Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan

Authors

  • Wachid Hasyim Universitas Pelita Bangsa
  • Nengsih Nengsih Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Budaya Organisasi, Motivasi, Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi, motivasi, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Herba Utama Cikarang. Populasi dan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah karyawan pada PT. Herba Utama Cikarang yang berjumlah 57 responden. Metode penelitian menggunakan pendekatan asosiatif dan kuantitatif dengan instrument kuesioner. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisa Regresi Linear Berganda, Uji Hipotesis dan Uji Koefisien Determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian, dengan menggunakan Program Aplikasi SPSS Versi 25 yang menunjukan hasil bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel X terhadap variabel Y. Dapat disimpulkan secara parsial bahwa budaya organisasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dapat dilihat dari hasil thitung (2,838) > ttabel (2,006) dan nilai signifikasinya (0,006) < (0.050), motivasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dapat dilihat dari hasil thitung (2,394) > ttabel (2,006) dan nilai signifikasinya (0,020) < (0.050) dan disiplin keja memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dapat dilihat dari hasil thitung (3,956) > ttabel (2,006) dan nilai signifikasinya (0,000) < (0.050). Selanjutnya secara simultan variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Dan dari hasil uji koefisien determinasi R Square (R2) menunjukan kinerja karyawan pada PT. Herba Utama Cikarang dipengaruhi budaya organisasi, motivasi, dan disiplin kerja sebesar 66,6% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari variabel yang diteliti.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nengsih Nengsih, Universitas Pelita Bangsa

 

 

References

Adha, R. N., Qomariah, N., & Hafidzi, A. H. (n.d.). Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Budaya Kerja TerhadapKinerja Karyawan Dinas Sosial Kabupaten Jember.

Andayani, I., & Tirtayasa, S. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 45–54. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i1.3367

ARIANTY, N. (2014). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Vol. 14, Issue 02).

Astutik, M. (2016). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jombang. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Perbankan), 2(2), 121–140. https://doi.org/10.21070/jbmp.v2i2.1098

Ekhsan, M. (2019). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan. OPTIMAL : Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(1), 1.

Farisi, S., Irnawati, J., & Fahmi, M. (n.d.). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. http://jurnal.abulyatama.ac.id/humaniora

Hasibuan, J. S., & Silvya, B. (n.d.). PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN.

Hotiana, N., & Febriansyah. (n.d.). PENGARUH MOTIVASI DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI (STUDI PADA BAGIAN KEPEGAWAIAN DAN ORGANISASI, BIRO UMUM, KEPEGAWAIAN DAN ORGANISASI KEMENTERIAN PARIWISATA RI).

Illanisa, N., Zulkarnaen, W., & Suwarna, A. (n.d.). SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu PENGARUH DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN SEKOLAH DASAR ISLAM BINAR INDONESIA BANDUNG.

Mentaruk, I. Y., Wenas, R. S., & Jan, A. H. (2017). ANALISIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, DISIPLIN KERJA DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS DI PT. ANGKASA PURA 1 (PERSERO) CABANG BANDARA INTERNASIONAL SAM RATULANGI MANADO) THE INFLUENCE ANALYSIS OF ORGANIZATIONAL CULTURE , WORK DISCIPLINE AND COMMUNICATION TO THE EMPLOYEE PERFORMANCE (CASE STUDY AT PT. ANGKASA PURA 1 (PERSERO) BRANCH SAM RATULANGI INTERNATIONAL AIRPORT MANADO). In Analisis Pengaruh… 4375 Jurnal EMBA (Vol. 5, Issue 3).

Nelfianti, F., Yuniasih, I., & Wibowo, A. I. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan YPI Cempaka Putih Jakarta. 18(2).

Rizani, A. T., & Oktafien, S. (n.d.). The Influence of Organizational Culture and Work Discipline on Employee Performance of PT. BFI Finance Indonesia Tbk. www.techniumscience.com

Syafrina, N. (n.d.). PENGARUH DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. SUKA FAJAR PEKANBARU.

Tanuwibowo, M. H., & Setiawan, R. (2015). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT LESTARI PURNAMA PERKASA (Vol. 3, Issue 2).

Sudaryo, Y., Aribowo, A., & Sofiati, N. A. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia: Kompensasi Tidak Langsung dan Lingkungan Kerja Fisik. Penerbit Andi.

Riinawati. (2019). Pengantar teori manajemen komunikasi dan organisasi. Penerbit Pustaka Baru Press.

Supomo, R & Nurhayati, E. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Yrama Widya.

Sujarweni, V. (2018). Metodologi Penelitian dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Penerbit Pustaka Baru Press.

Downloads

Published

2023-06-15