Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian
DOI:
https://doi.org/10.37366/jpm.v2i02.3123Keywords:
Harga, Promosi, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko buku Gramedia, Mal Boemi Kedaton, Bandar Lampung. Harga dan promosi merupakan dua faktor penting dalam pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode penyebaran kuesioner kepada responden secara langsung yang merupakan konsumen dari toko buku Gramedia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang diolah merupakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner dengan teknik simple random sampling. Dari 83 responden diperoleh sempel sebanyak 53 responden. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan program PLS (partial least square) 4. Hasil penelitian analisis, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid. Variabel Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel promosi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Informasi ini dapat membantu suatu toko dalam mengidentifikasi di mana mereka dapat meningkatkan harga ataupun promosi pada produk mereka. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk merancang strategi harga dan promosi yang tepat guna meningkatkan keputusan pembelian konsumen.
Downloads
References
Afif, M., Suminto, A., & Mubin, A. F. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Word of Mouth (Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Di Toko Buku La Tansa Gontor). Journal of Islamic Economics (JoIE), 1(2), 1–23. https://doi.org/10.21154/joie.v1i2.3206
Anggun Gunawan. (2023). Tutupnya Toko Buku dan Masa Depan Literasi Kita. Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/opini/2023/06/18/tutupnya-toko-buku-dan-masa-depan-literasi-kita
Astuti, W. S., Reny, A., Tandiono, D., & Calvin, C. (2023). Harga, Promosi, Ulasan dan Foto Produk terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce. Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(1), 159–176. https://doi.org/10.31539/jomb.v5i1.5246
Lorista, Dewi; Ginting, Sugianta Ovinus; Pelawi, P. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Pasta Gigi Pepsodent. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 13.
Nurmalina, R., Yulianti, C., Fitri, Utami, A. D., Sari, R. M., Risenasari, H., Siwang, R. S., Khotimah, H., Rosiana, N., Rachman, A., & Hasibuan, M. (2018). Pemasaran : Konsep dan Aplikasi. https://repository.ipb.ac.id/jspui/bitstream/123456789/81341/2/Pemasaran Konsep dan Aplikasi.pdf
Octadyla, M. M., Maulana, C. Z., & Diem, J. (2023). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Variabel Pengetahuan Serta Tinjauan dari Perspektif Ekonomi Islam ( Survei pada Konsumen Perumahan Surya Akbar Tanjung Barangan Kota Palembang ). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(01), 254–267.
Rizani, C. W., Hinggo, H. T., & Zaki, H. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Harga Dan Garansi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware Di Pekanbaru. Economics, Accounting and Business Journal , 2(2), 366–376.
Setiadi, E. (2020). Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian syrup monin pada PT. Kharisma sukses gemilang.
Sitompul, S. S., Chrispin, G., & Hamzah, M. L. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Battery Sepeda Motor. INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), 27–37. https://doi.org/10.55583/invest.v1i1.18
Sri Ekowati, Meilaty Finthariasari, A. (2020). Jurnal ilmiah akuntansi, manajemen & ekonomi islam (jam-ekis) volume 3, no. 1, januari 2020. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen & Ekonomi Islam (Jam-Ekis), 3(1), 1–14.
Sutriyani. (2019). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt . Kumala Celebes Motor ( Mazda Makassar ) Sutrayani. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar, 1–129.