Peran Iklan, Brand Ambassador, dan Harga dalam Keputusan Pembelian

Authors

  • Rivaldi Muslihat Universitas Pelita Bangsa
  • Muhamad Rizki Permana Universitas Pelita Bangsa
  • Saktian Iryshad Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpm.v3i01.4460

Keywords:

Brand Ambassador, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Media Iklam, Brand Ambassador, dan harga terhadap keputusan pembelian Sabun Mandi Lifebouy. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek penelitian adalah Konsumen yang menggunakan Sabun Mandi Lifebouy dan objek pada penelitian ini adalah Media Iklan, Brand Ambassador,  dan harga terhadap keputusan pembelian. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dinyatakan dalam skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Media Iklan (X1) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). 2. Brand Ambassador (X2) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). 3. Harga (X3)  berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputasan pembelian (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alapján-, V. (2016). 済無No Title No Title No Title. 4(1), 1–23.

Ambassador, P. B., Image, B., & Dettol, M. (2024). Pengaruh brand ambassador, brand image, iklan, dan harga terhadap kualitas pengalaman konsumen sabun mandi dettol. 2, 214–224.

Amirudin, A. (2022). Pengaruh Preceived Quality dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Merek Lifebuooy yang Berdampak pada Loyalitas Konsumen. (Studi Kasus Konsumen Sabun Lifebuoy di Tangerang Selatan). Jurnal Manajemen & Pendidikan [JUMANDIK], 1(1), 36–47. https://doi.org/10.58174/jmp.v1i1.4

Andhika Wahyu Pratama. (n.d.). PENGARUH HARGA, PRODUK, PROMOSI, TEMPAT, BUKTIFISIK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI EWOEL CAFE. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen.

Anggraeni, E. D. (2020). Pengaruh Advertising Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image Pada Konsumen Produk Pembalut Charm Di Kota Depok. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), 419–433. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.148

Apriani, A. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Sabun Mandi Lifebuoy Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen. Jurnal Perspektif Manajerial Dan Kewirausahaan (JPMK), 1(2), 229–242. https://doi.org/10.59832/jpmk.v1i2.14

Demuth, T. (2015). No TitleÉ?__. Ekp, 13(3), 1576–1580.

Durrotunnashah, D., Risman, A., & Pauzy, D. M. (2023). Pengaruh NCT Dream Sebagai Brand Ambassador Mie Lemonilo dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada konsumen Mie Lemonilo Tasikmalaya). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(9), 4405–4407. http://repository.unas.ac.id/id/eprint/7035%0Ahttp://repository.unas.ac.id/7035/7/LAMPIRAN.pdf

Dwi Indah Utami, & Hidayah, N. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualiatas Produk, Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(04), 102–111. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i04.159

Erika Hartina. (2023). No Title. Pengaruh Harga, Brand Image Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Mandi Cair Lifebouy Di Kota Bandung, 9.

Herawati1, A. S. P. (2023). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Azarine Cosmetic. Journal on Education, 05.

Karunia, A. T. F., Nawangsih, N., & ... (2021). Pengaruh Brand Ambassador dan Kualitas Produk Terhadaap Keputusan Pembelian Sabun Garnier Men di Lumajang. Jobman: Journal of Organization and Business Management, 3(3), 1–7. https://jkm.itbwigalumajang.ac.id/index.php/jrm/article/view/502

Michelle, C., Wahyudi, P., & Sahputra, R. D. (2023). 3.+Julianto_A-jampk-review-assignment-44-Article+Text-107. 1–10.

Nelva Ruspen *1. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK VASELINE DI KABUPATEN PRINGSEWU. JEBI: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1.

Pamungkas, D. S. (2021). Aktivitas Cyber Public Relations Pt. Mandom Indonesia Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Produk Gatsby Melalui Akun Instagram @Gatsbycode.

Rachmaningtyas, P., & Surianto, M. A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Daya Tarik Iklan, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekobistek, 11(4), 389–396. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v11i4.459

Sahrul1, A. W. (2024). No Title. 2.

Sidrotul Muntaha, L., Djoko, H., & Shinta Dewi, R. (2014). PENGARUH KUALITAS PRODUK, IKLAN DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN MANDI LUX CAIR (Studi kasus pada konsumen/pengguna sabun mandi lux cair di swalayan Gelael Mall Ciputra Semarang). DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITIC Tahun, 1–10. http://ejournals1.undip.ac.id/index.php/

Siregar, W. S., Margareth, C. C., & Fitri, N. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Pada Mahasiswa Di Kota Medan. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 44.

Yudi Aliyudin1*, Tri Utami Ayu Chaerunisa2, A. Y. (2024). Pengaruh Mutu Pelayanan, Mutu Produk, dan Harga terhadap Minat Beli Sabun Lifebuoy di Minimarket Dina Jaya Ketanggungan. JECMER: Journal of Economic, Management and Entrepreneurship Research, 4.

Downloads

Published

2024-08-12

Issue

Section

Articles