JURNAL PELITA MANAJEMEN https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM <p>Jurnal Pelita Manajemen (JPM) UPB, merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Manajemen Univeritas Pelita Bangsa (UPB) Cikarang untuk penyebarluasan hasil penelitian ataupun pemikiran di bidang Manajemen Bisnis. Setiap artikel yang diterbitkan oleh&nbsp;Jurnal Pelita Manajemen (JPM) telah melalui proses review dan editorial yang ketat serta menghormati ketentuan hukum hak cipta, privasi, dan etika publikasi ilmiah.Jurnal Pelita Manajemen (JPM) terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Mei dan November.</p> <p>&nbsp;</p> en-US muhamad.ekhsan@pelitabangsa.ac.id (Muhamad Ekhsan) amrullah.hardikusuma@pelitabangsa.ac.id (amrullah hardikusuma) Thu, 30 Nov 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.2.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Energi Tahun 2018-2022 https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/2690 <p>Instrumen pasar keuangan yang paling popular adalah saham. Pergerakan harga saham ini menjadi indikator penting bagi seorang investor untuk mengambil keputusan investasi. Semakin baik kinerja keuangan suatu perusahaan, maka akan dianggap mampu membawakan keuntungan bagi calon investor, sehingga para calon investor bersedia untuk membayar lebih mahal terhadap saham suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana variabel profitabilitas, likuiditas dan struktur modal berpengaruh terhadap harga saham perusahaan sektor energi periode 2018-2022. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif yang dilakukan untuk mengidentifikasi hubungan antar variabel satu dengan variabel lain. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Sampel yang diperoleh sebanyak 90 observasi melalui metode purposive sampling. Data pada penelitian ini &nbsp;ialah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan yang diterbitkan pada Bursa Efek Indonesia, <em>yahoo finance</em> dan website resmi perusahaan dengan teknik analisis regresi linier berganda. Alat bantu penelitian ini adalah Stata 14. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel profitabilitas, likuiditas dan struktur modal berpengaruh terhadap harga saham. Secara parsial terbukti profitabilitas dan likuiditas memiliki pengaruh terhadap harga saham perusahaan. Sedangkan struktur modal tidak memiliki pengaruh terhadap harga saham perusahaan.</p> Alifa Aulia Rahman, Andhatu Achsa, Yacobo P. Sijabat Copyright (c) 2023 Alifa Aulia Rahman, Andhatu Achsa, Yacobo P. Sijabat https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/2690 Thu, 30 Nov 2023 00:00:00 +0000 Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/3123 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko buku Gramedia, Mal Boemi Kedaton, Bandar Lampung. Harga dan promosi merupakan dua faktor penting dalam pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode penyebaran kuesioner kepada responden secara langsung yang merupakan konsumen dari toko buku Gramedia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang diolah merupakan data primer yang diperoleh&nbsp; dari hasil penyebaran kuesioner dengan teknik simple random sampling. Dari 83 responden diperoleh sempel sebanyak 53 responden. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan program PLS (partial least square) 4. Hasil&nbsp; penelitian analisis,&nbsp; indikator-indikator&nbsp; pada&nbsp; penelitian&nbsp; ini&nbsp; bersifat&nbsp; valid. Variabel Harga berpengaruh positif dan signifikan&nbsp; terhadap&nbsp; keputusan&nbsp; pembelian. Variabel&nbsp; promosi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Informasi&nbsp; ini&nbsp; dapat&nbsp; membantu suatu toko dalam mengidentifikasi di mana mereka dapat meningkatkan harga ataupun promosi pada produk mereka. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk merancang strategi harga dan promosi yang tepat guna meningkatkan keputusan pembelian konsumen.</p> Adinda Shabrina Octaviane, Silviyana Silviyana, Rega Ardian, Vicky F. Sanjaya Copyright (c) 2023 Adinda Shabrina Octaviane, Silviyana Silviyana, Rega Ardian, Vicky F. Sanjaya https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/3123 Thu, 30 Nov 2023 00:00:00 +0000 Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Tarif Pajak, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/2588 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kesadaran wajib pajak, tarif pajak dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di DKI Jakarta. Metodologi/pendekatan yang di pakai yaitu kuisioner dengan subjek pelaku usaha UMKM&nbsp; dengan objek penelitian pengusaha UMKM yang sudah memenuhi kriteria. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pengolahan data primer&nbsp; menggunakan SmartPLS versi 4. Sumber data primer adalah jawaban dari kuisioner yang di bagikan kepada responden UMKM.&nbsp; Kuisioner yang di sebarkan sebanyak 50 kuisioner. Hasil penelitian mengunakan Analisis data menggunakan metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) yaitu model persamaan dengan pendekatan berbasis varians atau pemodelan persamaan struktural berbasis komponen.