Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Guru
DOI:
https://doi.org/10.37366/jpgsd.v4i02.3937Keywords:
Budaya organisasi, Gaya kepemimpinan, Motivasi.Abstract
Untuk mencapai tingkat kinerja yang tinggi, sangat bergantung pada berbagai faktor yang mempengaruhi. Setidaknya ada enam faktor eksternal yang menentukan tingkat kinerja seseorang pegawai yaitu: (a) lingkungan, (b) perilaku manajemen, (c) design jabatan, (d) jenjang pendidikan, (e) pelatihan, (f) motivasi dan (g) administrasi pengupahan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap motivasi guru dan karyawan. Dengan jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 150 orang Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Fokus penelitian ini untuk mengukur antar variabel. Prosedur penelitian ini menekankan pada teori-teori yang melalui pengukuran variabel. Dengan menggunakan path analysis yang termasuk dalam model multivariate dengan program Amos versi 5.0. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode random, dimana sampel yang diambil adalah 60 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan survey yang meneliti dengan mengambil sampel dari suatu populasi dengan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh terhadap Motivasi Kerja Guru dan karyawan, dan budaya organisasi berpengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja organisasi dan motivasi guru.
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Carudin. (2011). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Sekolah Pasca Sarjana UPI.
Colquitt, J. A., Lapine, J. A., & Wesson, M. J, (2009). Organizational Behavior: Improving Performance and Commitment in the Workplace, New York: McGraw-Hill-Irwin.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional. Depdiknas RI: Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Depdiknas RI: Jakarta.
Djohar, A. (2007). Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Pedagogiana Press.
Djumadi. (2005). Perjanjian Kerja. Radjawali Pers. Jakarta.
Febrianto, L. S., Dwidayati, N. K., Hendikawati, P. (2018). Perbandingan Metode Robust Least Median of Square (LMS) dan Penduga S Untuk Menangani Outlier Pada Regresi Linier Berganda. UNNES Journal of Mathematics 7(1) : 83-95.
Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Gibson, J. L. (2000). Organisasi, Perilaku, Struktur dan Proses, Edisi ke-5. Cetakan ke-3. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan. 17(2), 274-285.
Hamzah B. U. (2013). Teori Motivasi& Pengukurannya. Jakarta: PTBumi Aksara.
Usman, H dan Setiady, P. (2006) Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Indarwati, Yulianti. (2006). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Matematika Dalam Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) pada Sekolah Menengah Atas Kota Palembang. Jurnal Manajemen & Bisnis Sriwijaya. 4(7).
Koesmono, H. T. (2005). Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja serta kinerja Karyawan pada Sub Sektor Industri Pengolahan Kayu Ekspor di Jawa Timur, Pustaka Universitas Airlangga, Surabaya.
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan implentasi pemikiran kurikulum. rosdakarya bandung.
Syaukani, H. R. (2002). Otonomi Daerah dalam Negara Kesatuan, Pustaka Pelajar, Yogjakarta.
Soejono. (2005). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan pada Terminal Penumpang Umum si Surabaya, Jurnal Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi-Universitas Petra Surabaya, Journalis Online.
Sudarsana,K. (2017). Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa melalui Pendidikan Anak Usia Dini. Purwadita. 1(1)
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutikno, T. A. (2009). Indikator Produktivitas Kerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Teknologi Dan Kejuruan, 32(1), 107118.
Yogaswara, R. (2010). Diktat Kuliah Analisis Kelayakan. Bandung: Jurusan Teknik Industri. Fakultas Rekayasa Industri. IT Telkom.
Widodo, P. P, dkk, (2011). Pemodelan Sistem Berorientasi Obyek Dengan UML. Graha ilmu. Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Misbah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.