PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Awalina Barokah Universitas Pelita Bangsa
  • Nurul Mawaddah SD Muhammadiyah Bodon

Keywords:

Metode inkuiri terbimbing, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD melalui penerapan metode inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc.Taggart dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan di setiap siklusnya setelah menerapkan metode inkuiri terbimbing. Peningkatan ini dapat dilihat pada siklus I rerata hasil belajar siswa yaitu 67,36 dengan persentase ketuntasan 44,44% dan pada siklus II nilai rerata hasil belajar siswa yaitu 82,5 dengan persentase ketuntasan 86,11%.

References

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Herawati dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Maslichah Asy’ari. (2006). Penerapan Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Munthe, Bermawi. 2009. Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Patta Bundu. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains SD. Jakarta: Direktorat Ketenagaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi pembelajaran berorientasi Standar Proses Pembelajaran. Jakarta: kencana prenada media group.

Sitiativa Rizema Putra. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Cet 1. Yogyakarta:Diva Press.

Srini M Iskandar. (1997). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Bagian Proyek Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suparwoto. 2007. Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran fisika. Yogyakarta: Jurusan Pend. Fisika FMIPA UNY.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Ed 1, Cet 5. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-07-04

How to Cite

Awalina Barokah, & Nurul Mawaddah. (2023). PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. DIKODA: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR, 1(02), 20-25. Retrieved from https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPGSD/article/view/2477