https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/issue/feedJURNAL PELITA MANAJEMEN2024-06-26T04:51:55+00:00Muhamad Ekhsanmuhamad.ekhsan@pelitabangsa.ac.idOpen Journal Systems<p>Jurnal Pelita Manajemen (JPM) UPB, merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Manajemen Univeritas Pelita Bangsa (UPB) Cikarang untuk penyebarluasan hasil penelitian ataupun pemikiran di bidang Manajemen Bisnis. Setiap artikel yang diterbitkan oleh Jurnal Pelita Manajemen (JPM) telah melalui proses review dan editorial yang ketat serta menghormati ketentuan hukum hak cipta, privasi, dan etika publikasi ilmiah.Jurnal Pelita Manajemen (JPM) terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Mei dan November.</p> <p> </p>https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/3156Pengaruh Kecenderungan Mengambil Risiko, Ekspektasi Pendapatan, dan Kecerdasan Adversitas Terhadap Intensi Berwirausaha2024-05-29T07:42:01+00:00Revanza Harviananda Hutamarevanzaharvi1207@gmail.comAndhatu Achsaandhatuachsa@untidar.ac.idKhairul Ikhwankhairulikhwan@untidar.ac.id<p><em>This research is motivated by the phenomenon that every year universities in Indonesia produce new graduates who continue to increase in number. This condition results in more competitive employment opportunities. Problems regarding the unemployment rate and the proportion of employment also continue to increase. According to BPS in 2022, the open unemployment rate at the Diploma education level was 4.59% and 4.80% for college graduates. This study aims to determine the effect of risk-taking tendencies, income expectations, and adversity intelligence on entrepreneurial intentions in 2019 Management undergraduate students at Tidar University. This study uses a quantitative approach that uses a questionnaire as a data collection instrument. The sample in this study were 56 S1 Management 2019 students of Tidar University using purposive sampling technique with the slovin formula. The data analysis technique used in this research is multiple linear regression analysis, t test, F test, and coefficient of determination test. From the results of the analysis test conducted, the results show that the tendency to take risks and adversity intelligence has no effect on entrepreneurial intention. However, income expectations have a positive and significant effect on entrepreneurial intention. </em></p>2024-08-07T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Revanza Harviananda Hutama, Andhatu Achsa, Khairul Ikhwanhttps://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/4455Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pengguna Netflix : Peran Kualitas Konten, Kepuasan Pengguna, dan Brand Image2024-05-29T07:37:46+00:00Della Alvidadellaalvida112110022@mhs.pelitabangsa.ac.idEen Nadia Putrieennadia112110035@mhs.pelitabangsa.ac.idAlpi Nurhayatialpinurhayati112110077@mhs.pelitabangsa.ac.idAntih Dwiyantiantihdwi.11@gmail.comAhmad Muazinmuazinahmad16@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Konten, Kepuasan Pengguna dan Brand Image terhadap Loyalitas Konsumen pada pengguna Netflix di Bekasi. Kualitas Konten, Kepuasan Pengguna dan Brand Image merupakan tiga faktor penting dalam pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode penyebaran kuesioner kepada responden secara online yang merupakan pengguna Netflix di Bekasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Data yang diolah merupakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner dengan Teknik simple random sampling, dari 171 responden diperoleh sampel sebanyak 152 responden. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan program PLS (partial least square) 3.29. Hasil penelitian analisis, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid yang menunjukkan bahwa kualitas konten, kepuasan pengguna, dan brand image secara signifikan berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen. Hal ini mengindikasikan bahwa pengguna yang merasakan konten berkualitas tinggi merasa puas dengan layanan Netflix, dan memiliki persepsi positif terhadap merek Netflix dengan begitu, konsumen cenderung menjadi pelanggan yang loyal. Temuan ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas konsumen dalam konteks layanan streaming, yang dapat membantu Netflix dan perusahaan sejenis dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk mempertahankan dan meningkatkan jumlah pelanggan mereka.</p>2024-08-07T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Della Alvida, Een Nadia Putri, Alpi Nurhayati, Antih Dwiyanti, Ahmad Muazinhttps://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/4476Kinerja Karyawan Manufaktur Bekasi: Peran Evaluasi, Gaji, dan Fasilitas2024-05-29T04:30:27+00:00Rosa Noviyantinoviyantirosa@gmail.com<p>Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh evaluasi pekerjaan, gaji, dan fasilitas kerja terhadap kinerja karyawan manufaktur di Kawasan Bekasi. Pokok permasalahan meliputi analisis dampak variabel-variabel tersebut terhadap kinerja karyawan. Tujuannya adalah untuk memahami sejauh mana faktor-faktor tersebut memengaruhi kinerja karyawan dalam konteks industri manufaktur di Kawasan Bekasi. Metode yang digunakan adalah aplikasi Smart PLS untuk menganalisis data survei yang diperoleh dari responden. