Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Teknik Pengembangan Kerangka Berpikir (Outline) Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Septian Mukhlis Universitas Pelita Bangsa
  • Awalina Barokah Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpgsd.v2i01.813

Keywords:

kemampuan menulis, karangan deskripsi, teknik pengembangan kerangka karangan

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan deskripsi siswa. Siswa merasa kesulitan dalam menulis karangan, hal tersebut dapat terlihat dari ide gagasan, keruntutan kata, dan penulisan ejaan. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan tes dengan Subjek penelitian siswa kelas IV SDIT Nurul A’Raaf. Berdasarkan paparan data yang telah dilakukan terbukti bahwa teknik pengembangan kerangka karangan (outline) dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Author Biographies

Septian Mukhlis, Universitas Pelita Bangsa

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Awalina Barokah, Universitas Pelita Bangsa

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Akhdiah,S. dkk. (1993). Bahasa Indonesia 3 Jakarta: Depdikbud.
Depdiknas. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2003). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Haryadi-Zamzani. (1997). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Hidayat, K. dkk. (1994). Evaluasi Pendidikan dan Penerapannya Dalam Pengajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Alfabeta.
Keraf, Gorys. (1994). Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Jakarta: Nusa Indah.
Moleong, (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muchlisoh. (1992). Pendidikan Bahasa Indonesia 3. Jakarta: Depdikbud.
Rofi’uddin, A – Zuhdi, D. (1999). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Depdikbud.
Sanita, Sri. (2020). Peningkatan Kemampuan Karangan Deskripsi Denan Metode Pembelajaran Field Trip. Journal On Teacher Education. Vol 2 (1).240-246.
Suyuti,dkk. (2016). Penerapan Media Gambar alam Upaya Pningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi. e-Jurnal Bahasantodea. Vol 4 (2). 116-122.
Supriyadi, dkk. (1992). Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta Depdikbud.
Suriamiharja, dkk. (1997). Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Depdikbud.
Tarigan. (1996). Pendidikan Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tarigan. (1997). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Depdikbud.
Tarigan, D-Tarigan,H.G (1987). Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wiriaatmadja, Rochiati. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: UPI dan Rosdakarya.
Zuhdi, D. (1997). Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Depdikbud.

Published

2021-04-30

How to Cite

Mukhlis, S., & Barokah, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Teknik Pengembangan Kerangka Berpikir (Outline) Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(01), 21-28. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v2i01.813