Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada pembelajaran Matematika materi FPB dan KPK. Penelitian ini dilakukan secara kolaborasi dengan guru kelas IV B SDN Rejowinangun 1 dan rekan peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SDN 1 Rejowinangun dengan jumlah 28, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Intrumen penelitian ini adalah lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui keaktifan belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas IV B pada siklus I dengan persentase 57,75% dalam kategori cukup dan meningkat pada siklus II dengan persentase 81,45% dalam kategori sangat baik pada interval 81%-100% dan mengalami peningkatan sebesar 18,83%.
References
Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Arikunto, Suharsimi. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Huda,Fatkhan Amirul. 2018. Pengertian Keaktifan Belajar. Dikutip tanggal 16 Oktober 2019 dari: http://fatkhan.web.id/pengertian-keaktifan-belajar/
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Maulana. (2008). Buku Ajar Pendidikan Matematika 1. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Mulyasa, E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pitadjeng. (2006). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sagala, Syaiful. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjana, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, Erman, dkk. (1992). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka
Wikipedia. 2019. Model Pembelajaran. Dikutip tanggal 15 Oktober 2019 dari Wikipedia: https://ig.mwikipedia.org/wiki/Model_pembelajaran
Modul profesional PPG. (2018)
Permendikbud. (2016). Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Bandung: Fokus Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 DIKODA: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.