</p> Dwi Ambar Wati, Islamiah Kamil Copyright (c) 2023 Dwi Ambar Wati, Islamiah Kamil https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/2588 Thu, 30 Nov 2023 00:00:00 +0000 Pengaruh Sistem Digital, Strategi SDM, dan Perbedaan Generasi Terhadap Kinerja Karyawan https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/2497 <p>Di era saat ini, saat pandemi COVID-19 pada awal tahun 2020 perkembangan teknologi berkembang sangatlah pesat, hampir seluruh industri di segala bidang memasuki era digital baik di industri mikro maupun makro. Seiring berkembangnya teknologi yang semakin cepat, lambat laun sebagian pekerjaan yang hanya bisa dilakukan manusia mulai tergantikan oleh teknologi yang semakin canggih tahun demi tahunnya. Hal ini merupakan era dimana pola bekerja tidak lagi dilakukan secara tradisional, melainkan memasuki era modern/digital. Dimana para pekerja harus dapat menyesuaikan proses tersebut sehingga dapat Mengikuti perkembangan zaman &amp; bisa bersaing pada era digital ini. Fenomena dalam penelitian ini adalah adanya dinamika dengan implementasi sistem digital, strategi SDM yang perlu di lakukan dan perbedaan generasi yang ada yang mencakup dalm studi manajemen SDM yang perlu di perhatikan oleh perusahaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mengunakan metode deskriptif. Data yang diolah merupakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner dengan teknik<em> sampling jenuh</em>. Dari 42 karyawan yang seluruhnya merupakan respondennya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS Versi 26. Hasil penelitian menujukan adanya pengaruh positif dari sistem digital terhadap kinerja karyawan. Sistem Digital juga berpengaruh positif terhadap kinereja karyawan, serta perebedaan generasi juga berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan.</p> <p> </p> Supriyanto Supriyanto, Wenny Desty Febrian Copyright (c) 2023 Supriyanto Supriyanto, Wenny Desty Febrian https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/2497 Wed, 31 Jan 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh job stress, job insecurity dan Beban Kerja terhadap Turnover Intention karyawan Rumah Sakit Permata Keluarga Lippo Cikarang https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/2533 <p><em>Service is an invisible product that provides satisfaction to customers, the spearhead of service is that employees are more comfortable and the more concerned employees are about their work, the better the results obtained by the company. This becomes a homework for company management on how to manage a system so that it is easily adapted by all parties to reduce the impact of turnover on employees. The purpose of this study is to analyze&nbsp; job stress, job insecurity and workload on turnover intention in employees of Permata Keluarga Hospital Lippo Cikarang. The research method used in this study is causal descriptive quantitative method. The sampling technique used was the slovin method with a population of 186 employees and a margin of error using 5%, resulting in a sample of 127 employees. The results and conclusions of this study show the influence&nbsp; on job stress and workload on&nbsp; turnover intention while job insecurity has a negative effect on turnover intention.</em></p> <p><em><br><strong>Keywords</strong>: Job Stress, Job Insecurity, Workload, Turnover Intention</em></p> Diki Iskandar Copyright (c) 2023 Diki Iskandar https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/2533 Wed, 31 Jan 2024 00:00:00 +0000 Pertimbangan Pembelian Mobil: Apakah Merek, Kualitas atau Promosi? https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/2540 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Tujuan utama dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek, kualitas produk, dan promosi&nbsp; terhadap keputusan pembelian kendaraan merek Toyota. Adapun dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif &nbsp;kuantitatif kausal. Obyek atau populasi dalam penelitian ini yaitu pemilik kendaraan merek Toyota di Bekasi. Metode pengambilan sampel dengan cara menggunakan tekn<em>ik convenience sampling</em> dan pengambilan data menggunakan kuesioner dengan skala likert, dari 160 responden. Analisis data yang di lakukan dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh positif dan signifikan dari citra merek, kualitas produk dan promosi secara parsial terhadap keputusan pembelian.</p> <p><strong>Kata Kunci : </strong>Citra Merek, Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><em>The main objective of this study is to determine how much influence brand image, product quality, and promotion have on purchasing decisions for Toyota brand vehicles. As for this research, it uses a causal quantitative descriptive research design. The object or population in this study is the owner of a Toyota brand vehicle in Bekasi. Sampling method by using convenience sampling technique and data collection using a questionnaire with a Likert scale, from 160 respondents. Data analysis was carried out using the SPSS program. The results of the research show that there is a positive and significant influence of brand image, product quality and promotion partially on purchasing decisions.