Pengaruh Word of Mouth dan Brand Awareness terhadap Purchase Intention dan dampaknya pada Purchase Decision

Authors

  • Rita Rita Universitas Pelita Bangsa
  • Jessica Angela Universitas Bina Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpm.v1i01.1080

Keywords:

Word of Mouth, Brand Awareness, Purchase Intention, Purchase Decision

Abstract

Seiring dengan maraknya usaha kuliner yang ada di Indonesia, membuat para pebisnis ikut serta membuat bisnis di bidang kuliner. Hal tersebut karena usaha dibidang kuliner yang sangat menjanjikan. Salah satu bisnis kuliner yang ada di Jakarta adalah Shaokao Station yang mana menjual makanan jenis sate khas China. Setiap pelanggan dapat memilih jenis sate sesuai yang mereka sukai. Restoran Shaokao station sangat cocok untuk berkumpul bersama teman dan keluarga mereka menyediakan permainan seperti darts dan menyediakan shisha. Shakao Station memiliki cukup banyak member tetapi omset setiap bulannya tidaklah stabil. Diduga karena adanya Brand Awareness dan Word of Mouth yang rendah dan hal tersebut berpengaruh kepada Purchase Intention dan Purchase Decision. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Word of Mouth dan Brand Awareness terhadap Purchase Intention dan dampaknya pada Purchase Decision untuk konsumen Shaokao Station. Metode pengumpulan data menggunakan kusioner yang disebarkan pada 100 orang konsumen Shaokao Station. Dengan menggunakan analisis path, penelitian ini membuktikan bahwa Word of Mouth dan Brand Awareness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention dan memiliki dampak pada Purchase Decision.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriyati, R., & Indriani, F. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Citra Merek dan Minat Beli Pada Produk Kosmetik Wardah. Diponegoro Journal Of Management, 6(4), 908–921.
Ali, A., Xiaoling, G., Sherwani, M., & Ali, A. (2018). Antecedents of consumers’ Halal brand purchase intention: an integrated approach. Management Decision.
Bangsawan, S., Marquette, C. J., & Mahrinasari, M. S. (2017). Consumer restaurant experience, electronic word of mouth and purchase intention in the Indonesian restaurant industry. Journal for Global Business Advancement, 10(6), 613–630.
Durianto, D., & Sugiarto, T. S. (2001). Strategi menaklukkan pasar melalui riset ekuitas dan perilaku merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Huang, R., & Sarigöllü, E. (2014). How brand awareness relates to market outcome, brand equity, and the marketing mix. In Fashion branding and consumer behaviors (pp. 113–132). Springer.
Khairunnisa, A. H., Ningrum, J. W., Huda, N., & Rini, N. (2020). Pengaruh brand awareness dan kepercayaan terhadap keputusan menyalurkan zakat dan donasi melalui Tokopedia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 284–293.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. New Jersey: Person Prentice Hall. Inc.
Sari, F. P., & Yuniati, T. (2016). Pengaruh harga citra merek dan word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(6).
Syafaruddin, Z. (2016). Pengaruh komunikasi electronicword of mouth terhadap kepercayaan (trust) dan niat beli (purchase intention) serta dampaknya pada keputusan pembelian (Survey pada konsumen online shopping zafertech. com). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1).
Wang, X., & Yang, Z. (2010). The effect of brand credibility on consumers’ brand purchase intention in emerging economies: The moderating role of brand awareness and brand image. Journal of Global Marketing, 23(3), 177–188.
Yüksel, H. F. (2016). Factors affecting purchase intention in YouTube videos. The Journal of Knowledge Economy & Knowledge Management, 11(2), 33–47.

Downloads

Published

2022-07-20