Penggunaan Mind Maping Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPS Siswa Pada Materi Keberagaman Budaya Di Indonesia

Authors

  • Ira Restu Kurnia Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpgsd.v1i02.2478

Keywords:

peta konsep, pemahaman, pembelajaran IPS.

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan tanggapan siswa mengenai pembelajaran IPS yang bersifat hafalan. Siswa dituntut untuk mencatat dan mengingat banyak nateri. Oleh karena itu, peneliti menggunakan peta konsep untuk meningkatkan pemhaman siswa dalam pembelajaran IPS. Pembuatan peta konsep merupakan suatu teknik untuk mengungkapkan konsep yang ada dalam kognitif siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Nurul A’Raaf yang berlokasi di wilayah Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas dengan desain Mc. Kemmis dan Taggart. Adapun  instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan tes. Berdasarkan temuan-temuan penelitian menunjukkan bahwa peta konsep dapat meningkatkan pemahaman IPS siswa pada materi Sumber Daya Alam yang dapat dilihat dari semakin banyaknya siswa yang tuntas dalam pembelajaran.

 

Author Biography

Ira Restu Kurnia, Universitas Pelita Bangsa

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Buzan, T. (2004). Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dahar, R.W. 2006. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Fatmawati, Laila.2016. Peningkatan Keaktifan dan pemahaman konsep IPS Melalui Model Learning Cycle 5E. Jurnal PrimaEdukasia. Vol 4 (2). 148-162.

Latifah, UMI. Peningkatan Pemahaman Konsep IPS Melalui Penerapan Metode Avtive Learning Tipe Index Card Match Pada Siswa Kelas VA SD Ngoto Tahun Pelajaran 2016/2017. (Skripsi).Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. Diakses dari https://eprints.uny.ac.id/53119/2/Umi%20Latifah.pdf

Mahmuddin. (2009). Pembelajaran Berbasis Peta Pikiran (Mind Mapping). Tersedia: http://mahmuddin.wordpress.com/2009/12/01.[12 januari 2012].

Muhibbin, Syah. (2000). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Olivia, Femi dan Lita Ariani . (2008). Belajar membaca yang menyenangkan untuk anak usia dini. Jakarta: Elex Media Komputindo

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Samatowa, Usman. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Samatowa, Usman. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar.Jakarta: Depdiknas.

Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Silberman, Melvin L. (2006). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Downloads

Published

2023-07-04

How to Cite

Kurnia, I. R. (2023). Penggunaan Mind Maping Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPS Siswa Pada Materi Keberagaman Budaya Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(02), 26-34. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v1i02.2478