</em></p> <p><em>Keywords: Brand Image, Product Quality, Promotion, Purchase Decision</em></p> Tasir Tasir, Nur Endah Retno Wuryandari Copyright (c) 2023 Tasir Tasir, Nur Endah Retno Wuryandari https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/2540 Wed, 31 Jan 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/3127 <p>Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Memperhatikan Volume Penjualan Produk Pada Jl. Hos Cokroaminoto No.50, Enggal, Kec. Tanjung karang Timur, Kota Bandar Lampung, Lampung 35213 Tahun 2023. Adapun Populasi dalam penelitian ini yaitu pada konsumen Cordy Store Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mengunakan metode deskriptif. Data yang diolah merupakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner dengan teknik <em>simple random sampling</em>. Diperoleh sampel sebanyak 85 responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program PLS (<em>Partial Least Square)</em>. Hasil penelitian menujukan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.</p> Selfi Yulyana Yulyana, Risa Sepria Adelia, Rivaldo Ishaq, Vicky F. Sanjaya Copyright (c) 2023 Selfi Yulyana Yulyana, Risa Sepria Adelia, Rivaldo Ishaq, Vicky F. Sanjaya https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/3127 Wed, 31 Jan 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Work Engagement Dan Stress Kerja Terhadap Turnover Intention https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/3884 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Work Engagement dan Stress Kerja Terhadap Turnover Intention Karyawan di pt hyundai motor manufacturing indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di departemen engine shop PT. hyundai motor manufacturing indonesia dengan teknik pengambilan sampel sampling dengan jenis sampling jenuh yang diketahui 55 orang. Analisis data yang digunakan yaitu, anlisis kuantitatif, dibantu dengan software Smart PLS (Partial Least Square) versi 3.0.Hasil pengujian hipotesis uji t menunjukan bahwa: (1)Pengaruh work engagement berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap Turnover intention ; (2) Pengaruh variabel stres kerja berpengaruh positif dan signifikan berpengaruh &nbsp;terhadap turnover intention &nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> Indra Herdiana, Dwi Astuti Copyright (c) 2023 Indra Herdiana, Dwi Astuti https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/3884 Mon, 12 Feb 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Employee Engagement Dan Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention Karyawan https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/3885 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh <em>employee engagement</em> dan kepuasan kerja terhadap <em>turnover intention</em> karyawan di PT. Evonik Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yaitu dengan menyebar kuesioner ke 89 responden yang merupakan karyawan PT. Evonik Indonesia dengan menggunakan google formulir. Instrumen pada penelitian ini merujuk pada skala <em>likert</em> 5 poin. Analisis data dari hasil penyebaran kuesioner tersebut diolah dengan menggunakan SmartPLS. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji path analisis untuk mengetahui pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung dari variabel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa <em>employee engagement</em> tidak berpengaruh terhadap <em>turnover intention</em>. Namun kepuasan kerja berpengaruh terhadap <em>turnover intention</em> karyawan di PT. Evonik Indonesia. Implikasi bagi perusahaan adalah untuk mengetahui pentingnya meningkatkan <em>employee engagement</em> dan kepuasan kerja karyawan yang akan berdampak pada penurunan tingkat <em>turnover intention</em>.</p> Niken Wahyuningrum, Fifi Hanifia Copyright (c) 2023 Niken Wahyuningrum, Fifi Hanifia https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/3885 Mon, 12 Feb 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Knowledge Manajemen Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/3886 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penanganan pengetahuan karyawan pada berbagai tingkatan dalam organisasi perusahaan. Hal itu juga dipengaruhi oleh produktivitas yang dihasilkan seorang karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan sesuai standar kerja dan waktu yang lebih. Selain kemampuan memahami tugas pekerjaan, diperlukan kepercayaan serta kesempatan dari pimpinan organisasi. Dengan memberikan waktu yang lebih serta kepercayaan yang penuh dari pimpinan, mampu menjadikan seorang karyawan menjadi lebih percaya diri, sarat pengalaman, mampu menghadapi segala pekerjaan yang berat, dan apabila hal itu tercapai kepuasan kerja yang dirasakan berdampak besar meningkatnya kinerja karyawan. Penelitian mengenai knowledge management dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan telah dilakukan dengan baik. Namun demikian, ada catatan penting yang perlu diperhatikan oleh perusahaan untuk bisa meningkatkan kinerja karyawan yaitu transparansi dalam sistem penilaian kinerja akan sangat berpengaruh besar terhadap kepuasan kerja.</p> Ine Savitri, Fendy Manunggal Widiatma Copyright (c) 2023 Ine Savitri, Fendy Manunggal Widiatma https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPM/article/view/3886 Mon, 12 Feb 2024 00:00:00 +0000