Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan
DOI:
https://doi.org/10.37366/jpm.v3i01.4456Keywords:
Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan PelangganAbstract
Persaingan di industri ritel semakin meningkat, dengan kualitas pelayanan dan fasilitas menjadi faktor penting yang memengaruhi kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan di Indomaret. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 78 responden menggunakan Google Forms dengan teknik pengambilan sampel insidental. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan fasilitas secara signifikan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji t menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (t = 1,694, p = 0,045) dan fasilitas (t = 6,506, p = 0,000) memiliki signifikansi statistik yang kuat terhadap kepuasan pelanggan. Kesimpulannya, perusahaan peritel seperti Indomaret perlu terus meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitasnya untuk memenuhi harapan pelanggan dan menjaga kepuasan pelanggan guna mempertahankan pangsa pasar mereka. Penelitian lanjutan juga dapat dilakukan untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain yang memengaruhi kepuasan pelanggan di industri ritel..
Downloads
References
Abdul Gofur. 2019. “1. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap.” Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 4(1): 37–44.
Agung, Arif Ferdian. 2020. “Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” Skripsi: 112.
Anggapratama, Reza, and Dwi Irnawati. 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Indomaret Cabang Raya Lettu Suyitno Bojonegoro.” Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora 9(2): 341–50.
Annisa, Annisa, and Aswand Hasoloan. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Indomaret.” Jurnal Bisnis Corporate 6(1): 51–60.
Bagus Nyoman Udayana, Ida, and Ambar Lukitaningsih. 2022. “Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMBENTUK LOYALITAS PELANGGAN.” Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi 19(02): 226–33. https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium.
Citra Dewi, Ni Luh Bella, Ni Ketut Murdani, and Ni Luh Ketut Ayu Sudha Sucandrawati. 2020. “Pengaruh Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Indomaret Sukawati Kabupaten Gianyar.” Jurnal Ilmiah Satyagraha 2(2): 110–19.
Hariyadi, Guruh Taufan. 2017. “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN BERBELANJA DI MINIMARKET (Studi Pada Indomaret Dan Alfamart Di Semarang).” Jurnal Penelitan Ekonomi dan Bisnis 1(1): 16–32.
Idris, Ronaldo Anindito. 2019. “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Toko Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Indomaret Di Semarang).” Diponegoro Journal of Management 9(1): 1–12.
Irmal, Irmal. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Indomaret Cabang Cipondoh.” Jurnal Ekonomi Efektif 1(4): 219.
Iskandar Yahya Arulampalam Kunaraj P.Chelvanathan, Ahmad A A Bakar. 2023. “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA MINIMARKET INDOMARET DI KECAMATAN SEBERANG ULU II.” Journal of Engineering Research.
Karundeng, Valerie Angela, Agus Supandi Soegoto, and Fitty Valdi Arie. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Indomaret Point Kawasan Megamas Saat Pandemi Covid-19.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 9(4): 702–11. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/36506.
Marganingsih, Anna. 2016. “JURKAMI : Jurnal Pendidikan Ekonomi.” JURKAMI : Jurnal Pendidikan Ekonomi 1(2): 64–74.
Massa, L E, A L Tumbel, and R J Jorie. 2022. “Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan Pada Minimarket Indomaret Dan Alfamart Di Wilayah Maumbi Minahasa Utara.” J.J. Rotinsulu 49 Jurnal EMBA 10(1): 49–58.
Muliawan, and Muhlis. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayananterhadap Kepuasan Konsumen Indomaret Kota Bukit Purwakarta.” Economicus 12(1): 72–79.
Oktavia, Elsa, Desti Innayah Ramadhanti, and Dela Lestari. 2022. “Analisis Budaya Kerja Pada PT. Indomarco Prismatama (INDOMARET).” Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen dan Sumberdaya 1(3): 159–61.
Polytechnic, Kupang State. 2023. “Alfamart and Indomaret Minimarkets in Kupang City.”
Prakoso, Maulana Agung. 2016. “PENGARUH CITRA TOKO DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN YANG BERIMPLIKASI KEPADA LOYALITAS PELANGGAN TOKO INDOMARET DI JAKARTA.” : 1–23.
Rahmawati, Siti Umi, Bambang Ismanto, and Carolina Lita Permatasari. 2023. “Analisis Penggunaan Aplikasi Poinku Sebagai Daya Tarik Dan Fasilitas Belanja Di Indomaret Sulursari Kec. Gabus Kab. Grobogan.” Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis 14(1): 49–62.
Rusdianto, Arif. 2020. “Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Komparatif Konsumen Indomaret Dan Alfamart Batanghari ).” Skripsi: 1–72. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3377.
Syariah, Kelembagaan Bank, and Graha Ilmu. 2017. “PENGARUH PROMOSI, FASILITAS, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN.” (september 2017): 1–6.