Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian

Authors

  • Adinda Shabrina Octaviane UIN Raden Intan Lampung
  • Silviyana Silviyana universitas islam negeri raden intan lampung
  • Rega Ardian universitas islam negeri raden intan lampung
  • Vicky F. Sanjaya universitas islam negeri raden intan lampung

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpm.v2i02.3123

Keywords:

Harga, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko buku Gramedia, Mal Boemi Kedaton, Bandar Lampung. Harga dan promosi merupakan dua faktor penting dalam pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode penyebaran kuesioner kepada responden secara langsung yang merupakan konsumen dari toko buku Gramedia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang diolah merupakan data primer yang diperoleh  dari hasil penyebaran kuesioner dengan teknik simple random sampling. Dari 83 responden diperoleh sempel sebanyak 53 responden. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan program PLS (partial least square) 4. Hasil  penelitian analisis,  indikator-indikator  pada  penelitian  ini  bersifat  valid. Variabel Harga berpengaruh positif dan signifikan  terhadap  keputusan  pembelian. Variabel  promosi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Informasi  ini  dapat  membantu suatu toko dalam mengidentifikasi di mana mereka dapat meningkatkan harga ataupun promosi pada produk mereka. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk merancang strategi harga dan promosi yang tepat guna meningkatkan keputusan pembelian konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afif, M., Suminto, A., & Mubin, A. F. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Word of Mouth (Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Di Toko Buku La Tansa Gontor). Journal of Islamic Economics (JoIE), 1(2), 1–23. https://doi.org/10.21154/joie.v1i2.3206

Anggun Gunawan. (2023). Tutupnya Toko Buku dan Masa Depan Literasi Kita. Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/opini/2023/06/18/tutupnya-toko-buku-dan-masa-depan-literasi-kita

Astuti, W. S., Reny, A., Tandiono, D., & Calvin, C. (2023). Harga, Promosi, Ulasan dan Foto Produk terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce. Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(1), 159–176. https://doi.org/10.31539/jomb.v5i1.5246

Lorista, Dewi; Ginting, Sugianta Ovinus; Pelawi, P. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Pasta Gigi Pepsodent. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 13.

Nurmalina, R., Yulianti, C., Fitri, Utami, A. D., Sari, R. M., Risenasari, H., Siwang, R. S., Khotimah, H., Rosiana, N., Rachman, A., & Hasibuan, M. (2018). Pemasaran : Konsep dan Aplikasi. https://repository.ipb.ac.id/jspui/bitstream/123456789/81341/2/Pemasaran Konsep dan Aplikasi.pdf

Octadyla, M. M., Maulana, C. Z., & Diem, J. (2023). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Variabel Pengetahuan Serta Tinjauan dari Perspektif Ekonomi Islam ( Survei pada Konsumen Perumahan Surya Akbar Tanjung Barangan Kota Palembang ). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(01), 254–267.

Rizani, C. W., Hinggo, H. T., & Zaki, H. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Harga Dan Garansi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware Di Pekanbaru. Economics, Accounting and Business Journal , 2(2), 366–376.

Setiadi, E. (2020). Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian syrup monin pada PT. Kharisma sukses gemilang.

Sitompul, S. S., Chrispin, G., & Hamzah, M. L. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Battery Sepeda Motor. INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), 27–37. https://doi.org/10.55583/invest.v1i1.18

Sri Ekowati, Meilaty Finthariasari, A. (2020). Jurnal ilmiah akuntansi, manajemen & ekonomi islam (jam-ekis) volume 3, no. 1, januari 2020. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen & Ekonomi Islam (Jam-Ekis), 3(1), 1–14.

Sutriyani. (2019). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt . Kumala Celebes Motor ( Mazda Makassar ) Sutrayani. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar, 1–129.

Downloads

Published

2023-11-30