Supervisi Pendidikan Islam: Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern
DOI:
https://doi.org/10.37366/jpgsd.v4i02.3979Keywords:
Role of Supervision, Islamic Education in Modern Era, Supervision Strategies in Islamic EducationAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi peran supervisi dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam dalam konteks tantangan dan peluang modern. Pendidikan Islam memiliki peran penting dalam membentuk nilai-nilai moral, etika, dan pengetahuan akademik di masyarakat Muslim. Di era modern yang terus berubah, relevansi dan efektivitas pendidikan Islam menjadi semakin penting. Studi ini menekankan signifikansi praktik supervisi yang mendorong peningkatan berkelanjutan dalam pendidikan Islam. Kesimpulannya, supervisi pendidikan Islam merupakan faktor penting dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di era modern dan perlu dilakukan dengan strategies yang efektif. Oleh karena itu, para pengawas pendidikan Islam disarankan untuk memperhatikan strategi dan pendekatan yang sesuai dalam melakukan supervisi pendidikan Islam agar dapat mencapai tujuan dan sasarannya serta memberikan hasil yang optimal untuk pendidikan Islam di masa depan.
References
Ahmadi, A. 2020. “Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Melalui Supervisi Akademik.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 9(2): 145–62.
Ahmed, M. E. 2016. “The Role of Supervision in Improving the Quality of Islamic Education: A Review of Literature.” World Journal of Islamic History and Civilization 6(3): 44–48.
Albar, N., Yunus, M., and Jamin, A. 2018. “The Effectiveness of Islamic Education Supervision in Improving Quality of Learning in Private Schools.” International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences 8(3): 651–63.
Fàbregues, S., Molina-Azorin, J. F., and Fetters, M. D. 2021. “Virtual Special Issue on “Quality in Mixed Methods Research.” Journal of Mixed Methods Research 15(2): 146–51.
Fadli, Hidayat, and Wahyuddin. 2020. “The Role of Supervision and Teacher Competence towards the Quality of Islamic Education in Indonesia.” International Journal of Advanced Science and Technology 29((05spl)): 4310–18.
Farzan, A. T., Asli, S. M. J., and Zainuddin, Z. 2018. “The Role of Supervision in Improving the Quality of Islamic Education in Malaysia.” . International Journal of Education and Literacy Studies 6(3): 15–23.
Harrison, R. L., Reilly, T. M., and Creswell, J. W. 2020. “Methodological Rigor in Mixed Methods: An Application in Management Studies.” Journal of Mixed Methods Research 14(4): 473–95.
Hasanah, F. 2017. “Supervisi Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Al-Mashlahah 15(1): 24–36.
Hidayat, M. A. 2019. “Implementasi Supervisi Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Guru Dan Pembelajaran Di Sekolah.” Jurnal Ilmiah Al-Mudarrisuna 9(1): 67–80.
Lubis, M. A. 2018. “Konsep Supervisi Pendidikan Islam Dan Implementasinya Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Islam 5(1): 12–24.
Makkunra, I. 2016. “Supervisi Pendidikan Islam Dan Implementasinya Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 49(1): 10–24.
McKim, C. A. 2017. “The Value of Mixed Methods Research: A Mixed Methods Study.” Journal of Mixed Methods Research 11(2): 202–22.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sarwo Edy, Titin Sunaryati, Sumarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.