Pengaruh Word Of Mouth, Daya Tarik Produk dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian

Authors

  • MIFTAKUL HUDA UNIVERSITAS PELITA BANGSA
  • Nani Hartati Universitas Pelita Bangsa
  • Eno Leriani Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Word Of Mouth, daya tarik produk, potongan harga, keputusan pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Word Of Mouth, daya tarik produk dan potongan harga terhadap keputusan pembelian donat Cal Donat di store Rs. Annisa Cikarang Utara. Metode penelitian yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel independent terhadap variabel dependent, penulis menggunakan metode analisis statistic (deskripsi data penelitian, instrument variabel, uji asumsi klasik, analisis regresi linier ganda, dan uji hipotesis). Hasil penelitian analisis, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid. Variabel-variabel indpenden pada penelitian ini sudah cukup baik dalam menjelaskan variabel dependennya (keputusan pembelian). Variabel Word Of Mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel (4.169 > 1.985) atau sig t < 0.05 (0.000<0.05), maka Ho ditolak Ha diterima. Variabel Daya Tarik Produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel (4.152>1.985) atau sig t < 0.05 (0.000<0.05), maka Ho ditolak Ha diterima. Variabel Potongan Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel (3.046>1.985) atau sig t < 0.05 (0.003<0.05), maka Ho ditolak Ha diterima.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nani Hartati, Universitas Pelita Bangsa

 

 

Eno Leriani, Universitas Pelita Bangsa

 

 

 

References

Akdon, dan Riduwan, Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika, Bandung: Alfabeta, 2013

Anjar, P., & Yulita, A. (2017). Integrating Kano Model and Quality Function Deployment for Designing Service of Hospital Front Office. Universitas Islam Indonesia: Intangible Capital, No. 15 Vol. 5

Aprilia, Fitri. "Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Tempat Wisata “Jawa Timur Park 2” Kota Batu)." Jurnal Administrasi Bisnis 24.1 (2015).

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Basith, Abdul, and Faris Fadhilah. "Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk pada McDonald’s di Jatiasih Bekasi." Jurnal Manajemen dan Organisasi 9.3 (2018): 192-203.

Chang, Hyo Jung, et al. "An fMRI study of advertising appeals and their relationship to product attractiveness and buying intentions." Journal of Consumer Behaviour 15.6 (2016): 538-548.

Dalihade, Meigie Putri, James DD Massie, and Maria VJ Tielung. "Pengaruh Potongan Harga dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Pada Matahari Departement Store Mega Mall Manado." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 5.3 (2017).

Emor, Rizky YS, and Agus Supandi Soegoto. "Pengaruh potongan harga, citra merek, dan servicescape terhadap keputusan pembelian konsumen indomaret tanjung batu." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 3.2 (2015).

Fitriani, Lili Karmela. "Analisis Modal Relasional, Kapabilitas Inovasi Produk dan Daya Tarik Produk Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran Industri Kreatif di Wilayah Tiga Cirebon." Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia 4.10 (2019): 61-67.

Mahendrayasa, Andhanu Catur. "Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Pengguna Kartu Selular GSM “IM3” Angkatan 2011/2012 dan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang)." Jurnal Administrasi Bisnis 12.1 (2014).

Naufal, Reza Ahmad, and Augusty Tae Ferdinand. Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Daya Tarik Produk dalam Upaya Meningkatkan Minat Membeli Sepeda Motor Suzuki Di Kota Semarang. Diss. Fakultas Ekonomika dan Bisnis, 2015.

Nugraha, Ajie, and Finnan Aditya. "Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen Kober Mie Setan Jalan Simpang Soekarno-Hatta Nomor 1-2 Malang)." Jurnal Administrasi Bisnis 22.1 (2015).

Nurvidiana, Rahma. "Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Republica Cafe Malang Jalan MT. Haryono Gg. XI Malang)." Jurnal Administrasi Bisnis 22.2 (2015).

Oktavianto, Yuda. "Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Usaha Mie Ayam Pak Agus di kota Batu." Manajemen Bisnis 3.1 (2014).

Putri, Yuniar Anggita, Ibnu Widiyanto, and Sri Rahayu. Pengaruh Daya Tarik Produk, Word Of Mouth Dan Citra Merek Terhadap Minat Menjadi Nasabah Kredit Mikro. Diss. Diponegoro University, 2013.

Prabarini, Anggun, Budi Heryanto, and Puji Astutik. "Pengaruh Promosi Penjualan Dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toserba Borobudur Kediri (Studi Kasus Produk Kecantikan Wardah)." JIMEK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi 1.2 (2019): 259-270.

Pamungkas, Bagas Aji. "Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos, Jombang)." Jurnal Komunikasi 10.2 (2016): 145-160.

Pratiwi, Yuly Rahmi, and Evawani Elysa Lubis. Pengaruh Word of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Boardgame Lounge Smart Café Pekanbaru. Diss. Riau University, 2017.

Rusdianti, Endang, Paulus Wardoyo, and Sri Purwantini. "Pengaruh Kualitas Produk dan Strategi ATM Terhadap Kinerja Pemasaran dengan Daya Tarik Produk sebagai Variabel Intervening (Studi pada industri knalpot di Kab. Purbalingga)." Jurnal Dinamika Sosial Budaya 21.1 (2020): 37-46.

Sairo, Hesti, Harry J. Sumampouw, and Olivia Walangitan. "Pengaruh Startegi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Produk Ikan Kaleng Isabella pada PT. Sinar Purefoods Internasional Bitung." JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB) 6.002 (2018).

Sangadji, E. M., & Sopiah, S. (2013). The Effect of Organizational Culture On Lecturers’ Job Satisfaction and Performance: A Research in Muhammadiyah University throughout East Java. International Journal of Learning & Development, 3(3), 1-18.

Satyo, Maya Ferdina, and Heru Suprihhadi. "Pengaruh diskon harga, merek produk dan layanan pelanggan terhadap keputusan pembelian garmen." Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol 2.8 (2013).

Sundalangi, Marchelyno, Silvya L. Mandey, and Rotinsulu Jopie Jorie. "Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut Manado." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 2.1 (2014).

Wahyono B. Pengertian Komunikasi Word of Mouth (WOM). Diakses dari: http://www. pendidikanekonomi. com/2012/07/pengertian-komunikasi-word-of-mouth-wom. html (20 Juli 2012). 2012.

Wulandari, Anna, and Heru Mulyanto. "Penelitian metode dan analisis." Penerbit: CV Agung, Semarang (2010).

Downloads

Published

2023-05-31