Analisis Materi Pokok Mata Pelajaran Matematika Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Ari Fujiarti Universitas Pelita Bangsa
  • Amelia Putri Universitas Pelita Bangsa
  • Devi Irvani Wulandari Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpgsd.v4i02.3152

Keywords:

Subject Matter, Operational Verbs, HOTS and LOTS.

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah dasar merupakan mata pelajaran umum yang wajib dipelajari semua jenjang sekolah baik tingkat dasar, tingkah menengah ataupun tingkat atas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi pokok pada materi matematika kelas dua dengan menggunakan kurikulum 2013 (edisi revisi 2017). Yang didalamnya memuat kompetensi dasar, kompetensi inti, kata kerja operasional, muatan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan LOTS (Lower Order Thinking Skills). Penulisan ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan teknik analisis data menggunakan kajian isi. Hasil penelitian ini didapatkan sebaran materi matematika dominan untuk KKO KD terdapat pada C1 yaitu mengidentifikasi sebesar 19%, C2 yaitu menjelaskan sebesar 50%, C3 yaitu mengurutkan sebesar 25%, dan C4 yaitu menyelesaikan sebesar 6%. Pada materi matematika kelas dua lebih dominan kemampuan berpikir lower order thinking skills (LOTS) yaitu sebesar 79%. Sementara untuk kemampuan berpikir higher order thinking skills (HOTS) yaitu sebesar 21%

References

Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022, October 1). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 568-582.

Anas Sujono. (2006). Pengantar evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada

DEPDIKNAS (2008). Pengembangan perangkat penilaian kognitif. Jakarta: Depdiknas

Jannah, Raudatul (2021) Penerapan soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) dalam Pembelajaran IPA. Jurnal: Iqtisodina. Vol 04, no. 01

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (2017) Buku Tematik Terpadu – Buku Guru SD/MI Kelas II Edisi Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud:

Keterkaitannya Dengan Kognitif, Afektif Dan Kesehatan. Jurnal: Ilmiah Vsi PGTK PAUD dan Diknas. Vol. 14, No. 2 P-ISSN1907-9176

Nur,aini , Indah L dkk (2019) Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis dengan GeoGebra. Jurnal Matematika, Vol. 16, No. 2.

Nurbudiyani, Iin (2013) Pelaksanaan Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iii Sd Muhammadiyah Palangkaraya. Jurnal: Anterior Jurnal. Vol. 13 No 01

Nurwati, Andi (2014) Penilaian Ranah Psikomotorik Siswa Dalam Pelajaran Bahasa. Jurnal: Edukasia. Vol. 9, No 2. P-ISSN 1907-7524, E-ISSN 2502-3039

Puspitasari, Yunia Dwi dan Ulum, Wisda Maiftakhul (2020) Studi Kepustakaan Siswa Hiperaktif Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal: DIDIKA Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar. p-ISSN: 2477-4855, e-ISSN: 2549-9149

Sabarudin (2018) Materi pembelajaran dalam kurikulum 2013. Jurnal: An- Nur, Vol. 04 No. 1

Sabarudin, 2018. Materi Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jurnal An-Nur, Vol. 04 No. 01. ISSN 2461-1158

Siagian, Muhammad Daut (2016) Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal: MES Journal of Mathematics Education. Vol. 02 No. 1. ISSN 2579-6550

Siregar, Syarifar Nur dkk (2014) Pengenalan Konsep Operasi Hitung Bilangan Melalui Permainan Congklak Dalam Pembelajaran Matemaika. Jurnal: AL-Khwarizmi, Vol. 02, No 1

Syamsudin, Muhammad Munif dkk ( 2019) Kompetensi Motorik Anak Usia Dini:

Taufina. (2017). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (2 ed.). Jakarta.

Thabroni, G. (2022, April 12). HOTS (Higher Order Thinking Skill) Pengertian, Karakteristik, dsb.

Wulandari (2023) Implementasi Model Problem Based Learning Berbasis Teori Bruner pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 SDN Karangayu 01. Jurnal: Ilmiah Multidisiplin, Vol 01, No. 11

Downloads

Published

2024-05-02

How to Cite

Fujiarti, A. ., Putri, A., & Wulandari, D. I. (2024). Analisis Materi Pokok Mata Pelajaran Matematika Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(02), 34-41. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v4i02.3152