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara evaluasi pekerjaan, gaji, dan fasilitas kerja dengan kinerja karyawan. Kesimpulannya, faktor-faktor tersebut memainkan peran penting dalam meningkatkan kinerja karyawan di industri manufaktur di Kawasan Bekasi. Kata kunci: Evaluasi Pekerjaan, Gaji, Fasilitas Kerja, Kinerja Karyawan, Smart PLS. </p>2024-08-08T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Rosa Noviyantihttps://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/4477Analisis Determinan Revisit : Faktor Servicespace & Store Atmosphere 2024-05-29T03:44:39+00:00Rama Wijayamr.ramawijaya@gmail.comRiska Aulia Rahmawatirskaulia12@gmail.com<p>Bisnis <em>food and beverage</em> merupakan salah satu peluang bisnis dengan pasar tertinggi di dunia. Salah satu yang penyebab bertahannya suatu bisnis <em>food and beverage</em> ialah loyalitas pelanggannya melalui revisit. Revisit juga disebabkan oleh dua faktor yakni, servicespace dan store atmosphere. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya variabel serviscespace dan store atmosphere terhadap revisit dengan objek restoran Mie Gacoan Lippo Cikarang. Penelitian ini mengginakan metode kuantitatif. Pengupulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada para individu yang yang pernah membeli atau mengunjungi restoran Mie Gacoan Lippo Cikarang lebih dari satu kali. Data diolah dengan alikasi SmartPLS 3.0. Hasil dari kuesioner yang disebar didapat 48 responden. Hasil penenlitian menunjukan bahwa servicespace dan store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap revisit dengan masing-masing nilai t statsitik sebesar 3,448 dan 2,843 serta nilai masing-masing p-value sebesar 0,001 dan 0,005.</p>2024-08-12T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Rama Wijaya, Riska Aulia Rahmawatihttps://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/4460Peran Iklan, Brand Ambassador, dan Harga dalam Keputusan Pembelian2024-05-29T07:32:42+00:00Rivaldi Muslihatrivaldymuslihat@gmail.comMuhamad Rizki Permanamrizkipermana0@gmail.comSaktian IryshadSaktianirsyad38@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Media Iklam, Brand Ambassador, dan harga terhadap keputusan pembelian Sabun Mandi Lifebouy. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek penelitian adalah Konsumen yang menggunakan Sabun Mandi Lifebouy dan objek pada penelitian ini adalah Media Iklan, Brand Ambassador, dan harga terhadap keputusan pembelian. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dinyatakan dalam skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Media Iklan (X1) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). 2. Brand Ambassador (X2) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). 3. Harga (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputasan pembelian (Y).</p>2024-08-12T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Rivaldi Muslihat, Muhamad Rizki Permana, Saktian Iryshadhttps://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/4528The Influence of Leadership Style and Personality Type on Employee Work Productivity 2024-05-29T02:50:50+00:00Yuan Badriantoyuan.badrianto@pelitabangsa.ac.idApri Andriyaniapriandriyanipb@gmail.comFelina C. Youngyoungfelina@gmail.com<p>This study aims to determine the effect of leadership style and personality type on employee productivity. To increase productivity, of course, a leader is needed who can have a positive influence on his employees, so that they can carry out their duties with the expected results and achieve the goals that have been determined. Apart from leadership, another thing that can increase productivity is personality type. This research uses quantitative methods. The data collection method used in this study includes data derived from distributed questionnaires. The sampling technique distributed is a probability sampling technique by means of saturated sampling, so that the number of samples is the same as the total population of 51 respondents. The results of the study indicate that the leadership style partially affects the work productivity of employees. Personality type partially influences employee work productivity, Leadership Style and Personality Type simultaneously affect employee work productivity.</p>2024-08-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Yuan Badrianto, Apri Andriyani, Felina C. Younghttps://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/4456Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan 2024-06-26T04:51:55+00:00Wiatur Wiaturwiaturpb@gmail.comSintya Lusindasintya.lusindapb@gmail.comFakiah Zikri Abdul Karimfakiazikri@gmail.comSri Yuli Rahayusriyuli.rahayu@gmail.com<p>Persaingan di industri ritel semakin meningkat, dengan kualitas pelayanan dan fasilitas menjadi faktor penting yang memengaruhi kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan di Indomaret. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 78 responden menggunakan Google Forms dengan teknik pengambilan sampel insidental. