Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020
Keywords:
Company Value, Profitability, Debt to Assets Ratio, Debt to Equity Ratio, Company Growth, and Company Size.Abstract
The purpose of this study is to determine the factors that affect the value of companies in manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2016-2020 period involving 59 companies and the number of observations as many as 295 data. The data analysis method uses multiple linear regression. The results of the study found that profitability and company size have a positive and significant effect on the value of the company, this shows that profitability and company size are able to increase the value of the company. Debt to assets ratio and debt to equity ratio do not have a positive and significant effect and the company's growth does not have a negative and significant effect on the company's value, this shows that the debt to assets ratio, debt to equity ratio and company growth are not able to increase the company's value.
Downloads
References
Adam Ferdiansyah, M., & Achmad Faisal, F. (2020). Faktor-Faktor Nilai Perusahaan: Kajian Berdasarkan Modal Intelektual, Pertumbuhan dan Kinerja Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 30(4), 911. https://doi.org/10.24843/eja.2020. v30.i04.p09
Aeni, N. A. M., & Asyik, N. F. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 8(7), 1–17.
Ali, M. (2016). Pengaruh Return On Equity (ROE), Debt To Equity Ratio (DER) Dan Growth Terhadap Price To Book Value (PBV) (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Food and Beverage yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode tahun 2010- 2014). Conference on Management and Behavioral Studies, 829–840.
Amelia, F., & Anhar, M. (2019). Pengaruh Struktur Modal Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2013-2017). Jurnal STEI Ekonomi, 28(1), 44– 70.
Artamevia, J., & Almalita, Y. (2021). Pengaruh Return On Assets, Debt to Assets Ratio, Dan Faktor Lainnya Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi TSM, 1(3), 313–324. https://doi.org/10.31955/jimea.vo l1.iss1.pp1-9
Ayu, D. P., & Suarjaya, A. A. G. (2017). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Mediasi Pada Perusahaan Pertambangan. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 6(2), 1112–1138. https://doi.org/10.24843/eeb.2018 .v07.i08.p03
Cahya, K. D., & Riwoe, J. C. (2018). Pengaruh Roa Dan Roe Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Sustainability Reporting Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Lq 45. Journal of Accounting and Business Studies, 3(1), 46–70.
Dewi, I. A. P. T., & Sujana, I. K. (2019). Pengaruh Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, dan Risiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 26(1), 85–110. https://doi.org/10.24843/eja.2019. v26.i01.p04
Dewi, V. S., & Ekadjaja, A. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Multiparadigma Akuntansi Tarumanagara, 2(1), 118–126.
Dwipayana, M. A. T., & Suaryana, I. G. N. A. (2016). Pengaruh debt to assets ratio, devidend payout ratio dan return on assets terhadap nilai perusahaan. Jurnal Akuntansi Udayana, 17(3), 2008–2035. https://ojs.unud.ac.id/index.php/A kuntansi/article/view/22313
Dzulhijar, W., Pratiwi, L. N., & Laksana, B. (2021). Pengaruh CR, DER, dan ROA terhadap Nilai Perusahaan pada PT Jasa Marga Tbk Tahun 2010-2019. Indonesian Journal of Economics and Management, 1(2), 401–409. https://doi.org/10.35313/ijem.v1i 2.2507
Indriyani, E. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Akuntabilitas, 10(2), 333–348. https://doi.org/10.15408/akt.v10i 2.4649
Jufrizen, & Al Fatin, I. N. (2020). Pengaruh Debt To Equity Ratio, Return On Equity, Return On Assets Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi. Jurnal Humaniora, 4(1), 183–195. http://jurnal.abulyatama.ac.id/hu maniora
Juwita, T., Angreni, T., Giny, P. L., & Listen, G. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018. Jurnal Penelitian Akuntansi, 3(2), 346–356.
KNIC. (2019). Perkembangan Industri Manufaktur Indonesia. https://www.knic.co.id/id/perkem bangan-industri-manufakturIndonesia
Nabila, R., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Kebijakan Dividen, Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Property Dan Real Estate. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9(3), 1–16.
Nuradawiyah, A., & Susilawati, S. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Indeks LQ45 ). Jurnal Akuntansi, 9(2), 218–232
Pioh, H. T., Tommy, P., & Sepang, J. L. (2018). Pengaruh Debt To Equity Ratio, Earning Per Share Dan Return on Asset Terhadap Nilai Perusahaan Sub Sector Food and Beverages Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3018 – 3027
Pramudia, N. S., & Fuadati, S. R. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9(7), 2–19
Ramdhonah, Z., Solikin, I., & Sari, M. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2017). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 67–82. https://doi.org/10.25134/ijsm.v2i 1.1859
Riaz, M., & Qasim, M. (2016). Islamic Microfinance Institution : The Capital Structure, Growth, Performance and Value of The Firm In Pakistan. Journal of ISOSS, 2(1), 97–101.
Rivandi, M., & Petra, B. A. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan Dan Minuman. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2571–2580.
Setiyarini, E. Y., & Azhari, M. (2019). Pengaruh Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan yang Terdaftar pada Indeks Sri-Kehati Periode 2009- 2017. E-Proceeding of Management, 6(1), 485–490.