https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPGSD/issue/feed DIKODA: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR 2023-07-15T04:39:29+00:00 Titin Sunaryati pgsdupb@pelitabangsa.ac.id Open Journal Systems <p>DIKODA: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR adalah&nbsp;sebuah wadah untuk menyalurkan bakat menulis bagi para peneliti bidang pendidikan di tingkat Sekolah Dasar. Hasil karya ilmiah yang diterbitkan di&nbsp;DIKODA&nbsp;bertujuan untuk mengembangkan teori, konsep, perspektif, paradigma dan metodologi dalam kajian ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar.</p> <p>DIKODA dikelola oleh LPPM Universitas Pelita Bangsa bekerjasama dengan Program Studi PGSD Universitas Pelita Bangsa yang terbit 2 kali dalam setahun (Maret dan September). DIKODA menerima artikel naskah yang memenuhi ketentuan yang kemudian akan diproses lebih lanjut.</p> https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPGSD/article/view/2268 Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pasca Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Pada Siswa Sekolah Dasar Di Indramayu 2023-05-25T03:00:50+00:00 Fuji Haryati fujiharyati57@gmail.com Liyana Sunanto lyana.sunanto@gmail.com <p><em>This study aims to (1) analyze the Numerical Literacy skills of post- online learning elementary school students during the COVID-19 pandemic; (2) describes the obstacles and obstacles that occurred when implementing online learning during the COVID-19 pandemic. The research subjects were Grade III and V Elementary School Students at SDN 02 and 05 Eretan Kulon, Kandanghaur District, Indramayu Regency, Academic Year 2022-2023. The research method used is a quantitative descriptive approach with data collection techniques namely written test questions and interviewers.. The data analysis technique uses descriptive statistical tests to measure the Numerical Literacy ability of elementary school students.</em><em> The results showed that the Numerical Literacy ability of the upper grade students (grade V) of SDN 2 Eretan Kulon was that of the 43 students who took the numeracy literacy test, 5 students (11.63%) got an A score, 14 students (32) got a B grade. .56%), C grades were achieved by 14 students (32.56%), D grades were 10 students (23.25%). Of the 45 students who took the lower grade numeracy literacy test (class III), none got an A, 6 students (13.33%) got a B, 5 students (11.11%) got a C, and There are 34 students (75.56%) of D grades. And the Numerical Literacy ability of SDN 5 Eretan Kulon Upper class students (grade V) was of the 45 students who took the class V numeracy literacy test, not those who received grades A and B, Score C was achieved by 2 students (7.7%), Score D there are 24 students (92.3%). The population of 22 students who took the class III numeracy literacy test overall received a D score of 22 students (100%).</em></p> 2023-11-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 DIKODA: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPGSD/article/view/2262 Pengembangan Buku Cerita Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SDIT Nuurul A’raaf Tahun Ajaran 2022/2023 2023-05-25T02:56:29+00:00 Octaviani Octa voctavia98@gmail.com Titin Sunaryati titinsunaryati@pelitabangsa.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan terkait proses pengembangan buku cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas 1, mengetahui respon pendidik dan peserta didik, dan mengetahui tingkat efektivitas buku cerita bergambar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development atau penelitian pengembangan dengan menerapkan model pengembangan Borg dan Gall. Hasil dari penilaian validator ahli materi memperoleh presentase 97% dengan kriteria “Sangat Valid”, validator ahli media memperoleh presentase 96% dengan kriteria “Sangat Valid”, dan validator ahli bahasa memperoleh presentase 61% dengan kriteria “Valid”. Hasil penilaian respon pendidik memperoleh presentase 94% dengan kriteria “Sangat Baik” dan respon peserta didik memperoleh rata-rata presentase 92% dengan kriteria “Sangat Baik”. Tingkat efektivitas buku cerita bergambar memperoleh nilai rata-rata pretest 49 dan rata-rata posttest 69 dengan analisis nilai N-Gain menghasilkan skor 0,39 yang menunjukkan “terjadi peningkatan sedang”. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan buku cerita bergambar yang dikembangkan telah valid dan efektif untuk digunakan sebagai bahan bacaan yang mampu meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa.</p> 2023-11-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 DIKODA: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPGSD/article/view/2259 Penerapan Nilai Cinta Tanah Air Di SDN Sertajaya 05 Cikarang Timur Bekasi Tahun Ajaran 2022-2023 2023-05-25T03:10:11+00:00 Desinta Hardina Gita Pertiwi deshintahardina10@gmail.com Ira Restu Kurnia kurniairarestu@pelitabangsa.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru dalam menerapkan nilai cinta tanah air dan hambatan-hambatan yang dialami guru dalam menerapkan nilai cinta tanah air terutama pada kegiatan upacara bendera. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun data yang diperoleh dari data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data sumber primer melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder berasal dari wawancara, buku, literatur lainnya<br>sebagai pelengkap data primer. Dalam penelitian ini, menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai cinta tanah air melalui kegiatan upacara bendera di SDN Sertajaya 05 dengan menambahkan sikap kedisiplinan, sehingga peserta didik dapat memahami upacara bendera dengan baik. Dalam proses pelaksanaan upacara bendera berjalan dengan baik. Akan tetapi terdapat hambatan dalam persiapan dan pelaksanaanya upacara bendera yaitu dari peserta didik maupun kesibukan guru tidak bisa melatih peserta didik yang akan bertugas sebagai petugas upacara</p> 2023-11-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 DIKODA: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPGSD/article/view/2426 Penerapan Metode Syllabic Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Cerita Siswa Kelas 2 SDN 25 Mandau 2023-07-15T04:39:29+00:00 Andika Saputra andhikasaputra1997@gmail.com <p><em>In learning Indonesian, it prioritizes the development of abilities and information processing. The purpose of this research is to improve and increase the learning outcomes of reading stories in Indonesian subjects using the syllabic method and using word cards as the medium. This research is a Classroom Action Research (PTK). This research involved 20 students in class 2 of SDN 25 Mandau Duri. The results of this study revealed that students experienced an increase in learning outcomes in cycle I with an average of 76.45 (55% completeness). While in cycle II it has an average of 98.35 (85% completeness). It can be concluded that this syllabic method helps learning to be better, especially when assisted with word cards will be better because the success rate of increasing student learning outcomes in the material of reading Indonesian language storybooks is getting better and better.</em></p> 2023-11-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 DIKODA: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPGSD/article/view/2280 Pengaruh Penggunaan Articulate Storyline 3 Dalam Membangun Kemandirian Belajar Siswa SD 2023-05-25T03:04:15+00:00 Rahmmat Romadon romadonrahmat@gmail.com Septian Mukhlis septianmukhlis@pelitabangsa.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah desain Articulate Storyline 3 yang cocok diterapkan di kelas IV SDN Sukaresmi 06.. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Articulate Storyline 3 dalam membangun kemandirian siswa kelas IV SDN Sukaresmi 06. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Dengan pemilihan sampel penelitian cluster random sampling. Populasi penelitian ini kelas IVC SDN Sukaresmi 06 sebagai sampel atau kelas eksperimen. Perhitungan data menggunakan analisis statistik inferensial dengan bantuan IBM SPSS 26. Berdasarkan hasil peneltiian diperoleh bahwa kelas eksperimen sebelum menggunakan media Articulate Storyline 3 berubah setelah menggunakan media Articulate Storyline 3. Dengan nilai rata-rata pretest 56,23 dan posttest 75,34. Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan media Articulate Storyline 3 dapat berpengaruh pada kemandirian belajar siswa.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong> : Media Pembelajaran Interaktif, Media Articulate Storyline 3, Kemandirian Belajar.</p> 2023-11-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 DIKODA: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR