Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pengguna Netflix : Peran Kualitas Konten, Kepuasan Pengguna, dan Brand Image

Authors

  • Della Alvida Universitas Pelita Bangsa
  • Een Nadia Putri Universitas Pelita Bangsa
  • Alpi Nurhayati Universitas Pelita Bangsa
  • Antih Dwiyanti Universitas Pelita Bangsa
  • Ahmad Muazin Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpm.v3i01.4455

Keywords:

Brand Image, Kepuasan Pengguna, Kualitas Konten, Loyalitas Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Konten, Kepuasan Pengguna dan Brand Image terhadap Loyalitas Konsumen pada pengguna Netflix di Bekasi. Kualitas Konten, Kepuasan Pengguna dan Brand Image merupakan tiga faktor penting dalam pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode penyebaran kuesioner kepada responden secara online yang merupakan pengguna Netflix di Bekasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Data yang diolah merupakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner dengan Teknik simple random sampling, dari 171 responden diperoleh sampel sebanyak 152 responden. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan program PLS (partial least square) 3.29. Hasil penelitian analisis, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid yang menunjukkan bahwa kualitas konten, kepuasan pengguna, dan brand image secara signifikan berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen. Hal ini mengindikasikan bahwa pengguna yang merasakan konten berkualitas tinggi merasa puas dengan layanan Netflix, dan memiliki persepsi positif terhadap merek Netflix dengan begitu, konsumen cenderung menjadi pelanggan yang loyal. Temuan ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas konsumen dalam konteks layanan streaming, yang dapat membantu Netflix dan perusahaan sejenis dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk mempertahankan dan meningkatkan jumlah pelanggan mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi Cakranegara, P., Budiasih, Y., Tannady, H., & Totok Suyoto, Y. (2022). Analysis Of The Effect Of Perceived Value And Brand Image On Netflix Service Purchase Decisions Analisis Pengaruh Perceived Value Dan Brand Image Terhadap Purchase Decision Layanan Netflix. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 3, Issue 5). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Barnadeta Asri Rejeki Tulodo, & Achmad Solichin. (2019). ANALISIS PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI CARE DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus PT. Malacca Trust Wuwungan Insurance, Tbk.). 2019, 10, 19.

Cindy, A., Sari, M., Lestariningsih, M., Tinggi, S., Ekonomi, I., Stiesia, I. (, & Surabaya, ). (2021). PENGARUH PROMOSI DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MALALUI KEPUASAN PELANGGAN APLIKASI SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA STIESIA SURABAYA).

Darma, M. B., Effendi, S., Adinda, A., & Juari, T. (n.d.). JRSM 2(1) PENGARUH CITRA MEREK DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KOSMETIK. In Jurnal Riset Sains Manajemen (Vol. 2, Issue 1).

Dary Nugraha Gotama Putra. (2021). ANALISIS PENGARUH KEMUDAHAN PENGUNAAN, KUALITAS LAYANAN DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA DENGAN KEPUASAN PENGGUNA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Diponorogo Journal Of Management (Vol. 10, ISSN 2337-3792).

Erni Yunaida. (2017). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli dipelumas Evalube di kota Langsa. In Jurnal MANAJEMEN DAN KEUANGAN (Vol. 6, No.2).

Haryanti, R., Alananto Iskandar, D., Bisnis dan Komunikasi, F., & Teknologi dan Bisnis Kalbis Jalan Pulomas Selatan Kav, I. (2022). Pengaruh Brand Image dan Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian dalam Berlangganan Layanan Netflix (Vol. 8, Issue 4).

Ika Muflichah. (2023). ANALISIS PENGARUH KUALITAS KONTEN MEDIA SOSIAL MEREK TERHADAP KESADARAN MEREK DAN NIAT PEMBELIAN PADA MEREK FASHION MUSLIM.

M., Trimarsanto, T., Khalda, P., Muafa, A., & Junaedi, F. (2020). Pembangunan Partisipasi Politik Generasi Muda Melalui Website dan Twitter Jejak Parlemen PDF. In More Announcements (Vol. 8, Issue 1). http://journal.uad.ac.id/index.php/CHANNEL

Muhammad Burhanuddin Syah. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA LAYANAN VIDIO STREAMING DIGITAL VIU. Jurnal Ilmu Administarasi Bisnis (Vol. 11, No.3).

Michelle Angela Freddyanto. (2023). PENGARUH KUALITAS PESAN KONTEN PADA AKUN INSTAGRAM@TUJUAN.ID TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN.

Muhammad Ulul Albab (2017) PENGARUH BAURAN PROMOSI DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI BELANGGANAN NETFLIX (Studi survei berlangganan netflix di masa pandemi) In Jurnal for Business And Entrepreneurship (ISSN ONLINE : 2501-6682).

Nauly, C., & Saryadi, &. (n.d.). PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN J.CO DONUTS & COFFEE JAVA SUPERMALL KOTA SEMARANG. In Jurnal Administrasi Bisnis: Vol. X (Issue 2).

N.P.S Supertini, N. L. W. S. T. N. N. Y. (2020). PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PUSAKA KEBAYA DI SINGARAJA.

Nugraha, D., Putra, G., & Raharjo, S. T. (2021). ANALISIS PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KUALITAS LAYANAN, DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA DENGAN KEPUASAN PENGGUNA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Aplikasi Grab di Kota Semarang). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 10(6). http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Rafiah, K. K. (2019). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Berbelanja melalui E-commerce di Indonesia. 5(1), 46–56. http://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/altijarah

Rini Astuti, A., & Sudarusman Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Yogyakarta, E. (2019). Anik Rini Astuti. Eka Sudarusman) TB, 20(1), 43–52. http://journal.stimykpn.ac.id/index.php/tb

Sholeh Arwani, A. (2022). PENGARUH E-WOM, KUALITAS KONTEN TERHADAP SUBSCRIPTION DECISION MELALUI BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Layanan Streaming Genflix pada Mahasiswa Universitas Diponegoro). In DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT (Vol. 11, Issue 1). http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Wahyudi, D., Krisnis, C., Hasanah, E. U., & Am, T. (2022). Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen. In Seminar Nasional Hasil Riset.

Zulher (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN BA (Beauty Advisor) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS KONSUMEN PRODUK WARDAH (STUDI KASUS KONSUMEN LOTTEMART KUNINGAN CITY). In Oktober (Vol. 07, Issue 2). www.news.okezone.com/bbpom-sita-ribuan-

Downloads

Published

2024-08-07

Issue

Section

Articles