Perwujudan Nilai Pancasila Dalam Membentuk Moral Anak Di Era Digital: Study Literature
DOI:
https://doi.org/10.37366/jpgsd.v2i02.901Keywords:
Pancasila, Moral, Digital EraAbstract
Perilaku dan Moral anak di era digital saat ini sangat berpengaruh besar dalam kehidupan. Dalam hal ini pentingnya pendidikan pengamalan nilai-nilai pancasila sebagai wujud kendali dalam mewujudkan kehidupan yang dapat mencerminkan perilaku serta moral yang baik dan bertanggung jawab. Pada era digital saat ini telah mengubah pola kehidupan dalam berbagai aspek dalam kehidupan, yang seringkali bergeser dari norma kehidupan yang ada, khususnya pada penanaman nilai sikap perilaku dan moral dalam kehidupan bermasyarakat. Tujuan dari penulisan artikel ini untuk membahas tentang nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila untuk dapat membentuk perilaku dan moral anak pada era digital saat ini. Metode yang digunakan dengan menggunakan studi literature dengan menelaah berbagai jurnal dan buku yang berkaitan dengan pendidikan kewarganegaraan sebagai sumber referensi. Hasil pembahasan bahwa implementasi perwujudan nilai pancasila dapat berpengaruh dalam pembentukan sikap, perilaku serta moral anak, hal tersebut bergantung pada cara penggunaan dan manfaat didalam penggunaannya, untuk itu diperlukan bimbingan serta pengawasan dalam penggunaan media digital.
The behavior and morals of children in today's digital era are very influential in life. In this case the importance of education in the practice of Pancasila values ​​as control in realizing a life that is able to reflect good and responsible behavior and morals. In the current digital era, the pattern of life has changed in various aspects, which are often shifting from existing norms, especially in instilling the values ​​of behavioral and moral attitudes in social life. The purpose of this paper is to discuss the values ​​contained in Pancasila in shaping children's behavior and morals in the current digital era. The method used is by using literature studies by examining various journals and books related to civic education as a reference source. The results of the discussion show that the implementation of the Pancasila value embodiment can affect the formation of children's attitudes, behavior and morals, this depends on how to use it and the benefits of using it, for that we need guidance and supervision in the use of digital media.
References
Adi, P. (2016). Pembudayaan nilai-nilai Pancasila bagi masyarakat sebagai modal dasar pertahanan nasional NKRI. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 37–50. DOI: https://doi.org/10.21067/jmk.v1i1.1185
Andriyani, I. N. (2018). Pendidikan Anak dalam Keluarga di Era Digital. Fikrotuna, 789–802. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3184
Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 440–450. DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1077
Asmaroini, A. P. (2017). Menjaga eksistensi Pancasila dan penerapannya bagi masyarakat di era globalisasi. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 50–64. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Asmaroini%2C+A.+P.+%282017%29.+Menjaga+eksistensi+Pancasila+dan+penerapannya+bagi+masyarakat+di+era+globalisasi.+JPK%3A+Jurnal+Pancasila+Dan+Kewarganegaraan%2C+1%282%29%2C+50%E2%80%9364.&btnG=
Baharun, H., & Finori, F. D. (2019). Smart Techno Parenting: Alternatif Pendidikan Anak Pada Era Teknologi Digital. Jurnal Tatsqif, 17(1), 52–69. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.625
Dewantara, J. A., Suhendar, I. F., Rosyid, R., & Atmaja, T. S. (2019). Pancasila as Ideology and Characteristics Civic Education in Indonesia. International Journal for Educational and Vocational Studies, 400–405. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i5.1617
Eddy, I. W. T. (2018). Aktualisasi Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 116–123. DOI: https://doi.org/10.32795/ds.v1i18.108
ETIKA, M. K. (n.d.). TAHAP PERKEMBANGAN KESADARAN MORAL MENURUT LAWRENCE KOHLBERG. https://www.researchgate.net/profile/Aditya-Rahmansyah/publication/339078344_TAHAP_PERKEMBANGAN_KESADARAN_MORAL_MENURUT_LAWRENCE_KOHLBERG/links/5e3c48e392851c7f7f231c43/TAHAP-PERKEMBANGAN-KESADARAN-MORAL-MENURUT-LAWRENCE-KOHLBERG.pdf
Gunawan, D., Utanto, Y., & Maretta, Y. A. (2017). An analysis on indonesian teachers’ reasoning in resolving moral dilemmas. Man In India, 97(2), 829–841. https://www.researchgate.net/profile/Yoris-Maretta/publication/315784343_An_Analysis_on_Indonesian_Teachers%27_Reasoning_in_Resolving_Moral_Dilemmas/links/58e49af8a6fdccc85bdf3ed5/An-Analysis-on-Indonesian-Teachers-Reasoning-in-Resolving-Moral-Dilemmas.pdf
Hayati, L. (2018). Konsep Diri Anak-anak Pengguna Aktif Media Sosial. Society, 58–64. https://doi.org/10.33019/society.v6i2.65
Hoffmann, J. P. (2015). Religion: Morality and Social Control (J. D. B. T.-I. E. of the S. & B. S. (Second E. Wright (ed.); pp. 333–337). Elsevier. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.84036-2
Hurwitz, L. B., & Schmitt, K. L. (2020). Can children benefit from early internet exposure? Short- and long-term links between internet use, digital skill, and academic performance. Computers & Education, 146, 103750.
https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103750
Ibda, F. (2012). Pendidikan moral anak melalui pengajaran bidang studi PPKn dan pendidikan agama. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran,
12(2). DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jid.v12i2.457
Juneman, Meinarno, E. A., & Rahardjo, W. (2012). Symbolic Meaning of Money, Self-esteem, and Identification with Pancasila Values. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 106–115. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.099
Muslim, M. I., & Perdhana, M. S. (2017). Glass ceiling: sebuah studi literatur. Jurnal Bisnis Strategi, 28–38. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Muslim%2C+M.+I.%2C+%26+Perdhana%2C+M.+S.+%282017%29.+Glass+ceiling%3A+sebuah+studi+literatur.+Jurnal+Bisnis+Strategi%2C+26%281%29%2C+28%E2%80%9338.&btnG=
Rahmatullah, A. S. (2017). Pendidikan Keluarga Seimbang Yang Melekat Sebagai Basis. Cendekia, 211–224. http://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/cendekia/article/view/1144
Saiin, A. (2018). Reaktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Justitia et Pax, 33(2). https://doi.org/10.24002/jep.v33i2.1603
Sesmiarni, Z. (2019). The Effective Moral Education on Early Childhood As an Effort Against Immoral Culture. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 561. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.191
Sihotang, K. (2019). Etika Profesi Akuntansi: Teori dan Kasus. PT Kanisius. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=rRn7DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA5&dq=Sihotang,+K.+(2019).+Etika+Profesi+Akuntansi:+Teori+dan+Kasus.+PT+Kanisius.&ots=rTCvSZXSHU&sig=wyzupbvmmduMa3hVnI9Ijv1OVgE&redir_esc=y#v=onepage&q=Sihotang%2C%20K.%20(2019).%20Etika%20Profesi%20Akuntansi%3A%20Teori%20dan%20Kasus.%20PT%20Kanisius.&f=false
Suhartono, S., & Yulieta, N. R. (2019). Pendidikan Akhlak Anak Di Era Digital. AT-TUROTS: Jurnal Pendidikan Islam, 36–53. http://journal.stitmadani.ac.id/index.php/at-turots/issue/view/3
Vasile, C. (2012). Digital era psychology – studies on cognitive changes. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 732–736. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.01.218
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.