Pengaruh Keselamatan Kerja, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi

Authors

  • Daspar Daspar Universitas Pelita Bangsa
  • Lady Ferrose Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Keselamatan Kerja, Kesehatan Kerja, Lingkungan Kerja, Produktivitas Kerja Karyawan

Abstract

Kesehatan kerja, keselamatan kerja dam lingkungan kerja penting bagi perusahaan, karena dampak kecelakaan dan penyakit akibat kerja tidak hanya akan membahayakan karyawan, tetapi juga perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara umum, kecelakaan kerja disebabkan oleh dua faktor: manusia dan lingkungan. Faktor manusia adalah tindakan tidak aman dari manusia seperti dengan sengaja melanggar peraturan keselamatan kerja wajib, pekerja yang kurang trampil itu sendiri. Sedangkan dari faktor lingkungan yang tidak aman dari lingkungan kerja yang menjadi perhatian di antara peralatan atau mesin lainnya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh keselamatan kerja, kesehatan kerja, dan lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan PT Sumiden Sintered Components Indonesia. Populasi penelitian ialah seluruh karyawan bagian produksi di PT Sumiden Sintered Components Indonesia, dengan sampel sebanyak 70 karyawan yang dijadikan responden. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan metode survei, dengan menggunakan data primer. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan program SPSS Versi 23 untuk melihat arah hubungannya. Pertanyaan yang digunakan telah diuji kehandalan dan validnya dengan menggunakan uji reliabilitas dan uji validitas, dan instrument yang digunakan reliabel dan valid sebagai alat ukur.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keselamatan kerja dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja. Sedangkan kesehatan kerja secara parsial tidak berpengaruh terhadap produktivitas kerja. Secara simultan keselamatan kerja, kesehatan kerja dan lingkungan kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi pada PT Sumiden Sintered Components Indonesia.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Daspar Daspar, Universitas Pelita Bangsa

Human Resources Management

Lady Ferrose, Universitas Pelita Bangsa

 

 

References

Arilaha, M. A. (2019). Pengaruh Keselamatan Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan Pada Sektor Pembangkitan Maluku Pltd Kayu Merah PT. PLN (Persero) Cabang Ternate. Jurnal Manajemen Sinergi, 5(2).

Ayuningtias, N. S., Herlambang, T., & Reskiputri, T. D. (2021). Pengaruh Keselamatan Kerja, Kesehatan Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Sinar Sosro Kantor Penjualan (KP) Jember. Jurnal Mahasiswa Manajemen, 2(01), 69-86.

Badrianto, Y., Ekhsan, M., & Mulyati, C. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(1), 401-410.

Budihardjo, P. H., Lengkong, V. P., & Dotulong, L. O. (2017). Pengaruh keselamatan kerja, kesehatan kerja, dan lingkungan kerja terhadap produktivitas karyawan pada PT. Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(3).

Catur, Widodo. 2018. Pengaruh Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT Rickstar Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana Universitas Krisnadwipayana Vol. 6 No. 3

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Mulyadi. 2015. Manajemen Sumber Daya Masnusia (MSDM). Bogor. In Media.

Nining., et al. 2018. Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Kutai Timber Indonesia (Studi Kasus Pada PT. Kutai Timber Indonesia Kota Probolinggo). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Jember Vo. 12. No. 1

Nurlaila, Arizki. 2016. Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Sektor Pembangkitan Maluku PLTD Kayu Merah PT. PLN (Persero) Cabang Ternate. Jurnal EMBA Universitas Khairun Ternate Vol. 8 No. 2

Produktivitas Kerja Karyawan Studi Kasus : Bagian Pengolahan PT. Perkebunan Nusantara Xiii (Persero) Unit Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Desa Olong Pinang Kabupaten Paser. Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman Vol. 4 No. 1

Prasetyo., et al. 2017. Pengaruh Keselamatan Kerja, Kesehatan Kerja, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan Pada PT. Air Manado. Jurnal EMBA Universitas Sam Ratulangi Manado Vol. 5 No. 23

Downloads

Published

2023-06-15