ETNOMATEMATIKA: STRATEGI MELAHIRKAN GENERASI LITERAT MATEMATIKA MELALUI BUDAYA LOKAL YOGYAKARTA

Authors

  • Izzah Muyassaroh Universitas Pelita Bangsa
  • Titin Sunaryati Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Etnomatematika; matematika sekolah dasar;budaya lokal Yogyakarta

Abstract

Dinamika perubahan zaman menuntut pendidikan untuk melahirkan generasi-generasi literat yang berdaya saing global dengan tetap berpijak pada nilai budaya lokal di daerahnya. Namun dalam pelaksanaannya, dunia pendidikan khususnya sekolah dasar mengalami banyak tantangan terkait literasi matematika dan minat belajar siswa tetang kebudayaan yang ada di daerahnya. Pembelajaran matematika lebih sering dikaitkan langsung dengan simbol-simbol abstrak yang sulit untuk diterima pemikiran siswa usia sekolah dasar yang masih bersifat operasional konkret. Siswa sekolah dasar membutuhkan bantuan media-media konkret untuk mengkonseptualisasikan simbol-simbol matematis yang abstrak. Adapun tujuan penulisan artikel ini yaitu untuk menyajikan konsep matematika berdasarkan konteks budaya lokal atau bisa disebut dengan etnomatematika. Penelitian ini merupakan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etnomatematika dapat digali melalui beberapa kebudayaan lokal daerah yang terdapat di yogyakarta seperti makna angka jawa, candi prambanan, motif batik yogjarta, jajanan pasar, masjid mataram Kotagede dan sebagainya. Studi etnomatematika menghubungkan kebudayaan daerah dengan konsep matematika yang akan dipelajari, sebagai jembatan yang mengkontekstualisasikan matematika bagi siswa sekolah dasar.

References

Ajmain, Herna, & Masrura, S. I. (2020). Implementasi Pendekatan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. Suara Intelektual Gaya Matematika, 45-54. https://doi.org/10.26618/sigma.v12i1.3910
Antoro, M. (2016). Filosofi Hidup Dalam Angka Jawa. Retrieved from https://oediku.wordpress.com/2016/04/27/filosofi-hidup-dalam angka-jawa/
Aprilia, E.D., Trapsilasiwi, D. & Setiawan, T. B. (2019). Etnomatematika pada Permainan Tradisional Engklek Beserta Alatnya sebagai Bahan Ajar. Kadikma.85-94. DOI: https://doi.org/10.19184/kdma.v10i1.11735
Arisetyawan, et.al. (2014). Study of Ethnomathematics: A lesson from the Baduy Culture. International Journal of Education and Research.2(10),681-688.
Bakhrodin, Istiqomah, U., Abdullah, A.A. (2019). Identifikasi Etnomatematika Pada Masjid Mataram Kotagede Yogyakarta. Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, http://dx.doi.org/10.25139/smj.v7i2.1921
Barta, J. & Shockey, T. (2006). The mathematical ways of an aboriginal people: The Northern Ute. Journal of Mathematics and Culture 1(1), 79-89.
Bazinet, R & Marshall, A.M. (2015). Ethnomusicology, Ethnomathematics, and Integrating Curriculum. National Association for Music Education, 5-11. DOI: 10.1177/1048371315573566
Bishop, J.A. (1994b). Cultural Conflicts in the Mathematics Education of IndigenousPeople. Clyton, Viktoria: Monash University.
Budiarto, Mega Teguh. (2016). Peran Matematika dan Pembelajarannya Dalam Mengembangkan Kearifan Budaya Lokal Mendukung Pendidikan Karakter Bangsa. Paper presented at the Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Madura. https://docplayer.info/51301807-Prosiding-seminar-nasional-pendidikan-matematika-2016-prodi-pendidikan-matematika-fkip-universitas-madura.html
D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the learning of mathematics, 5(1),44-48.
D’Ambrosio, U. (1994). ‘Cultural framing of mathematics teaching and learning’, in R. Biehler, R.W. Scholz, R.Strȁβer and B. Winklelmann (eds.). Didactics of Mathematics as a Scientific Disipline. Kluwer Academic Publisher s. Dordrecht. Pp. 443-455
Ernest, P. (2015). The Social Outcomes of Learning Mathematics: Standard, Unintended or Visionary?. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology. 3(3), 187-192.
Febriyanti, C., Prasetya, R., Irawan, A. (2018). Etnomatematika pada Permainan Tradisional Engklek dan Gasing Khas Kebudayaan Sunda. Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan. DOI: 10.30598/vol12iss1pp1-6ar358
Fitroh, Wahyu dan Hikmawati, Nurul. (2015). Identifikasi Pembelajaran Matematika Dalam Tradisi Melemang di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Paper presented at the Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan UMS 2015. http://hdl.handle.net/11617/5969
Freudenthal, H. (1973). Mathematics as an Educational Task. Dordrecht, Netherlands: Reidel.
Gerdes, P. (1996). Ethnomathematics and mathematics education. In International Handbook of Mathematics Education. A. Bishop, ed., Dordrecht: Kluwer, 909-944
Hergenhahn, B.R & Olson, H. (2012). Theories of Learning 7th edition. Boston: Pearson
Huda, N., T.(2018). Etnomatematika Pada Bentuk Jajanan Pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 217-232. DOI: 10.33603/jnpm.v2i2.870
Hudojo. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang
IEA. (2015). Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) 2015 retrieved from http://timss2015.org/download-center/
Koentjaraningrat. (1985). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Aksara Baru
Marsigit, et al.,(2018). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Paper presented at the Seminar Nasional Etnomatnesia. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2291
Matang, Rex. (2002). The Role of Ethnomathematics in Mathematics Education in Papua New Guinea: Implication for mathematics curriculum. Journal of Educational Studies, 24 (1), 27-37.
Matsumoto, D. (1996). Culture and Psychology. Pacific Grove, CA: Brooks/Cole.
Muhtadi, D., Sukirwan, Warsito, & Prahmana, RCI. (2017). Sundanese Ethnomathematics: Mathematical Activities in Estimating, Measuring, and Making Patterns. Journal on Mathematics Education, 185-198. DOI:Â http://dx.doi.org/10.22342/jme.8.2.4055.185-198
Osada, S.S. (2018). Etnomatematika dalam Titi Laras dan Irama Pada Karawitan Jawa. Paper presented at the Seminar Nasional Etnomatnesia. https://docplayer.info/113322887-Etnomatematika-dalam-titi-laras-dan-irama-pada-karawitan-jawa.html
Palhares, P. (2012). Mathematics Education and Ethnomathematics. A Connection in Need of Reinforcement. Journal of Research in Mathematics Education, 79-92. DOI: http://dx.doi.org/10.4471/redimat.2012.04
Pardimin. (2018). Etnomatematika dalam Budaya Masyarakat Yogyakarta. Paper presented at the Seminar Nasional Etnomatnesia. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2293.
Partokusumo, K.K. (1995). Kebudayaan Jawa, Perpaduannya dengan Islam. Yogyakarta: Ikatan Penerbit Indonesia.
Prabowo, A. (2015). Eksistensi Matematika Jawa Sejak Mataram Kuno Hingga NKRI: Local Genious yang Terlupakan.. Retrieved from: https://www.researchgate.net/publication/281106289_Eksistensi_Matematika_Jawa_Sejak_Mataram_Kuno_Hingga_NKRI_Local_Genious_yang_Terlupakan.
Pratiwi, J.W. & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 1-12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405/5731
Rosa, M. & Orey, D.C. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatematica, 4(2), 32-54
Schunk, D.H. (2012). Learning Theories: An Educational Perspective Sixth Education. Boston: Allyn & Bacon.
Ulum, B., Budiarto, M.T., & Ekawati, R. (2018). Etnomatematika Pasuruan: Eksplorasi Geometri untuk Sekolah Dasar pada Motif Batik Pasedahan Suropati. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 1-11. DOI: http://dx.doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p686-696
Zaenuri, Z., & Dwidayanti, N. (2018). Menggali Etnomatematika: Matematika sebagai Produk Budaya. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 471-476. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20136
Zhoga, E.F. E. (2019). Gamelan Jawa: Sebuah Alternatif Media Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya. Paper presented at the Semdikjar, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/79
Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Madura. SIGMA, 35-40. DOI: http://dx.doi.org/10.0324/sigma.v2i2.124

Published

2021-04-30

How to Cite

Muyassaroh, I., & Sunaryati, T. (2021). ETNOMATEMATIKA: STRATEGI MELAHIRKAN GENERASI LITERAT MATEMATIKA MELALUI BUDAYA LOKAL YOGYAKARTA. DIKODA: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR, 2(01), 1-12. Retrieved from https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPGSD/article/view/810