Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Hasil Belajar PKn Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Bekasi

Authors

  • Muhamad Sudharsono Universitas Pelita Bangsa
  • Zita Andini Sabillah Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpgsd.v4i02.3922

Keywords:

role-playing, learning outcomes,, Civics Education.

Abstract

Minimnya penggunaan metode serta kurangnya keterlibatan media dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru di dalam kelas, menyebabkan siswa kehilangan antusiasme belajar dan kesulitan dalam memahami materi, mengakibatkan menurunnya hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk melihat apakah terdapat pengaruh penggunaan metode bermain peran terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa Sekolah Dasar Kelas IV. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan model Quassi Exsperimen. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Muktijaya VII Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat. Teknik pengambilan data dari lembar observasi, wawancara, pre-test dan posttest, sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Pengujian hipotesis dilakukan melalui uji(t) dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran pada kelompok Experimen yang memakai metode pembelajaran bermain peran menghasilkan nilai rata-rata 86,00, sedangkan pada kelompok kontrol mendapatkan skor hasil belajar dengan nilai rata-rata 63,33. Hasil Uji Independnt Sample T-test Postest Kedua Kelas dengan equal variancs asumed yaitu sebesar 0,000 yang menyatakah bawa skor tersebut bernilai lebih kecil dari 0,5 terlihat adanya kelainan pada hasil pembelajaran siswa kelas IV SDN Mustikajaya VII Kota Bekasi antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Dengan itu dinyatakan bahwa hipotesis Nol atau H0 ditolak, sementara hipotesis alternative atau Ha diterima dapat dinyatakan bahwa (Ho) ditolak. Dapat disimpulkan metode pembelajaran bermain peran berpengaruh terhadap hasil belajar Siswa kelas IV SDN Mustikajaya VII Kota Bekasi

References

Azizah, Azizah, Putrianingsih, V. Azizah, and S. Putrianingsih (2021). PENGARUH.METODE BERNYANYI TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI HASIL.BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK KELILING.PERSEGI.DAN.PERSEGIPANJANG SISWA.KELAS IIIMI MUJAHIDIN JATIMULYO.KEPUNG. Inovatif, 1-22.

Fauziah Nasution, Yusnita Rani Hasibuan, Eliyanti Manurung, Eka Wahyuni. (2022). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Melalui Peningkatan Kualitas Pengajaran. MAKTABUN, 2(2), 54-58.

Irawati, L. Ilhamdi, andN. Nasruddin. (2021). Pengaruh. Gaya .Belajar. Terhadap. Hasil Belajar IPA. Pijar, 16(1), 44-48. doi:10.29303/jpm.v16i1.2202

Khamilla Andina Sari, Herman Lusa, Syahril Yusuf 2017. (n.d.). PERBEDAAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SDN KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 99-106

Khotimah. (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA. Tambusai, 2(3), 417-437. Retrieved from https://doi.org/10.31004/jptam.v3i1.211

M P Mazlan1 & M N Wangid. (2023). The Influence of Role-Playing Methods on the Social Skills and Self-Confidence of Grade V Elementary School Students. INTERNATIONAL JOURNAL OF MULTIDISCIPLINARY RESEARCH AND ANALYSIS, 6(9), 4077-4085. doi:10.47191/ijmra/v6-i9-19, Impact Factor: 7.022

M. Snorre, Boysen, O. Lund, R. Leth, and H. Marie (2023). The role of expertise in playful learning activities: A design-based self-study within teacher education aimed at the development of tabletop role-playing games. Elsevier, 128. doi:10.1016/j.tate.2023.104128

Milasari, A. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI METODE ROLE PLAYING MENGGUNAKAN MEDIA KARTU SUARA MATERI PEMILU DAN PILKADA PADA SISWA KELAS VI SDN PALEBON 01 KECAMATAN PEDURUNGAN. Dwijaloka, 2(1), 32-39.

Muti, I. (2021). IMPROVING STUDENT LEARNING OUTCOMES IN PKN SUBJECTS THROUGH ROLE PLAYING METHOD. IJIERT , 8(6), 484-488. doi:https://doi.org/10.17605/OSF.IO/26983

R Ove Moser, M. Skarbø, and K. Skovholt. (2023). The effectivenes of the Convesation Analitic Role-Play Method (CARM) on interactional awarness : A fasibility randomize controled trial with.student teachers,. Elsevier, 129, 104136. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104136

Sugiyono. (2017:85). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

T Sunaryati, Muhamad Sudharsono, Nur Olief Priandin.. (2022). MENINGKATKAN KARAKTERISTIK SISWA MELALUI METODE ROLE PLAYDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN. DIKODA, 3(1), 32-39.

T Sunaryati, Muhamad Sudharsono, yayan. (2023). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Janacitta, 6(2), 85-93. Retrieved from https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i2.2575

Y. Maulidiyah, Mubarok, and E. Rahmawat (2022). Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Subtema Pekerjaan di Sekitarku Siswa Kelas IV SD. JIME, 8(1), 606-615. Retrieved from http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i1.2754

Downloads

Published

2024-05-02

How to Cite

Sudharsono, M., & Sabillah, Z. A. (2024). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Hasil Belajar PKn Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Bekasi. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(02), 25-33. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v4i02.3922