Pengaruh Nilai Tukar Rupiah, Inflasi Dan Tingkat Suku Bunga Acuan Terhadap Harga Saham

Authors

  • Widiastuti Widiastuti Universitas Pelita Bangsa/Prodi Manajemen
  • Dwi Jayanti Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpm.v1i02.1619

Keywords:

Nilai Tukar, Inflasi, Suku Bunga Acuan, Harga Saham

Abstract

Pergerakan variabel ekonomi makro merupakan salah satu hal yang sering diperhatikan oleh seorang investor dalam melakukan aktivitas investasi di pasar modal. Sektor Telekomunikasi merupakan salah satu sektor yang banyak menarik minat para investor untuk menanamkan modalnya, karena sektor telekomunikasi merupakan salah satu bidang usaha yang menjanjikan untuk dapat berkembang dimasa yang akan datang seiring dengan semakin canggihnya teknologi. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh nilai tukar rupiah, inflasi dan suku bunga acuan terhadap harga saham pada perusahaan sektor telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2017 – 2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2017 – 2021 dengan pengambilan sampel dengan teknik Purposive Sampling, sebanyak 7 perusahaan merupakan sampel berdasarkan kriteria yang ditentukan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dan uji t dengan menggunakan aplikasi eViews 12 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel Nilai Tukar dan Suku Bunga Acuan (BI Rate) berpengaruh negatif signifikan, sedangkan Inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham pada perusahaan sektor Telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2021.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dwi Jayanti, Universitas Pelita Bangsa

 

 

References

Alang Sanggapaneredya, Dhiarswara dan Gustyana Tieka Trikartika. 2019. The Influence Of Inflation, Bi Rates, And Interest Rates on Stock Prices of The Coal Company In The 2013 – 2017 Period. e-Proceeding of Management Journal. Vol. 6 (3).

Astanto, Denny., dkk. 2020. Macroeconomic Impact On Share Prices: Evidence From Indonesia. Solid State Technology. Vol. 63 No. 6.

Atmadji, Eko. 2004. Analisis Impor Indonesia In Ekonomi Pembangunan.

Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah.

Bela, Kurnyanti., Edy Suryadi., and Heni Safitri. 2019. Pengaruh Tingkat Suku Bunga SBI, Nilai Tukar Rupiah Dan Inflasi Terhadap Harga Saham Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Produktivitas 6: 112.

Boediono. 2000. Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi No.5 Teori Ekonomi Moneter.

Yogyakarta: BPFE UGM.

Frida Purwaningtyas, Pane, Dewi Nurmasari, Miftah EL Fikri, and Husni Muharram Ritonga. 2018. Pengaruh Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Perusahaan (Study. Journal of Chemical Information and Modeling. Vol. 53.

Gunardi, Nugraha, Sugiyanti. 2020. Pengaruh Nilai Tukar Terhadap Harga Saham Sektor Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol. XI (2)

Handriadma, Hanu. 2018. Analisis Pengaruh Dividen, Profitabilitas, Inflasi dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Return Saham pada Perusahaan Telekomunikasi di Indonesia yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. Disertasi tidak diterbitkan. Yogyakarta : Program Magister Manajemen Universitas Islam Indonesia.

Jefry dan Abid Djazuli. 2020. The Effect Of Inflation, Interest Rates And Exchange Rates On Stock Prices Of Manufacturing Companies In Basic And Chemical Industrial Sectors On The Indonesia Stock Exchange

(IDX). International Journal of Business, Management & Economics Research. Vol. 1 (1).

Jogiyanto, Hartono. 2017. Teori Portofolio Dan Analisis Investasi (Edisi Kesebelas). Yogyakarta: BPFE. Edisi Kelima. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kartikaningsih, Dewi dan Nugraha. 2020. Pengaruh Nilai Tukar Terhadap Harga Saham Perusahaan Sektor Food And Beverage Di Masa Pandemi Covid-

Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 14 (2).

Khalwaty. 2010. Pengaruh Tingkat Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia Dan Nilai Tukar Terhadap Inflasi Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi 2 (4).

Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset untuk Bisnis dan Manajemen. Edisi 4.

Jakarta: Erlangga.

Luthfiana, Hilmia. 2018. Pengauh Nilai Tukar, Tingkat Suku Bunga Dan Inflasi Terhadap Indeks Harga Saham Sektor Properti Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951– 952., 5–24.

Mardiyati, Umi dan Ayi Rosalina. 2013. Analisis Pengaruh Nilai Tukar, Tingkat Suku Bunga Dan Inflasi Terhadap Indeks Harga Saham Studi Kasus Pada Perusahaan Properti yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). Vol. 4 (1)

Maronrong, Ridwan dan Kholik Nugroho. 2017. Pengaruh Inflasi, Suku Bunga Dan Nilai Tukar Terhadap Harga Saham Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Otomotif Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012 – 2017. Jurnal STEI Ekonomi. Vol. 26 (02).

Musdalifah, Aziz. 2015. Manajemen Investasi Fundamental Teknikal Dan Return Saham, 81.

Nur Indah, Ayu, Muhammad Laras Widyanto dan Helsinawati. 2019. Influence of Inflation, Interest Rate And Rupiah Exchange Rate on Food And Drink Company Stock Prices in Indonesia Stock Exchange (BEI) Period of 2013

– 2017. Journal of Economics, Business and Management. Vol. 2 (8).

Octaviani, Santi, And Dahlia Komalasarai. 2017. Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Dan Solvabilitas Terhadap Harga Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Akuntansi 3 (2): 77–89.

Octovian, Reza dan Dijan Mardiati. 2021. Pengaruh Suku Bunga, Inflasi Dan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Harga Saham Di Sektor Telekomunikasi Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2020. Jurnal Neraca Peradaban 1 (1)

Putong, Iskandar. 2013. Economics: Pengantar Mikro Dan Makro. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Putri, Dhea Santika, and Jojok Dwiridotjahjono. 2021. Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar Rupiah, Dan Suku Bungabank Indonesia Terhadap Harga Saham Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (Bumn) Yang Terdaftardi Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. Jurnal Revolusi Indonesia 2 (1): 21– 30.

Putri, Linzzy Pratami. 2003. Pengaruh Inflasi Dan Nilai Tukar Rupiah Atas Dollar AS Terhadap Kinerja Saham Perusahaan Property Dan Real Estate Di Indonesia. Jurnal Ekonomi, 3.

Rumengan, Andre Wellan, dkk. 2015. Tingkat Inflasi, Suku Bunga, Earning Pershare, Dan Devidend Payout Ratio Pengaruhnya Terhadap Harga Saham Perusahaan Telekomunikasi Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA. Vol. 3 (3)

Salvatore, Dominick. 2008. Theory and Problem of Micro Economic Theory. Edited by Alih Bahasa oleh Rudi Sitompul. 3rd Editio. Jakarta: Erlangga.

Santika Putri, Dhea dan Jojok Dwiridotjahjono. 2021. Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar Rupiah, Dan Suku Bunga Bank Indonesia Terhadap Harga Saham Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. Jurnal Revolusi Indonesia. Vol. 1 (4).

Sapto, Raharjo. 2006. “Kiat Membangun Aset Kekayaan,” 142.

Suharyanto dan Achmad Zaki. 2021. The Effect Of Inflation, Interest Rate, And Exchange Rate On Stock Returns In Food & Beverages Companies. Journal of Applied Management (JAM). Vol. 19 (3).

Sukirno, Sadono. 2006. Makroekonomi Teori Pengantar. Ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Verita, Imam Lubis, I.A. 2019. Teori Ekonomi Makro Manajemen S-1 Universitas Pamulang.

Wentika, Cahya. 2021. Pengaruh Faktor Makro Ekonomi Terhadap Harga Saham

Sektor Telekmunikasi Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index. Keuangan Syariah, 1–24.

Wira, Teguh Satya. 2020. Pengaruh Tingkat Inflasi, Suku Bunga (SBI), Nilai Tukar Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen 8 (1): 1–14.

Downloads

Published

2023-02-06 — Updated on 2023-02-06

Versions