URGENSI PENGGUNAAN DIGITAL LITERASI DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN DIMASA PANDEMI: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Authors

  • Fitriyani Fitriyani Universitas Pelita Bangsa
  • Septian Mukhlis Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Digital Literasi, Media tekhnologi, Pandemi covid19

Abstract

Pelaksanaan pendidikan pada era pandemic covid 19 mewajibkan semua pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran dituntut untuk bisa terampil dalam penggunaan  fasilitas dan berbagai platform yang dapat memudahkan seluruh kegiatan pembelajaran, untuk itu urgensi dalam penggunaan digital literasi pada masa pendidikan dimasa pandemic ini sangatlah menjadi prioritas utama. Tujuan dari adanya penguasaan dalam penggunaan digital literasi diharapkan baik tenaga pendidik maupun siswa atau pun peserta didik mampu berpartisipasi aktif dan terlibat dalam memberikan suatu perubahan yang peka akan tekhnologi yang sedang berkembang saat ini. Metode yang digunakan adalah dengan Systematic literature Review agar mampu untuk mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi, dan menafsirkan semua penelitian yang tersedia dengan bidang topik fenomena yang menarik, dengan pertanyaan penelitian tertentu yang relevan.

References

Biru, R. C. B., Saepudin, A., & Sardin, S. (n.d.). Analisis Literasi Digital Terhadap Pembelajaran Mandiri Di Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Adult and Community Education, 61–69. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJACE/article/view/30882/13678
Bullock, S. M. (2013). Using digital technologies to support self-directed learning for preservice teacher education. Curriculum Journal, 103–120. https://doi.org/10.1080/09585176.2012.744695
Curran, V., Gustafson, D. L., Simmons, K., Lannon, H., Wang, C., Garmsiri, M., Fleet, L., & Wetsch, L. (2019). Adult learners’ perceptions of self-directed learning and digital technology usage in continuing professional education: An update for the digital age. Journal of Adult and Continuing Education, 74–93. https://doi.org/10.1177%2F1477971419827318
Deperiky, D., & Santosa, R. A. H. (2019). Sinergi Supply Chain Yang Efektif: Literature Review Agroindustri Bawang Merah di Sumatera Barat. Journal of Agroindustrial Technology, 29(2). DOI: 10.24961/j.tek.ind.pert.2019.29.2.124
Falloon, G. (2020). From digital literacy to digital competence: the teacher digital competency (TDC) framework. Educational Technology Research and Development, 68(5), 2449–2472. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Falloon%2C+G.+%282020%29.+From+digital+literacy+to+digital+competence%3A+the+teacher+digital+competency+%28TDC%29+framework.+Educational+Technology+Research+and+Development%2C+68%285%29%2C+2449%E2%80%932472.&btnG=
Farida, U., & Adhi, N. (2020). Keefektifan Literasi Digital UPT Perpustakaan Universitas Semarang di Masa Pandemi. Information Science and Library, 32–37. DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jisl.v1i2.2833
Ferrari, A. (2013). DIGCOMP: A framework for developing and understanding digital competence in Europe. Publications Office of the European Union Luxembourg. doi:10.2788/52966
Indriyana, H. (2016). Mendorong Terciptanya Pembelajar Mandiri. Seminar Nasional Budaya Literasi Untuk Menumbuhkan Generasi Cendekia Dan Literat. Yogyakarta: Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Indriyana%2C+H.+%282016%29.+Mendorong+Terciptanya+Pembelajar+Mandiri.+Seminar+Nasional+Budaya+Literasi+Untuk+Menumbuhkan+Generasi+Cendekia+Dan+Literat.+Yogyakarta%3A+Fakultas+Bahasa+Dan+Seni+Universitas+Negeri+Yogyakarta.&btnG=
Meyers, E. M., Erickson, I., & Small, R. V. (2013). Digital literacy and informal learning environments: an introduction. Learning, Media and Technology, 355–367. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/17439884.2013.783597
Mohammadyari, S., & Singh, H. (2015). Understanding the effect of e-learning on individual performance: The role of digital literacy. Computers & Education,11–25. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.10.025
Payton, S., & Hague, C. (2010). Digital Literacy professional development resource. Bristol: Futurelab. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Payton%2C+S.%2C+%26+Hague%2C+C.+%282010%29.+Digital+Literacy+professional+development+resource.+Bristol%3A+Futurelab.&btnG=
Sari, W. K., & Nada, E. I. (2020). ANALISIS LITERASI DIGITAL CALON GURU KIMIA DALAM PELAKSANAAN PPL BERBASIS VIRTUAL DI MASA PANDEMI COVID-19. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 111–121. DOI: https://doi.org/10.19109/ojpk.v4i2.6704
Shopova, T. (2014). Digital literacy of students and its improvement at the university. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 26–32. https://doi.org/10.7160/eriesj.2014.070201
Sumiati, E., & Wijonarko, W. (2020). Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat Dan Sektor Pendidikan Pada Saat Pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan, 65–80. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/17799
Sutrisna, I. P. G. (2020). Gerakan literasi digital pada masa pandemi covid-19. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 269–283. https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/stilistika/article/view/773
Tichavsky, L. P., Hunt, A. N., Driscoll, A., & Jicha, K. (2015). “ It’s Just Nice Having a Real Teacher”: Student Perceptions of Online versus Face-to-Face Instruction. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 9(2), n2. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1134532.pdf
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 63–77. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Triandini%2C+E.%2C+Jayanatha%2C+S.%2C+Indrawan%2C+A.%2C+Putra%2C+G.+W.%2C+%26+Iswara%2C+B.+%282019%29.+Metode+Systematic+Literature+Review+untuk+Identifikasi+Platform+dan+Metode+Pengembangan+Sistem+Informasi+di+Indonesia&btnG=

Published

2021-04-30

How to Cite

Fitriyani, F., & Mukhlis, S. (2021). URGENSI PENGGUNAAN DIGITAL LITERASI DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN DIMASA PANDEMI: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. DIKODA: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR, 2(01), 13-20. Retrieved from https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPGSD/article/view/812