KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KECENDERUNGAN GAYA BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DI KABUPATEN SUMEDANG
DOI:
https://doi.org/10.37366/jpgsd.v2i02.903Keywords:
concept understanding ability, learning style, elementary school studentsAbstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh deskripsi tentang kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya belajar siswa sekolah dasar kelas IV di kabupaten Sumedang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah terdiri dari sembilan orang siswa sekolah dasar, yang terbagi dalam tiga kelompok kecenderungan gaya belajar yaitu gaya belajar visual, gaya belajar audiotori dan gaya belajar kinestetik yang masing-masing terdiri dari tiga orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan, pada penyelesaian yang berkaitan menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, subjek dengan gaya belajar visual mampu menganalisis soal dengan baik dan menjelaskan secara rinci. Pada penyelesaian yang berkaiatan dengan menerapkan algoritma pemecahan masalah, subjek dengan kecenderungan gaya belajar audiotori memiliki kemampuan perkalian yang baik, namun tidak menggunakan prosedur yang lengkap. Pada penyelesaian masalah yang berkaitan dengan menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi, subjek dengan gaya belajar kinestetik mampu membuat representasi dari soal agar terlihat konkret.
Kata kunci: kemampuan pemahaman konsep, gaya belajar, siswa sekolah dasar.
Abstract
The purpose of this study was to obtain a description of the ability to understand mathematical concepts in terms of learning styles of fourth grade elementary school students in Sumedang. This research is a qualitative research with a phenomenological approach. The subjects of this study consisted of nine elementary school students, who were divided into three groups of learning style tendencies, namely visual learning styles, auditory learning styles and kinesthetic learning styles, each consisting of three students. The result of the research shows that in the related solution restating the concepts that have been studied, subjects with visual learning styles are able to analyze questions well and explain in detail. In solutions related to applying problem-solving algorithms, subjects with a tendency to auditory learning styles have good multiplication abilities, but do not use complete procedures. In solving problems related to presenting concepts in various forms of representation, subjects with kinesthetic learning styles are able to make representations of questions to make them look concrete.
References
Ahmed, Ahmed Khaled. 2013. Teacher Centered Versus Learned Centered Teaching Style. The Journal of Global Business Management, 9(1): 22-34.
Apipah, S., Kartono, Dan Isnarto (2017) An Analysis Of Mathematical Connection Ability Based On Student Learning Style On Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) Learning Model With Self-Assessment. International Conference On Mathematics, Science And Education. Published Under Licence By IOP Publishing Ltd.
Creswell. J. W. (2007) Qualitative Inquiry & Research Design; Choosing among five approachs. 2nd edn. California: Sage.
Fatimah, Ai Tusi dan Prabawanto, Sufyani (2020) Mathematical Understanding And Reasoning Of Vocational School Students In Agriculture-Based Mathematical Tasks. Jurnal the Education of Gifted Young Scientists. Vol 8, No. 2. Pp 701-712
Gardenia, Nia (2016) Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Smk Melalui Pembelajaran Konstruktivisme Model Needham. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Vo. 6, No. 2.
Gilakjani, Abbas Pourhossein dan Ahmadi Seyedeh Masoumeh (2011) The Effect of Visual, Auditory, and Kinaesthetic Learning Styles on Language Teaching. International Conference on Social Science and Humanity. IACSIT Press, Singapore.
Hartanto, Irawan Tri., Sugiarti, Titik., dan Agustiningsih (2018) Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Persegi Persegi Panjang dan Segitiga Pada Siswa Kelas III SDN Kebonsari 04 Jember. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA.Vol 5, No. 1.
Kilpatrick J Swafford J And Findell B Eds. (2001) Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington DC: National Academy Press
Mahmudah, Irsyadatul., Surahmat., Hasana, Siti Nurul (2019) Pemahaman Konsep Matematika Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Matematika Knisley Pada Materi Segiempat Kelas VII Di Smp Islam 01 Kota Batu. Jurnal: Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 14, No. 2.
Masitoh, Itoh dan Prabawanto, Sufyani (2016) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Eksloratif. Jurnal EduHumaniora, Vol. 7, No. 2.
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Evaluation Standards for school Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Priyatna, Andri (2013) Pahami Gaya Belajar Anak (Memaksimalkan Potensi Anak dengan Modifikasi Gaya Belajar). Jakarta: PT Gramedia
Sirait, Erlando Doni (2017) Pengaruh Gaya Dan Kesiapan Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Formatif vol 7, no. 3
Teng Fatt, J. (2000). Understanding The Learning Styles Of Students: Implications For Educators. International Journal Of Sociology And Social Policy, 20(11/12), 31–45.
Pendidikan Dan Kebudayaan Kementerian. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013. Jakarta : Kemendikbud
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.