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan fasilitas secara signifikan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji t menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (t = 1,694, p = 0,045) dan fasilitas (t = 6,506, p = 0,000) memiliki signifikansi statistik yang kuat terhadap kepuasan pelanggan. Kesimpulannya, perusahaan peritel seperti Indomaret perlu terus meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitasnya untuk memenuhi harapan pelanggan dan menjaga kepuasan pelanggan guna mempertahankan pangsa pasar mereka. Penelitian lanjutan juga dapat dilakukan untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain yang memengaruhi kepuasan pelanggan di industri ritel..</p>2024-08-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Wiatur Wiatur, Sintya Lusinda, Fakiah Zikri Abdul Karim, Sri Yuli Rahayuhttps://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/4479Peran Kompetensi dan Fasilitas Kampus dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran bagi Mahasiswa Teknik Informatika2024-05-29T04:53:18+00:00Adam Andhika Prasetyoprasetyoandhika.adm@gmail.comRera Raziahreraraziah29@gmail.com<p>Universitas Pelita Bangsa merupakan salah satu Universitas besar di Bekasi, Fakultas Teknik Informatika termasuk kedalam salah satu program studi terpopuler. Teknik Informatika Universitas Pelita Bangsa memiliki 3751 mahasiwa yang aktif tahun 2022 dalam akademik, jumlah dosen pada tahun yang sama berjumlah 64 berdasarkan data resmi kementrian pendidikan dan kebudayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi terhadap Kinerja Dosen yang dimoderisasi oleh fasilitas. Berberapa indikator yang mempengaruhi Kinerja seseorang ialah Karakter Pribadi, Konsep Diri, Pengetahuan, Keterampilan, dan Motivasi Kerja. Teknik Informatika merupakan program studi yang mempelajari mengenai software komputer dan teknologi, Teknik Informatika harus memiliki tenaga pendidik yaitu dosen dengan keahlian khusus mengenai teknologi. Peraturan Pemerintah No. 37 Tahun 2009 pasal 1 ayat 1 menjelaskan dosen adalah pendidik professional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidika, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah persamaan regresi linier sederhana dengan pengolahan data mengunakan bantuan SPSS. Pada Penelitian ini, terdapat mahahasiswa yang berjumlah 805 orang menggunakan Teknik non-probability sampling yaitu sampling kuota. Kriteria sampel yang dipilih pada penelitian ini adalah mahasiswa yang sudah mencapai semester 5, dikarenakan para mahasiswa sudah menjalani perkuliahan dengan waktu yang cukup lama. Berdasarkan dari hasil penelitian, dapat diperoleh bahwasannya kompetensi perpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen dengan moderisasi fasilitas kerja terhadap tingkat kinerja dosen fakultas Teknik Informatika yang didukung oleh kajian teori dan hasil temuan para penelitian terdahulu.</p>2024-08-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Adam Andhika Prasetyo, Rera Raziahhttps://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/4484Penerapan Teori Technology Readiness dan Technology Acceptance Model Terhadap Pengunaan Sistem Empoyee Self Service 2024-05-29T03:20:51+00:00Meita Devi Rakhmayanimei.devira@gmail.comAgung Surya Dwiantoagungsuryadwianto@gmail.com<p><em>This research discusses the influence of Technology Readiness Theory (TRI) and Technology Acceptance Model (TAM) on the use of the Employee Self Service System (ESS) at PT. XYZ, a multinational company that is undergoing digital transformation. Using a descriptive quantitative approach and a post positivism paradigm, data analysis reveals that factors such as technology readiness, perceived usefulness, and ease of use contribute to employees' intention to adopt and use ESS. The implications of these findings highlight the important role of technology in improving employee efficiency and performance in the context of human resource management (HRM) in the digital era, although this research has limitations in the generalization of the findings due to its focus on one company in a particular industry.</em></p>2024-08-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Meita Devi Rakhmayani, Agung Surya Dwiantohttps://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/2550Pengaruh Kompetensi, Stres Kerja Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Organizational Citizenship Behavior 2024-01-31T07:17:18+00:00Nur Atikah11119017@mahasiswa.undira.ac.idDidin Hikmah Perkasadidin.perkasa@paramadina.ac.id<p>Perilaku<em> Organizational Citizenship Behavior</em> akan tercipta jika anggota merasa dihargai dan diakui atas kontribusi merka, semakin besar kemungkinan mereka akan berpartisipasi aktif dalam perilaku OCB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kompetensi, Stress Kerja, dan Kecerdasan Emosional (Studi Kasus pada Relawan PMI Jakarta Pusat). Dengan desain penelitian menggunakan metode kuantitatif kausal dan alat pengumpulan data mengunakan kuisioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya yang disebarkan melalui googleform kepada Relawan PMI Jakarta Pusat. Populasi yang diteliti pada penelitian ini sebanyak 191 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi dan Kecerdasan Emosional berpengaruh positif dan siginifikan terhadap <em>Organizational Citizenship Behavior</em> (OCB). Peneltian ini juga menunjukkan bahwa Stres Kerja berpengaruh negatif terhadap <em>Organizational Citizenship Behavior</em> (OCB).</p>2024-08-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Nur Atikah, Didin Hikmah Perkasa