Analisis Gaya Belajar Siswa pada Pembelajaran Kurikulum Merdeka di Kelas V SD

Authors

  • Atang Sutisna STKIP Muhammadiyah Kunigan
  • Rinda Listriyani Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpgsd.v4i02.2962

Keywords:

Gaya belajar, kurikulum merdeka, Learning style, independent curriculum learning

Abstract

Pada proses pembelajaran guru harus menerapkan gaya belajar dan media yang bervariasi karena setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menganalisis bagaimana gaya belajar yang digunakan siswa pada pembelajaran kurikulum merdeka di kelas V SD Negeri 3 Sukarapih. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, siswa serta orang tua siswa kelas V di SD Negeri  3 Sukarapih. Terdapat 14 responden yakni 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru kelas V, 6 orang siswa kelas V, dan 6 orang orang tua siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa kelas V memiliki kecenderungan pada salah satu gaya belajar yaitu gaya belajar kinestetik dengan sebaran hasil rata-rata presentase yaitu gaya belajar kinestetik (50%), gaya belajar visual (33%), dan gaya belajar auditorial (17%). Hal tersebut menunjukan bahwa siswa di kelas V SD Negeri 3 Sukarapih dalam pembelajaran kurikulum merdeka dominan pada gaya belajar kinestetik. Siswa lebih menggemari aktivitas yang berhubungan dengan gerak serta interaksi kelompok. Media yang digunakan yaitu media gerak berupa praktik atau eksperimen membuat kerajinan, menggambar, dan lain sebagainya.

References

Bire, A. L., Josua., & Geradus. U. (2014). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Kependidikan. 44 (2). 169.

Creswell, W. (1998). Qualitative inquiry and research design: choosing among five traditions. London: SAGE Publications.

Daga, A. T. (2021). Makna merdeka belajar dan penguatan peran guru di sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090.

Kusumawati, Devi & Sutisna, Atang. (2021). Merdeka belajar dalam konteks kemandirian belajar siswa; respon terhadap regulasi baru menteri pendidikan dan kebudayaan. Jurnal Lensa Pendas.6(1). 11-17.

Fatimah, D. (2021). Analisis pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Skripsi S1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi.

Fitriani, C. H. (2017). Gaya belajar siswa kelas III B SD NEGERI Tukangan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 1 (6). 20.

Fitriani, Chris Hilda, 2017. Gaya belajar siswa kelas III B SDN Tukangan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 1 (6). 20.

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma kurikulum merdeka bagi guru sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 236–243.

Hodijah, N. (2018). Studi tentang peran lingkungan sekolah dan pembentukan perilaku sosial siswa. Skripsi S1 Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar. STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Istiqomah, May Nisa. 2017. Pengaruh gaya belajar dan kreativitas terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD se-gugus Mardisiswa Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Latifah, Dewi Nikmatul. (2023). analisis gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar. Learning : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. 3(1). 68-75.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyati. (2015). Identifikasi gaya belajar siswa kelas V SD se-gugus 3 Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2014/2015. Skripsi S1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar . Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mulyati. 2015. Identifikasi gaya belajar siswa kelas V SD se-gugus 3 Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2014/2015. Skripsi S1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar . Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sherly, Edy Dharma, and Betty Humiras Sihombing. 2020. “Merdeka Belajar Di Era Pendidikan 4.0.” Merdeka Belajar: Kajian Literatur: 184–87.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulhan, N. (2006). Pembangunan karakter pada anak manajemen pembelajaran guru menuju sekolah efektif. Surabaya: Surabaya Intelektual Club.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Sutisna, A. ., & Listriyani, R. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa pada Pembelajaran Kurikulum Merdeka di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(02), 18-24. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v4i02.2962